Kisah Masa SD (Sebuah PR dari ‘calon’ Guru)

Wah, sudah lewat pertengahan bulan November ternyata. Dan saya makin tidak produktif saja dalam hal per-blog-an. Hmm.. ide buat menulis bejibun, sayang waktu yang ada seuprit *sok sibuk*

Posting-an kali ini adalah PR yang diberikan oleh sepupu saya yang calon guru, yang meminta saya untuk mengisahkan masa SD saya (halah bahasanya). Berbeda dengan adik sepupu saya itu yang SD 6 tahun di 6 tempat yang berbeda, saya sih SD 6 tahun di satu SD saja. Dari kelas 1 sampai kelas 6 di SD Negeri Teumpok Teungoh, Lhokseumawe, Aceh Utara.

SD saya itu hanya 300 meter dari rumah saya. Jadi pulang-pergi sekolah jalan kaki saja. Tapi itu sampai pertengahan cawu (dulu masih sistem caturwulan) 3, keluarga saya pindah sekitar 10km dari rumah yang lama, hanya pindah rumah, sekolahnya tidak.

Masa SD saya, normal-normal saja, kadang di-bully, kadang saya balik mem-bully (lho?). Kadang bermain, kadang belajar (dengan persentase 85:15), untungnya tidak pernah bolos, kecuali saat sakit yang benar-benar sakit.

Sejak kecil saya sebenarnya anak yang hiperaktif. Ada aja yang dilakuin, pokoknya nggak bisa diam deh. Saat masuk SD, malah  jadi pendiam, cuma sehari-dua hari sih, beberapa saat kemudian kelihatan aslinya. Teman saya dipindah tempat duduknya gara-gara saya ajak main saat guru sedang menerangkan. Habis bosen euy duduk diam  dan mendengarkan terus, jadi ya saya ajak main saja. Padahal tempat duduknya hanya selang satu meja dari meja guru, jelas ketahuan lah ya..

Dari kelas satu sampai cawu 1 kelas 3 saya hanya mendapatkan ranking dua, baru cawu 2-nya jadi ranking satu sampai setamatnya. Guru saya baik sekali ya, ngasih saya ranking yang bagus terus, padahal boro-boro belajar di rumah, di kelas saja saya lebih senang main BP dengan menggunakan pensil (BP yang sebenarnya menggunakan kertas) sebagai tokoh-tokohnya, dan tempat pensil plus buku-buku dijadikan ruangan dan isinya. Untung nggak pernah dimarahin.

Kelas satu saya dididik oleh ibu Yusmalia, beliau ini juga ibu dari teman sekelas saya Ebby. Dan jadi wali kelas lagi saat saya kelas 6. Pertengahan kelas 1 ibu Yus digantikan ibu Nurhayati, kalau nggak salah karena melahirkan anak bungsunya. Ibu  Nurhayati ini juga ibu teman sekelas saya Rina. Dan jadi wali kelas lagi di kelas 4. Kelas 2 dan 3 saya dididik ibu Evi. Beliau ini orang minang juga dan dulu teman baik adik ibu saya. Kelas 5 saya dididik ibu Nar (lupa nama lengkapnya). Anak sulung ibu Nar ini teman sekelas abang sepupu saya.

Hal yang paling berkesan selama masa SD saya adalah saya beberapa kali berkelahi dong.. -__-“ dan sama murid laki-laki lagi. Ampun..

Hal lain yang cukup berkesan, saya pernah beberapa kali ikut lomba puisi, yah lumayan lah dapat beberapa piala. Padahal saya kan gugupan, mungkin karena itu nggak pernah juara satu ya..😀

Dan saya juga termasuk yang lumayan tinggi di kelas. Kelas 6 SD tinggi saya sudah 151 (sayangnya sampai saat ini cuma nambah 5cm  >_<), wajar sih, pertumbuhan cewe kan memang lagi pesat-pesatnya saat 11-17 tahun.

Hmm… apalagi ya?? Oh iya, waktu kelas 5 SD, adik saya yang terpaut 3 tahun 9 bulan di bawah saya masuk ke SD yang sama dengan saya. Dan diabiasanya menunggu saya pulang, baru kami pulang bareng. Nah, suatu hari, ternyata kelas saya kelar duluan karena sesuatu dan lain hal (saya lupa tepatnya kenapa), saya pun memutuskan menunggu di warung dekat sekolah. Ternyata, saat adik saya mengira saya sudah pulang, dan memutuskan untuk pulang sendiri jalan kaki. Iya, JALAN KAKI! Untuk anak kelas 2 SD, jarak 10km itu sesuatu banget lho..😀

Untungnya baru setengah perjalanan, ada tetangga yang melihatnya dan diajaklah dia pulang. Tinggallah saya dan ibu yang panik. Haha.

Ada banyak cerita di masa SD, tentu saja karena enam tahun bukan waktu yang singkat. Dan saya ingin berterimakasih kepada guru-guru SD yang telah mengabdi mencerdaskan bangsa ini. Yang telah mendidik dan mengajarkan anak-anak Indonesia sehingga tak hanya bisa membaca dan menulis tapi juga memberi pengenalan awal kepada dunia yang sesungguhnya.

One response to this post.

  1. yeey, makasih kak udah dikerjain pr nya. hehe

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: