Diposkan pada Japan and Japanese

(J-Corner Ep.8) J-Pop Culture Akhir-akhir Ini

Haloha, gaes!

Gimana kabarnya? Masih stuck dengan momen libur lebaran? Males kembali bekerja? Gapapa, kok, kalau males. Asalkan terlahir jadi anak sultan. Jadi, nggak kerja juga tetap bisa ‘hidup aman’. Yang bukan anak sultan, semangat ya kerjanya… *digeplak massa🤣 *

Mumpung masih suasana lebaran, saya mau ikut mengucapkan Selamat Idul Fitri 1444H buat yang merayakan. Dan mohon maaf lahir batin untuk semuanya. Siapa tau, selama interaksi kita via blog ini, ada kata-kata yang menyinggung atau bikin sakit hati gitu, kan. Mohon dimaafkan ya, gaes. ✌😀

Okay, lanjut ke isi sesuai judul. Jadi, berhubung hawa-hawa liburan setelah bekerja keras (buat Eya sih ini wkwk), saya sama Eya sejujurnya rada bingung mau posting apa. Akhirnya, setelah ngalor-ngidul, yaudah deh, kita bahas yang terjadi akhir-akhir ini di dunia pop culture Jepang aja.

Baca punya Eya di sini juga, ya…

Musik

Seperti layaknya hampir di seluruh dunia, dengan semakin manusia hidup berdampingan bersama koronces, mulai diadakan buanyaaak konser musik di sana sini. Termasuk di Jepang. Memasuki tahun ini, setidaknya ada puluhan konser atau live tour diadakan, terutama di kota-kota besar.

Nggak cuma idol/band/vokalis dari Jepang, tapi luar negeri yang menyasar pasar Jepang juga. Mulai dari ONE OK ROCK sampai ke Coldplay.

Bagi penyuka musik dan tinggal di kota besar seperti Tokyo, Yokohama, dan Osaka, mungkin rasanya surga banget, karena setidaknya tiap weekend bisa dihabiskan dengan menonton live tour. Meskipun nggak surga juga buat dompet dan tabungan. 😝

Saya sendiri bukan penikmat konser. Bukannya apa-apa, jam konser di Jepang biasanya mulai sore sampai malam. Langsung kepikiran ribetnya shalat maghrib gimana.

Tambahan lagi, beli tiketnya juga ribet. Karena step-nya bukan cuma war masuk ke website pembeliannya, tapi butuh keberuntungan juga, karena kalaupun berhasil masuk website, pada akhirnya akan diundi lagi siapa yang berhak membeli tiket. Apalagi buat artis-artis yang member fansclubnya udah jutaan, kayak Arashi misalnya. Mau beli tiket konser mereka, berarti harus siap buat mengalami ballot atau undian dua kali. Yang pertama ballot untuk memilih siapa yang berhak ikut ballot untuk membeli, baru setelahnya diundi lagi siapa yang berhak membeli tiketnya.

Karena hal ini juga, praktek calo cukup marak di Jepang. Biasanya dijual di Auction atau Mercari. Tapi, tidak menutup kemungkinan ada juga calo yang jual saat hari H. Denger-denger, sih, ada yang jual di luar venue, tapi saya belum pernah nyari, apalagi beli. Hehe.

Informasi live tour bisa dilihat di sini.

Selain konser yang ‘bertaburan’, tentu saja para artis dan musisi berlomba merilis single atau album. Ada yang berbentuk digital, ada juga yang berbentuk fisik. Untuk mendapatkannya relatif lebih mudah daripada tiket konser, karena kecenderungannya tidak terbatas untuk waktu tertentu. Semakin banyak terjual, maka semakin happy penggiatnya. Paling perlu war, buat dapetin edisi limited edition-nya aja. Kalau untuk versi digital, selama bisa mengakses di platform yang legal (Apple Music, Google Play, YouTube Music, etc), maka akan selalu tersedia.

Sedangkan untuk pembelian single dan album fisik (baik berupa CD, DVD, maupun Blu-ray), biasanya didistribusikan oleh distributor yang ditunjuk masing-masing agensi. Untungnya jaman sekarang, hampir semua hal bisa dilakukan secara online, termasuk pembelian karya musik dalam bentuk fisik.

