Diposkan pada Experience, Learning or Studying

Kata Ibu Tentang Hidup

December has been always my mom’s month.

Yeah, walaupun dengan segala kontroversinya, bulan Desember identik dengan perayaan Hari Ibu dan bulan ini juga bulan di mana ibu saya dilahirkan.

Ditambah lagi, entah gimana ceritanya saya nyasar ke tulisan lama di sini. Kalau baca tulisan berusia hampir 12 tahun yang lalu itu, ternyata cara menulis saya lumayan berubah, meskipun dari pola pikir kayaknya masih gitu-gitu aja. Hahaha.

Berhubung masih ada beberapa nasihat ibu yang seperti tertanam di otak saya, walaupun tidak selalu dipraktekkan 🙈, dan mengambil momentum bulan Desember juga, kenapa nggak dijadiin postingan aja gitu, kan. Hehehe.

Lanjutkan membaca “Kata Ibu Tentang Hidup”
Diposkan pada Experience, Japan and Japanese, Learning or Studying

Cerita Hi, Mochi! Podcast

Sebenarnya, sampai 3-4 bulan yang lalu, saya nggak kepikiran sama sekali buat bikin podcast. Alasannya simply karena saya sadar diri kalau saya belum bisa akur dengan yang namanya konsistensi. Tapi, sekitar bulan Mei kemarin, tetiba kepikiran aja, gitu… 😁

Lanjutkan membaca “Cerita Hi, Mochi! Podcast”
Diposkan pada Experience, Learning or Studying

Pengalaman Berbahasa Seumur Hidup

Walaupun katanya blogosphere kalah jauh dengan media sosial, tapi adanya komunitas bikin semangat bikin postingan tetap menyala. Salah satu komunitas yang saya ikuti adalah komunitas MGN atau MamahGajahNgeblog yang merupakan subgrup dari ITBMotherhood.

Selain menyediakan tulisan menarik dari kontributor dengan berbagai tema, mulai dari finansial sampai tips ngeblog, tiap bulannya juga ada Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog dengan tema yang berbeda-beda. Tema-tema ini kadang membuat kita jadi harus keluar zona nyaman dalam kepenulisan.

Salah satunya untuk bulan September ini, tema tantangannya adalah Pengalaman Berbahasa Seumur Hidup.

Sebagai orang Indonesia, sepertinya bukan hal yang aneh kalau kita familiar dengan lebih dari satu bahasa. Seperti kita ketahui bersama, ke-bhinneka-an menjadikan ada beratus bahasa daerah di negara ini. Keberagaman tersebut kemudian disatukan oleh bahasa Indonesia sebagai lingua franca.

Saya sendiri terlahir dari orang tua berdarah Minang dengan bahasa Minang sebagai bahasa yang digunakan oleh keduanya. Tetapi, karena lahir dan besar di Aceh, kedua orang tua saya memutuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama untuk komunikasi di dengan anak-anaknya.

Lanjutkan membaca “Pengalaman Berbahasa Seumur Hidup”
Diposkan pada Experience, Learning or Studying

Review Online Learning Platform

Salah satu yang saya syukuri dari hidup ini adalah saya hampir tidak pernah menyesal dengan semua yang pernah saya lakukan di masa lalu. Kalaupun ternyata keputusan saya untuk melakukan sesuatu itu berakhir kegagalan, toh setidaknya dengan mencobanya sudah satu langkah lebih maju daripada tidak melakukannya sama sekali.

Untuk hal-hal yang saya putuskan tidak dilakukan pun, alhamdulillah juga sepertinya tidak (dan semoga jangan pernah) menyesalinya. Terutama dalam hal berbelanja barang. Pokoknya lebih baik nyesal nggak beli daripada nyesal membeli.

Karena kalau udah kadung beli barang, udah kadung keluar duit, harus effort buat menyediakan tempat menyimpannya pula. Kalau nggak beli, kan, uang aman, nanti-nanti juga bakal lupa… Kecuali kalau nggak lupa-lupa juga, bisa jadi itu sebenarnya bukan keinginan, tapi kebutuhan. Huahahaha.

Tapi, kalau memang harus mengulang satu hal di masa lalu, maka jawabannya saya mau belajar yang banyaaaaak. Mau berusaha mencintai dan menikmati proses belajar. Karena sungguh, rajin dan cerdas dalam belajar itu jauuuuh lebih keren daripada dapat nilai bagus tanpa belajar.

Lanjutkan membaca “Review Online Learning Platform”
Diposkan pada Experience, Japan and Japanese, Learning or Studying

2021 January Wrapped-up

Meskipun dua tahun belakangan ini saya rutin menulis review harian seperti yang saya ceritakan di post ini, setelah dilihat-lihat lagi review harian tersebut benar-benar isinya review, tok. Tanpa ada kesan, pesan, dll layaknya saat kita (kita? lo aja kali, cha? 😛) tukar-tukaran biodata di diary teman jaman SD dulu. Padahal kalau ditulis lebih detail, bisa jadi ada hal-hal yang dapat diambil hikmahnya. Atau sekadar pengingat kalau lagi lupa bersyukur, gitu, kan… 😇

Ditambah lagi, terinspirasi dari Mba Jane dan mba Eya, yang udah mulai duluan monthly review-nya, saya jadi tertarik untuk membuat ulasan dan rekapan bulanan juga. Mumpung tahun ini baru berlalu satu bulan. Anggap aja momentumnya pas. 😉

Lanjutkan membaca “2021 January Wrapped-up”