Diposkan pada Experience

Parenting (B)ala-(B)ala 1Minggu1Cerita (#JanexLiaRC)

Ada yang tau bala-bala? Atau mungkin lebih familiar dengan bakwan? Atau malah ote-ote? Atau justru kakiage? *yak, mulai melenceng πŸ˜…*

Review buku yang saya baca bulan ini memang ada kata bala-bala di judulnya. Tapi, tidak langsung berhubungan dengan bala-bala sebagai makanan. Hanya mengambil filosofinya saja.

Ya, bala-bala yang sering juga disebut bakwan ini, adalah gorengan nikmat dan sehat karena banyak sayurnya 😝 yang dibuat dari campuran tepung dengan isian kol, wortel, daun bawang, kadang-kadang ber-toping udang, yang sepertinya disukai oleh sebagian besar penggemar gorengan asin (saya lebih tepatnya hehe).

Karena macam-macam sayuran yang jadi isinya, juga bentukannya yang tampak acak-acakan tapi tak mengubah rasanya yang enak dan ‘berisi’, diambillah makanan ini sebagai bagian dari judul antologi tulisan dari member grup 1Minggu1Cerita (1M1C). Harapannya, pengalaman penulis-penulis di buku ini, walaupun tampak ‘campur-campur’ tapi tetap gurih dan ‘berisi’ untuk memperluas pengetahuan tentang pengasuhan.

Lanjutkan membaca “Parenting (B)ala-(B)ala 1Minggu1Cerita (#JanexLiaRC)” β†’
Diposkan pada Experience, Japan and Japanese

Hai, Miiko! (#JanexLiaRC)

Ada yang belum kenal Miiko? Apa? Belumm?! Iiih… kok bisa?

*simulasi jadi netijen nyebelin 😝✌*

Kali ini saya mau membahas komik yang baru saya kenal 12 tahun terakhir. Masih lumayan baru, mengingat manga-nya sendiri terbit sudah sejak tahun 1990.

Wow! Udah lebih 30 tahun aja!

Dari Bu Ono masih 20an, sampai sekarang hampir masuk usia ι‚„ζš¦ (kanreki) alias 60 tahun.

Dari belum punya anak, sampai sekarang anak-anaknya udah masuk kepala tiga. πŸ‘πŸ‘

Saya kenal dengan Miiko secara tak sengaja, saat main ke Togamas di Bandung. Gambarnya yang lucu, bikin saya langsung ambil dan bawa pulang –tentu saja tak lupa dibayar dulu, dong… 😁

Setelah baca satu volume (yang saya lupa nomor berapa πŸ™ˆ), saya langsung naksir dan memborong semua volume yang ada. Untung aja saat itu udah kerja, jadi nggak perlu minta duit ortu. Hehehe.

Kemudian, karena saya pindah ke Jepang, sempat vakum beli volume terbaru selama 3 tahun. Lanjut borong lagi pas mudik, dan pas balik lagi, akhirnya memutuskan buat hajar weh beli versi aslinya aja.

Lanjutkan membaca “Hai, Miiko! (#JanexLiaRC)” β†’
Diposkan pada Experience, Japan and Japanese

2022 January Wrapped-up

Hola, gimana kabarnya, gaes?

Pikiran random saya saat ini, kirain saya doyan jalan-jalan, ternyata belakangan saya sadar, Senin-Jumat budak korporat pengabdi gajian, Sabtu-Minggu saya lebih seneng rebahan di rumah ajah. Apalagi pandemi gini. Makin magerlah diriku keluar. Huhaha.

Eniwei, busway, TiJei, kembali lagi ke postingan wrap-up~~

~~yang seperti biasa, ditulis menjelang pertengahan bulan dipost menjelang akhir bulan. Wekawekaweka.

Sempat ragu juga, mau dilanjutkan atau tidak. Tapi, hitung-hitung sudah setahun konsisten, sudah pakai tahun juga di tiap judulnya. Ya kali nggak dilanjut.

Jadi, cus lah disimak~~πŸ˜‰

Lanjutkan membaca “2022 January Wrapped-up” β†’
Diposkan pada Experience, MindTalk

The Stranger I Met (Ep.3) – Saat Dalam Perjalanan Akademisi

Juni 2016, setelah hampir setahun sebelumnya supervisor saya mengusulkan untuk mendaftarkan hasil riset saya ke sebuah konferensi International. Saya berangkat bersama beliau dari Bandara KIX, transit beberapa jam di DXB, transit lagi semalam di Athena, dan berangkat lagi keesokan paginya ke pulau Rhodes. Begitu juga rute kepulangan yang persis sama, hanya dibalik saja. Rhodes-Athena-Dubai-Osaka. Sempat mampir satu jam di Larnaca, Cyprus, tapi benar-benar hanya satu jam, keluar dari pesawat pun tidak.

Lanjutkan membaca “The Stranger I Met (Ep.3) – Saat Dalam Perjalanan Akademisi” β†’
Diposkan pada Experience, Japan and Japanese

(Doramatalk Ep.9) JDrama yang Membangkitkan Semangat

Mumpung masih awal tahun (walau Januari sudah mau berakhir πŸ˜…), biar masih berasa semangat tahun barunya, episode kali ini Eya mengusulkan Doramatalk untuk ngobrolin tentang dorama-dorama yang bikin semangat.

Mumpung lagi temanya, sekalian aja deh ngomongin si β€˜semangat’ ini. 😁

Menurut KBBI, semangat memiliki beberapa makna. Salah satunya adalah β€œnafsu (kemauan, gairah) untuk bekerja, berjuang, dan sebagainya

Sebagai manusia, selalu bersemangat itu hal yang mustahal. Sesemangat-semangatnya kelihatannya seseorang, dalam hati ataupun pikirannya, pasti ada lah saat-saat dia nggak semangat. Minimal karena lapar atau ngantuk gitu, kan… Hehehe.

Kalau nggak bersemangat karena kondisi fisik tersebut, mau dicekokin seratus dorama juga bukannya jadi bersemangat, malah jadi ditabok sama orang tersebut kayaknya. πŸ™ˆ

Tapi, kalau semangat menurun karena bosan, kondisi di sekolah atau tempat kerja yang sedang tidak kondusif, atau karena kurang support dari keluarga, boleh lah ceki-ceki beberapa dorama yang mau saya ceritain ini.

Kuy lah, disimak! Jangan lupa buat baca punya Eya DI SINI, ya…

Lanjutkan membaca “(Doramatalk Ep.9) JDrama yang Membangkitkan Semangat” β†’