Diposkan pada Japan and Japanese

(Doramatalk Ep.12) Setahun Bersama Doramatalk (+Giveaway)

Gaes, Doramatalk udah setahun aja, nih…

Kasih selamat, dong, gaes… πŸ˜†

Sebagai manusia yang masih tertatih-tatih dalam belajar konsisten, bisa sebulan sekali menghasilkan tulisan bertema sama selama setahun ini, buat saya pribadi adalah hal yang sangat membanggakan. Wkwkwk. Ya dong, bagaimana mungkin orang lain bisa bangga sama saya, kalau sayanya sendiri aja nggak. πŸ˜‰

Ada bolos sekali, sih… tapi, untuk alasan yang sangat masuk akal. Siapa juga yang bisa menulis tentang tontonan bertema kasih sayang (rencana waktu itu), di saat orang tersayang justru pergi untuk selama-lamanya. Huhu.

Back to the topic. Berhubung sudah setahun, jadi saya sama Eya pengen menapak-tilas hubungan masing-masing kami dengan JDrama a.k.a drama Jepang, atau yang sering ditulis sebagai dorama di sini.

Tentang kesan-kesan atau apa saja yang kepikiran. Juga tentang harapan-harapan mengenai dunia per-drama-an di Jepang ke depannya.

Tak lupa pula, sebagai bentuk rasa syukur kami atas konsistensi ini (yang semoga nggak mandeg di tahun-tahun berikutnya *finger crossed*), saya sama Eya pengen ngadain GA, nih. GA ini juga disponsori mba Eno pemilik blog creameno yang sedang hiatus di dunia blogging dan beralih di IG. So, stay tuned terus sampai akhir postingan ini, ya… πŸ˜‰

Kesan-kesan selama menonton dorama

Sejak terjebak di dunia drama Jepang belasan tahun lalu, bisa dibilang dorama menjadi salah satu dari banyak hal yang membentuk pola pikir saya. Dari dorama, nggak cuma sekali-dua kali pikiran saya terbuka dengan momen-momen “iya juga, ya.” Baik dari cerita maupun dialognya. Terutama untuk dorama-dorama bertemakan keluarga, persahabatan, maupun perjuangan hidup.

Kayaknya hampir di tiap postingan berlabel Doramatalk, saya selalu cerita tentang kesan-kesan yang saya dapatkan dari dorama atau tema dorama yang dibahas. Udah kelihatan banget lah pokoknya, gimana bucinnya saya sama drama Jepang. Hahaha.

Selain kesan-kesan baik yang saya dapat dan bikin saya tonton terus sampai sekarang, ada beberapa kesan juga yang saya anggap sebagai stereotip dari dorama.

Berikut beberapa di antaranya:

  • Dorama bertemakan keluarga,

Untuk dorama bertemakan keluarga, seperti Kaseifu no Mita atau Kazoku Game, etc. dorama tersebut berpusat pada keluarga *yaiyalah*. Hampir sebagian besar waktu dihabiskan untuk menyelesaikan masalah-masalah keluarga di rumah.

Bikin saya berpikir, memangnya in real life, orang Jepang punya banyak waktu di rumah, ya? Kayaknya anak-anak sekolah, sepulang sekolah pada ikut ekskul atau les-lesan, deh. Anak-anak yang sudah kuliah, selain sibuk kuliah juga pada sibuk kerja part-time.

Apalagi bapak-bapaknya. Jam pulang kantor resmi itu jam enam. Tapi, bisa pulang jam delapan aja udah hebat itu… Either sekantor emang nggak banyak kerjaan, atau orangnya tipe yang cuek dan nggak ga-enakan. Nyantai aja pulang walaupun atasan masih belum pulang. πŸ€ͺ

Ada berapa banyak coba keluarga yang beneran duduk bareng terus bermusyawara-mufakat kayak gini? 😬

Jadi, nggak yakin juga saya di dunia nyata keluarga Jepang sering deep talk sekeluarga kayak di dorama. πŸ˜†

Walaupun, nggak cuma di Jepang aja, sih… di Indonesia pun berapa persen coba waktu yang kita sediakan buat ngomongin hal serius sama keluarga? 😬

  • Dorama bertemakan pekerjaan

Untuk dorama bertemakan pekerjaan, biasanya tokoh utamanya itu unik atau nyeleneh, berbeda dari kolega-koleganya di kantor. Misalnya di Haken no Hinkaku (the Pride of the Temp) yang bercerita tentang karyawan kontrak baru yang hanya bekerja selama tiga bulan, gaji perjamnya tiga kali lipat rata-rata, selalu pulang on time, tapi punya kemampuan dan kecepatan kerja yang super, bikin teman-teman kerjanya antara kagum dan iri bercampur jadi satu. Supernya nggak masuk akal, tapi comical dan bikin ngakak.

