Diposkan pada Japan and Japanese

(J-Corner Ep.3) Cerita Film di Bulan November

Nggak terasa 31 hari lagi udah ganti kalender, gaes! Semoga tahun 2023 berjalan lancar dan tercapai semua yang diinginkan, ya… Atau minimal yang dibutuhkan lah… Siapa tau, nggak punya keinginan gitu, kan? Am I being demotivated? Wkwk. Canda motivasi.

Eniwei, untuk episode J-Corner kali ini, saya sama Eya mau cerita tentang film-film yang ditonton di bulan November aja. Bagi yang pernah denger, mungkin udah tau kalau awal bulan ini ada Japan Film Festival (JFF). Spesial pake telor karena tahun ini dua kali, yaitu bulan Februari (online dan sebenarnya ini tuh jatah tahun lalu), dan November ini (offline).

Saya sempat nonton beberapa film untuk event di Februari, tapi berhubung saya sudah di Jepang sejak September, jadi nggak berkesempatan nonton yang di bulan November.

Lanjutkan membaca “(J-Corner Ep.3) Cerita Film di Bulan November” β†’
Diposkan pada Experience

Cerita Pindahan Antar Negara

Ada kah manusia yang seumur hidupnya dari lahir sampai meninggal di tempat yang sama? Hmm… mungkin ada, tapi kayaknya lebih banyak yang pernah pindah. Entah itu pindah karena sekolah, bekerja, atau membentuk keluarga baru.

Kali ini saya pindah untuk yang ke-15 kalinya. Ternyata sudah lumayan sering juga, ya. Masing-masing durasinya beragam. Mulai dari sembilan tahun di rumah tempat orang tua saya mengontrak setelah menikah, sampai hanya tiga minggu di sebuah kos-kosan di Bandung.

Pindahan kali ini, demi tidak LDM dengan pasangan. Yah, sadar diri dengan karakter sendiri yang sulit untuk menjaga relasi jarak jauh. Lagian sudahlah 6.5 tahun LDR, rasanya nggak sanggup juga kalau harus lanjut LDM. Apalagi (saat ini) saya bukan termasuk golongan ambis atau mengejar karier. Jadi, ya, nggak merasa berat resign dari kerjaan dan pindah demi bisa tinggal bersama.

Mengenai pindahan ini, tentu saja sudah dibicarakan sejak sebelum menikah. Kami memutuskan saya yang pindah mengikutinya karena dari segi pekerjaan dan penghasilan pilihan itulah yang paling menguntungkan.

Risikonya tentu ada, sama seperti pilihan lainnya. Tapi, setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya di sinilah saya. Lebih dua bulan sudah kembali di negeri sakura.

Kalau sebelumnya saya pernah membuat tulisan tentang kembali ke Indonesia dari Jepang (part I, part II), kali ini saya mau menuliskan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pindah ke Jepang dari Indonesia berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Lanjutkan membaca “Cerita Pindahan Antar Negara” β†’
Diposkan pada Japan and Japanese

(J-Corner Ep.2) Stereotip JPop Culture vs Realitanya

Yes, back to J-Corner, udah saatnya episode 2 aja ternyata. πŸ˜†

Kali ini saya sama Eya mau ngomongin tentang stereotip budaya populer Jepang dan realitanya. Tentu saja ini berdasarkan pengalaman kami, ya. Bisa jadi berbeda dengan pendapat orang lain.

Pendapat Eya bisa dibaca di sini πŸ˜‰

Kalau ditanya kenapa kepikiran tema ini, sejujurnya masih berhubungan dengan postingan episode 1 yang lalu. Karena, walaupun budaya pop Jepang cukup dikenal di dunia, tapi ternyata masih banyak stereotip yang kalau diperhatikan kadang ada yang nggak tepat juga.

Contohnya beberapa hal berikut.

Lanjutkan membaca “(J-Corner Ep.2) Stereotip JPop Culture vs Realitanya” β†’
Diposkan pada Japan and Japanese

(J-Corner Ep.1) Our Thought About JPop Culture

Hola, gaes! Maapkan janji yang terlewati. Niatnya postingan pertama published di akhir Agustus, malah ditunda jadi akhir September. Ya, gimana ya, buat saya pribadi, setelah berkutat dengan nikahan, lanjut lah berkutat dengan pindahan. Nggak cuma dengan packing-unpacking, tapi juga dengan refot urusan administrasi. Maklum aja pindahannya antar negara. Masih dalam kondisi pandemi pula. *banyak alesan* *untung Eya baik* *terima kasih sobat wibu-ku 😘*

Eniwei, untuk postingan pertama ini, saya dan Eya memutuskan buat cerita tentang pendapat kita mengenai JPop Culture di tengah gempuran K-culture yang semakin semakin iniπŸ˜†.

Baca juga tulisan Eya di sini, ya…

Lanjutkan membaca “(J-Corner Ep.1) Our Thought About JPop Culture” β†’
Diposkan pada MindTalk

Investasi pada Pernikahan

Mentang-mentang baru nikah, jadi ngomonginnya soal nikah, nih? Wkwkwk. Padahal mah tulisan ini udah nongkrong di draft jauh sebelum saya nikah. Eh, nggak jauh-jauh banget, ding. Kurang lebih dua bulan, lah… 😬

Jadi, kenapa tiba-tiba ngomongin pernikahan di blog? πŸ˜†

Jawabannya, karena saya nemu thread menarik di Twitter. Sayang banget kalau tidak diabadikan sekalian. Tidak bertujuan menggurui. Ya keleuss, sendirinya baru memulai ini.

Lanjutkan membaca “Investasi pada Pernikahan” β†’