Serunya pembelian recording bentuk fisik ini, suka banyak versi bahkan kebanyakan disertai freebies. Yah, maklum, effort membeli dan harganya juga lebih gede daripada bentuk digital, kan. 😁

Contoh PO album grup Snow Man versi isi 3 CD (source)

Untuk pembelian dari Indonesia, kayaknya bisa tanya langsung ke Eya yang lebih berpengalaman, ya. 😉

Informasi single dan album release, bisa dilihat di sini (in Japanese).


Film

Untuk film yang rilis tahun ini, saya mau highlight satu film live action dari manga, yang lagi rame karena banyaknya ikemen yang berperan sebagai preman dan anggota mafia 😅. Yoi, apalagi kalau bukan Tokyo Revengers 2: Bloody Halloween.

Tokyo Revengers 2: Bloody Halloween, abaikan model rambut aneh, karena namanya aja LA dari komik atuhlah 😝 (source)

Film pertamanya pernah saya ceritain sekilas di blogpost di bawah ini.

Saya pikir filmnya cukup satu, karena ending bagian pertamnya sudah cukup memuaskan. Paling rada kureng, karena pemainnya banyak yang kurang dieksplor.

Ternyata, masih ada lanjutannya, euy. 😅

Maklum, saya belum baca komiknya. Animenya sendiri saya coba nonton, ternyata background-nya rada beda dan gambarnya kaku banget. Jadi langsung drop di episode 1. Wkwk.

Film keduanya baru rilis tanggal 21 kemarin untuk part 1 dan tanggal 30 Juni untuk part 2-nya. Lagi-lagi, karena nggak baca komik atau nonton animenya, saya juga nggak tau kenapa dibikin dua part.

Untuk Bloody Halloween ini, ceritanya setelah sebelumnya Hinata (Imada Mio) yang seharusnya terbunuh oleh geng Tokyo Manjikai (Toman) berhasil diselamatkan oleh Takemichi (Kitamura Takumi) di film pertama, ternyata terbunuh lagi dan Takemichi kembali lagi ke masa lalu untuk mendekati petinggi-petinggi Toman agar tidak menjadi penjahat di masa kini.

Masih bertemakan persahabatan dalam geng ‘preman’, cinta, dan keluarga. Tentu saja juga dibumbui perkelahian dan lawakan ala anak geng ‘preman’. Wk.

Sayangnya saya masih belum sempat nonton. Nanti kalau udah nonton saya update lagi, deh. ✌😁


Entame

Sekarang saatnya kita ngobrolin tentang dunia entertainment atau biasa disingkat sebagai entame di Jepang yang lagi rame saat ini. Semoga jatuhnya nggak ghibah hal yang buruk, ya… Wkwk.

Dari awal tahun, kalau ditanya hal apa yang lagi rame tentang dunia selebritas Jepang, maka jawabannya: banyaknya seleb muda yang nikah. Uwow.

Tau sendiri, orang Jepang itu kan stereotipnya sangat menjaga privasi. Termasuk para selebnya. Pekerjaan mereka, sih, memang mengharuskan mereka wara-wiri di publik, tapi hal-hal yang sifatnya privat, seperti keluarga, pasangan, bahkan pertemanan dengan yang bukan seleb, biasanya tidak mereka tunjukkan.

Kecuali untuk pernikahan (dan kadang perceraian 😅) yang biasanya selalu diumumkan. Walaupun kalau si pasangan bukan dari kalangan seleb, tetap dirahasiakan, sih, identitasnya. Wk.

Karenanya, berita pernikahan seleb Jepang itu cukup bikin heboh, karena seperti memperlihatkan sedikit sisi privat dari mereka.

Terutama untuk tahun ini, karena beberapa di antaranya seperti tidak disangka-sangka. Kapan jadiannya, kok tau-tau ngumumin nikah aja. 😆

Lucunya lagi, untuk tahun ini, beberapa pasangan mengumumkan di waktu yang berdekatan, dong. Biar para fans dan pemerhati kagetnya sekalian aja kali, ya. Wkwk.

Berikut beberapa di antaranya:

Tsuchiya Tao – Katayose Ryota

Tsuchiya Tao – Katayose Ryota (source)

Bagi yang ngikutin Alice in Borderland (AiB), mungkin sudah tidak asing dengan aktris pemeran Usagi ini. Yang nge-ship doi dengan Yamazaki Kento, pemeran utama di AiB, karena mereka sudah sering berakting dalam project yang sama. Meskipun ada rumor yang menunjukkan bahwa Kento saat ini tengah menjalin hubungan dengan Hirose Suzu. Eh, nggak tanggung-tanggung, Tao malah ngumumin nikah dan dalam kondisi hamil, dong.

Wkwkwk. Para shipper kecewa kuadrat kapalnya karam tanpa sempat berlabuh. 🤣

Tao dan Ryota sendiri pertama kali satu project di film Ani ni Aisare sugite Komattemasu (My Brother Loves Me Too Much), sebuah film live action dari manga berjudul sama, di tahun 2017. Filmnya rada geje, jadi saya nggak menyarankan untuk ditonton, kecuali lagi nyari tontonan cerita anak sekolahan ala komik yang ringan dan nggak perlu ditonton sambil mikir. Ternyata dari situ hubungan mereka berlanjut sampai akhirnya memutuskan mengumumkan pernikahan tepat tanggal 1 Januari yang lalu.

Saya sendiri awalnya shipper KenTao kelas berat dan rada kecewa saat ada rumor Kento-Suzu. Tapi, saat Tao ngumumin nikahannya di akun IGnya. Saya ikut senang, kok…

Apalagi setelah saya perhatikan dari BTS project akting bersama Ryota maupun Kento, memang kelihatan, sih, ke Kento udah yang kayak sohib banget, sedangkan ke Ryota ada hawa-hawa manjanya gitu. 😆

Bisa jadi karena emang perannya juga, sih. Bersama Kento, kebanyakan jadi teman sebaya (dengan bumbu-bumbu asmara *halah), sedangkan bersama Ryota, dia berperan jadi adiknya.

Ayano Go – Sakuma Yui

(source: Twitter MIU404 dan IG Sakuma Yui)

Pasangan kedua ini juga mengumumkan pernikahan mereka di tanggal yang sama dengan pengumuman pernikahan Tao-Ryota. Tau dah, di hari itu ada apaan. Kalau nggak salah ada 5-6 pasangan seleb Jepang yang mengumumkan pernikahan di tanggal tersebut. Hahaha.

Pasangan yang ini bikin kaget karena selain keduanya tidak pernah terlibat dalam proyek yang sama, usianya juga terpaut cukup jauh. Ayano Go, yang kelahiran 1982 ini juga punya image ‘manusia bebas’ yang kurang cocok dengan pernikahan. Ternyata malah kepincut sama Yui yang 13 tahun lebih muda.

Emang, dah, jodoh nggak ada yang tau, ya… 😆

Maeda Brothers

Arata Mackenyu dan Maeda Gordon (source)

Berita pernikahan lainnya yang cukup mengagetkan adalah pernikahan aktor bersaudara generasi kedua Arata Mackenyu dan Maeda Gordon. Bukan, mereka bukannya menikahi satu sama lain. Ya keleus adik-kakak ini, sejenis lagi. Wkwkwk.

Keduanya menikahi pasangan masing-masing, perempuan tulen, dan dua-duanya bukan dari kalangan selebritas. Jadi, nggak dimunculin, deh, identitasnya.

Dua bersaudara putra dari almarhum aktor legenda Jepang, Sonny Chiba, ini mengumumkan pernikahan mereka di hari ulang tahun almarhum ayah mereka. Keduanya masih sama-sama muda. Macken, 26 tahun, sedangkan si adik tahun ini 23 tahun.

Wow, orang Jepang, cowok, aktor yang masih merintis karir pula. Bisa memilih untuk cepat menikah gitu, cukup bikin kaget, sih. Nggak takut kehilangan fans apa, ya? 😆

Eniwei, baswei, congrats atas pernikahan kalian, semoga langgeng sampai maut memisahkan, ya… *sok ikrib 😆*


Sampai di sini dulu postingan J-Corner kali ini.