Ada juga tokoh-tokoh utama yang berbedanya itu bukan karena nyeleneh dengan kemampuan super seperti Omae Haruko di Haken no Hinkaku di atas, tapi berbeda dengan teman-teman sekantornya karena ditempatkan di departemen yang tidak dia sukai (Pretty Proofreader); pengen jadi biasa-biasa aja sementara teman-teman sejawatnya tipikal yang berusaha mati-matian (Oh My Boss! Love is A Bonus Book); atau karena memang masih karyawan baru aja (Our Dearest Sakura, Hataraku no ga Kakkowarui Nante Dare ga Itta?)

Atau di dorama-dorama kedokteran yang biasanya memiliki tokoh lone-wolf dengan skill jauh di atas rata-rata (Doctor. X, Black Pean, Code Blue, etc), atau si tokoh utama skill-nya sekalian dibikin bapuk dan kemudian belajar banyak, kayak tokoh utama di Say Hello to Black Jack.

Yang jelas, semua tokoh-tokoh itu bertumbuh dan menjadi lebih manusiawi (untuk tokoh-tokoh nyeleneh dan lone-wolf). Dan nggak cuma tokoh utamanya aja, peran-peran di sekitarnya juga bertumbuh menjadi lebih wise dan dewasa dalam menghadapi peliknya kehidupan *halah*.

  • Dorama misteri/kriminal/thriller

Untuk dorama-dorama bertemakan crime mystery, akan selalu ada plot twist yang beneran twist. Bikin merasa, β€œ ihh… kok bisa dia, sih, pelakunya.” Kayak di Reverse, Saiai, atau Ryusei no Kizuna.

Bahkan untuk kasus-kasus yang penonton sudah tau siapa pelakunya, seperti series yang diangkat dari karya-karya Keigo Higashino, tetap saja ada twist walaupun bukan dari sisi siapa pelakunya.

Selain itu, kecuali untuk kasus yang butuh investigasi panjang, biasanya juga satu kasus hanya dibahas dalam 1-2 episode. Biasanya tiap judul dorama ada kasus utamanya, sih. Kasus yang berhubungan dengan lead role-nya. Tapi, tetap ada kasus-kasus lain yang muncul di tiap episodenya.

Bikin saya berpikir, “Ini kalau orang cuma nonton dorama kriminal, bisa-bisa berpikir Jepang itu negara paling nggak aman, dah… dikit-dikit ada kasus pembunuhan,” 🀣

Nggak cuma untuk dorama kriminal, ding… dorama kedokteran, sosial masyarakat, atau pekerjaan juga biasanya tiap episode ceritanya bisa dibilang beda-beda. Masih berpusat pada tokoh utama, tapi fokus masalah pada episode tersebut, tentang tokoh lain. Entah itu tokoh yang berada di sekitar si tokoh utama, atau dari guest yang cuma mampir di 1-2 episode saja.

  • Alur yang cepat, tidak bertele-tele, dan dialog yang bermakna

Ini dia, sih, yang bikin saya belum bisa berpaling dari drama Jepang. Suka kadung bosen sama series yang kadang apa-apa di dramatisir. Satu scene yang IMO nggak penting-penting amat, bisa ngambil waktu bermenit-menit.

Belum lagi karena biasanya cuma 10-12 episode, alurnya juga tidak bertele-tele. Bikin saya kadang gemes sendiri sama serial yang sampai dua episode pun ML dan FLnya nggak ketemu-ketemu, padahal udah berada di satu tempat. Penting kah dipanjang-panjangin gitu? *lha napa jadi esmoni? 🀣* *masalah selera aja sih, ini βœŒπŸ˜‰*

Dari segi dialog juga nggak kaleng-kaleng. Selain catchphrase yang bikin gampang mengafiliasikan dengan dorama tersebut, ada banyak dialog yang bisa jadi quotes penyemangat hidup juga. Pokoknya, kalau saya bikin catatan quotes dari dialog dorama, kayaknya sekarang udah jadi beberapa buku, deh… 😝

Catchphrase Daimon Michiko, lone-wolf surgeon di Doctor X
Yeah, it doesn’t mean that we are hypocrites, sometimes, some sides only appear when we are with some people. (dialog antara single mother dan anaknya di Mirai e no Count)
Masih dari Mirai e no 10 Count yang masih ongoing

Lah, iya juga, ya… kenapa nggak kepikiran buat bikin catatan quotes dari dialog dorama, ya?

*baru kepikiran sekarang πŸ™ˆ*

Meskipun begitu, kadang alur dan dialog ini juga yang bikin saya berpikir “lha? udah kelar aja, nih, serialnya?” Saking tiba-tiba udah kelar. Buat binge watching pun nggak ngabisin waktu full seharian. Hahaha.


Harapan untuk JDrama ke depannya

Harapan utamanya, tentu saja akses, dong… wkwkwk.

