Diposkan pada Experience, Japan and Japanese, Learning or Studying

Cerita Hi, Mochi! Podcast

Sebenarnya, sampai 3-4 bulan yang lalu, saya nggak kepikiran sama sekali buat bikin podcast. Alasannya simply karena saya sadar diri kalau saya belum bisa akur dengan yang namanya konsistensi. Tapi, sekitar bulan Mei kemarin, tetiba kepikiran aja, gitu… 😁

Lanjutkan membaca “Cerita Hi, Mochi! Podcast”
Diposkan pada MindTalk

Beauty Standard

Beberapa bulan yang lalu, seperti biasa, ada aja hal yang viral di dunia maya. Kali ini kontroversi dari seseorang yang mengakui dirinya sebagai menteri kecantikan dan protes tentang VS Angels yang ditiadakan dan digantikan dengan body inclusivity campaign. Dengan campaign tersebut, interval body size model-model yang digunakan juga meluas. Sama seperti realitanya, berapa persen, coba, perempuan yang memiliki bentuk tubuh seperti VS Angels?

Walau sudah banyak blogger yang bahas duluan, tapi selama manusia masih hidup bermasyarakat (entah itu di dunia maya ataupun di dunia nyata), tema ini kayaknya masih tetap layak untuk terus dibahas.

Lanjutkan membaca “Beauty Standard”
Diposkan pada Experience, Japan and Japanese

2021 August Wrapped-up

Tahukah kamu, bulan Agustus dulunya bukan bernama August dan nama sebelumnya bukan untuk bulan ke delapan, tapi untuk bulan ke enam? Adalah Julius Caesar yang mengganti nama bulan tersebut, yang diambil dari Augustus, nama penerusnya.

Kenapa tiba-tiba ngomongin nama bulan?

Ya, nggak apa-apa, pengen aja. Atau lebih tepatnya pas lagi bingung aja mau bikin pembukaan postingan August Wrapped-up ini gimana. Hehehe.

Lanjutkan membaca “2021 August Wrapped-up”
Diposkan pada Experience, Learning or Studying

Pengalaman Berbahasa Seumur Hidup

Walaupun katanya blogosphere kalah jauh dengan media sosial, tapi adanya komunitas bikin semangat bikin postingan tetap menyala. Salah satu komunitas yang saya ikuti adalah komunitas MGN atau MamahGajahNgeblog yang merupakan subgrup dari ITBMotherhood.

Selain menyediakan tulisan menarik dari kontributor dengan berbagai tema, mulai dari finansial sampai tips ngeblog, tiap bulannya juga ada Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog dengan tema yang berbeda-beda. Tema-tema ini kadang membuat kita jadi harus keluar zona nyaman dalam kepenulisan.

Salah satunya untuk bulan September ini, tema tantangannya adalah Pengalaman Berbahasa Seumur Hidup.

Sebagai orang Indonesia, sepertinya bukan hal yang aneh kalau kita familiar dengan lebih dari satu bahasa. Seperti kita ketahui bersama, ke-bhinneka-an menjadikan ada beratus bahasa daerah di negara ini. Keberagaman tersebut kemudian disatukan oleh bahasa Indonesia sebagai lingua franca.

Saya sendiri terlahir dari orang tua berdarah Minang dengan bahasa Minang sebagai bahasa yang digunakan oleh keduanya. Tetapi, karena lahir dan besar di Aceh, kedua orang tua saya memutuskan untuk menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama untuk komunikasi di dengan anak-anaknya.

Lanjutkan membaca “Pengalaman Berbahasa Seumur Hidup”
Diposkan pada Japan and Japanese

(Doramatalk Ep.4) Pekerjaan dalam Dorama

Waduh, udah bulan baru aja. Memasuki minggu kedua Agustus kemarin, saya kok berasanya sibuk banget, ya… Sampai-sampai tontonan dan bacaan di bulan ini menurun drastis. Blogwalking dan balas komen pun makin lambat aja. Huhuhu. Maapkeun…

Emang butuh liburan dan berinteraksi face-to-face, nih, kayaknya…

*ini postingan doramatalk apa postingan keluhan? Wkwkwk 🤦‍♀️*

Baiklah, kembali ke judul.

Harusnya postingan ini dipost akhir bulan. Tapi, berhubung nggak keburu karena hectic ini-itu. Jadi, terpaksa diundur, deh…

Dan memasuki akhir bulan (saat itu 😅), berarti saatnya kita ngomongin soal dorama lagi. Kali ini idenya Eya yang merekomendasikan gimana kalau kita ngomongin dorama soal pekerjaan.

Selain cerita tentang keluarga, tema pekerjaan ini juga salah satu yang bikin saya betah di dorama. Karena ada buanyaaak sekali variasinya. Dari mulai yang standard macam penegak hukum, guru, atau dokter, sampai ke pekerjaan yang, sejujurnya, saya sendiri nggak terlalu ngeh dengan pekerjaan tersebut. Seperti petugas farmasi di RS, pekerja sosial di kantor kecamatan, agen penjual rumah, sampai pekerja kontrak. Bahkan proof-reader di penerbit dan petugas tuning piano juga ada ceritanya, lho! Yang terakhir film, sih, tapi… 😁

Lanjutkan membaca “(Doramatalk Ep.4) Pekerjaan dalam Dorama”