Sudah mulai masuk musim panas, ya. Tetap berhati-hati, jangan lupa pakai sunscreen, dan kesehatan ya, teman-teman.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya~~ 😘

Penulis:

To many special things to talk about... =p

12 tanggapan untuk “(J-Corner Ep.8) J-Pop Culture Akhir-akhir Ini

  1. Jadi kaget pas baca Maeda Brothers nikah.
    Wkkw…untung baca kalimat setelahnya.

    Btw, kapalku juga karam euuii~
    Tapi untuk aktor Korea, Lee Seung Gi, hehehe.. Aku nge-ship doi sama Yoona. But, uda sadar betul itu kisah lama. Yauda lah ya.. Skarang dia bahagia dengan pasangannya.

    Kupikir war ticket konser tuh cuma di Indo, ternyata Jepang juga?
    Aku ketagihan nonton konser euuii~
    Andaikan di Jepang, konsernya lebih menyenangkan dan kondusif, jauh banget sama Indo, aku pasti rajin, terutama pas idol SM yang konser. Huhuhu.. Seseru itu loo.. nge-HYPE mereka bareng sesama fans lainnya.

    1. Oh iya, dulu pernah ngelihat beritanya, kalau ga salah Lee Seung Gi duluan yg ngefans dan naksir banget sama Yoona, terus jadian, eh, ternyata emang bukan jodohnya wkwk

      Seumur hidup baru sekali nonton konser dan emang seru sih sebenarnya, cuma ya gitu, mengingat rempong mulai dari beli tiket, nyari tempat shalat, sampai nyari kendaraan pas pulang tuh jadi mikir-mikir banget mau nonton hahaha

  2. Dari jajaran seleb yang nikah tuh semuanya bikin kaget tapi paling kaget Macken sama Gordon sih hahaha kayak ini masih pada muda-muda terus ngumuminnya barengan pula 😂😂

    Terus yang menurutku paling gemes tuh Nakamura Tomoya sama announcer Miura Asami, gemeeess banget habis announce nikahan besok paginya Tomoya muncul di acara pagi istrinya dan diceng-cengin sama temen-temen kerja istrinya 🥺🥺🥺

    Aku tuh lupa terus mau nanyain Hicha udah nonton Tokyo Revengers belum wkwkwkk nanti kalau udah nonton cerita-cerita yaa 😂

    1. Apalagi Gordon, ya… anak kelahiran 2000, lagi merintis karir, berani banget ngambil resiko nikah wkwk

      Oh iyaa, Tomoyan juga lucuuu, apalagi istrinya keliatan banget saltingnya 😂😂😂

      Yg kedua ini aku belum nonton, dong… pengen nonton sejak lebaran, eh, kok ya belum sempat mulu wkwk 🤣🙈
      Kalau pas libur Golden Week ini kesampean nonton aku bikin thread ala-ala deh di twitter wkwk

  3. Ngomongin Konser jadi inget sewaktu ada niatan buat nonton konser blackpink 😂 untung nggak kebagian. hahah 😁. Ramenya nggak ketulungan soalnya. suka pusying soalnya kalau udah ngeliat keramaian yang membludak.

    aku baru tahu lohh mba, kalau di Jepang ternyata tiket ada sistem undian gtu. tak sangka mungkin di Jepang sistemnya bisa lebih canggih dari Indo. nggak ada server down gtu karena sangking banyaknya pengunjung 😅.. *Nggak, server down sebenrnya pengalaman aku sewaktu mau beli tiket nonton wayang sih di Temanggung dulu. ahahaha.

    Ok One Rock, Mba hicha paling suka yang mana? haha. kalau aku Wasted Youth selalu on repeat sih. btw, ngomongin soal privasi di jepang. dulu sewaktu nonton One Piece movie yang Red. Kan dia dibuat kaya Musikal gtu ya. Pas nonton aku suka sama karakter Utta, karena suara pas nyanyi bagus 😂 dan pas dicari pengisi suaranya ternyata Ado. Cuma pas dicari di Google wajahnya nggak muncul, karena mungkin di privasi atau gimana. Munculnya cuma karakter anime gtu… padahal di Spotify listeners dia bisa sampai 4 jutaan.

    Aku mikirnya semisal dia ngadain konser gtu, gimana ya?

    1. Padahal denger-denger, pas hari H ada banyak calo yang jual banting harga, lho… tapi ya katanya agak kurang bagus sih management ticketingnya, jadi membludak gitu. Belum lagi pas udah selesai juga ribet mau pulangnya karena saking ramenya gitu ga sih?

      Kayaknya tetap ada server down, mas Bayu. Cuma aku kurang tau aja, karena ga pernah mengalami sendiri. Wkwk *minta digeplak*

      One Ok Rock aku suka yg jadi OST Rurouni Kenshin, kalau pas lagi diputer juga sering on repeat. Ada cukup banyak penyanyi Jepang yg ga munculin wajahnya. Selain Ado, yg lebih senior ada Greeeen, terus vocaloid kayak HoneyWorks, sama yg ngerilis lagu di socmed kayak Mosawo atau Toaka. Untuk Greeeen alasan utamanya karena membernya semuanya irl dokter gigi, jadi untuk menjaga etiket profesi mereka memilih nggak menampilkan wajah. Kalau konser, mereka nyanyi di balik layar. Yg muncul ke penonton cuma ilustrasi atau bayangannya aja.

      Harusnya kalau gitu harga tiketnya juga setengahnya aja, ya… XD

  4. Lhoh Yamaken sama Suzu tuh masih rumor mba Hicha beritanya?? Aku kira beneran. Dan Tao-Ryota itu ternyata mau punya anak, ya ampun di berita-berita yang aku baca gak ada yang sebut begitu. Wah selamat ya kalian berdua🥳 (kayak bakal dibaca sama artisnya). Di Jepang kalo ada seleb nikah shot gun wedding gitu dijulidin nggak mba? Kalo di Korea rada dinyinyirin soalnya setau aku dari portal julid😅

    Sakuma Yui tuh yang jadi Sato Ai palsu di dorama She was Pretty kan ya. Aktor dan aktris Jepang ini kayaknya lebih muda nikahnya kalo dibanding dengan aktor dan aktris Korea ya. *yang dikomen masalah showbiz terus* 😂😂😂

    1. HAH aku baru tau Ayago 😆, congrats bang aya. Kayak gak asing pas liat ceweknya…ternyata yg main di drama saia yaa jadi partnernya Dai-chan.

      Emang iya lho banyak aktor Jepang tiba2 pada nikah, aku juga denger kata nya si Kentosuzu mau nikah juga kak👀, tapi baru rumor aja kayaknya siih. Eh tapi beneran pacaran kann?

      Btw jadi cemas sama Koshii, bahaya nih yg diem2 begini 😂😶😶

      1. Eh iya, Sakuma Yui ada di Saiai juga, yaa… 😆

        Kento-Suzu nikah itu baru rumor, kalau pacaran kayaknya beneran, sih… atau bisa jadi sefure alias fwb 😶

        Koshi juga anak Gen Z kan ya? Saat ini sih belum ada rumornya, tapi melihat banyak yg suka ngasih surprise, bisa aja tiba2 ngumumin nikah 😂😂

    2. Rumor untuk nikahannya, sih… kalau pacaran atau ga, ga ada konfirmasi, cuma mereka sudah ‘menghabiskan malam’ bersama. Wkwk.

      Kalau 1-2 dekade yg lalu mungkin bakal dijulidin, tapi kalau sekarang, di masyarakatnya sendiri, kalau udah berencana menikah kayak yg udah biasa gitu tinggal serumah terus hamil baru masukin berkas. Jadi yg jarang kulihat ada yg nyinyir, pada ngasih selamat malah 😁

      Iyes, istrinya Ayano Go itu si Ai palsu. Hahaha.

      Akhir-akhir ini berasanya gitu, sih. Kayak pada punya target nikah sebelum umur 30 🤣

  5. ya ampun kaget banget saya baca seleb yang pada nikah. Saya nggak ngefans tapi pernah nonton film-filmnya. Mbak tsuchiya tao sama pasangannya, nggak hafal namanya tapi pernah nonton filmnya juga. Trus itu mas maeda brothers juga mau nikah. Seneng ya dengar para artis Jepang nikah karena kan katanya banyak orang di Jepang yang nggak mau menikah apalagi punya anak. Kalau nggak salah mbk nana komatsu juga udah nikah ya…
    Semoga aja hubungan mereka langgeng ya… 🤗

    1. Udah pada nikah semua itu mbaa 😆
      Yah… lumayan lah ya, kalau pada punya anak, jadi menambah populasi penduduk 🤭

Tinggalkan komentar