Walaupun sudah mulai ada dorama di platform streaming yang legal, masih jauh lebih banyak yang belum ada. Apalagi dorama-dorama baru berganti setiap musimnya. Di Jepang sendiri sebenarnya ada beberapa legal platform streaming yang mengizinkan kita buat nonton gratis episode terbaru selama seminggu (lewat seminggu episode tersebut hanya bisa ditonton dengan subscribe berbayar). Tapi, lagi-lagi, kayaknya memang produser-produser Jepang fokusnya hanya pada market dalam negeri. Belum mau mengglobal. Entah lah karena apa. Jadi, platform streaming tersebut pun dibikin region locked. πŸ˜…

Saya dulu sempat iri, karena KBS dan SBS menayangkan The Return of Superman dan Running Man langsung di channel Youtube mereka dan bisa diakses bahkan dari Indonesia.

TBS, FujiTV, NTV, bahkan NHK yang TV Nasional pun, khusus untuk dorama dan variety show dipasang restricted area semua, dong… Bahkan sekadar trailer-nya sekalipun. OMG, napa medit amat, dah? πŸ€¦β€β™€οΈ

Kecuali untuk dorama-dorama yang memang ditayangkan di platform global kayak Netflix atau Disney+, ya…

Cuma, ya gitu, kebanyakan series lama. Kalau baru pun paling cuma satu judul yang ongoing. Heuheu.


Baca juga cerita Eya di sini, ya…

Karena sudah panjang betul, mari langsung saja kita ke…

Giveaway Time~~~

Seperti yang sudah diinfokan di atas, sebagai bentuk rasa syukur karena Doramatalk sudah berjalan setahun (lebih dikit), maka kami mau berbagi sedikit. Ada tiga paket untuk tiga pemenang:

  1. Satu paket buku Shinkai Makoto (berisi buku Your Name dan Weathering With You)
  2. Satu paket buku Minato Kanae (berisi buku Confession dan Ferris Wheel at Night)
  3. Satu paket bebas your choice (max Rp. 120ribu) sponsored by CREAMENO. Tapi, karena kita sedang membahas JDrama, jadi bukunya author Jepang, ya… Saya dan Eya rekomen cari bukunya di toko Penerbit Haru yang menyediakan banyak buku terjemahan Jepang dan ada di TokPed. πŸ˜‰

FYI, untuk paket 1 dan 2, keempat buku tersebut sudah ada adaptasi film dan series-nya, lho… Eh, untuk Shinkai Makoto, apa filmnya duluan baru dibikin bukunya kali, ya? *malah nanya πŸ™ˆ*

Kalau Confession dan Ferris Wheel at Night, dua-duanya dari novel dulu baru diadaptasi ke film dan dorama.

Nah, untuk syaratnya gampang banget:

  1. Jawab pertanyaan di bawah ini di kolom komen. Nggak harus punya blog, yang penting jangan anonim dan sertakan ID Instagram atau media sosial kalian. Biar gampang dihubungi. Hihihi.
  2. Komennya di blog Hicha dan Eya, ya… πŸ˜‰
  3. Share postingan ini di IG Stories dan tag saya (@neschaquino) dan Eya (@hersyuuu). Di tag aja, nggak usah difollow. Hahaha.

Berikut pertanyaannya:

  1. Kritik, saran, dan harapan untuk postingan doramatalk ke depannya.
  2. Adakah dorama Jepang yang ditonton/tertarik untuk ditonton setelah membaca postingan doramatalk?

Ditunggu partisipasinya sampai 7 Juni ya, gaes… πŸ€—πŸ˜‰


Sampai jumpa di postingan selanjutnya~~

Penulis:

To many special things to talk about... =p

37 tanggapan untuk “(Doramatalk Ep.12) Setahun Bersama Doramatalk (+Giveaway)

  1. Haloo kak, sebelumnya aku pengen cerita dan nanya, kayaknya tuh dulu pernah nonton film Jepang yang salah satu karakternya (cewek/cowok aku lupaa) sakit jantung atau apa gitu aku nggak inget, ada daun clover nya juga. Aku nggak inget sama sekali judulnya tapi kayak pingin lihat lagi gitu, siapa tau kakak tau judulny πŸ˜‚ aku nggak banyak sih nonton dorama atau film Jepang, anime pun cuma pernah nonton beberapa termasuk your name. Kayaknya aku tertarik pingin nonton Weathering With You deh πŸ™ˆ
    Untuk kritik dan saran, karena aku baru Nemu blog ini, jadi aku mau baca-baca dulu yaa kak, jadi belum tau mau kritik atau kasih saran apaan πŸ˜‚ kalau untuk harapan, semoga kak Hicha selalu semangat ngonten doramatalk ini 😻😻

    1. Hallooo kak Hicha dan kak eya sebelumnya salam kenal aku Lauren :”)), hmm, untuk Masalah kritik dan saran mungkin aku akan bilang semoga Film – film / dorama dijepang lebih dimeningkatkan lagi untuk bisa diakses keluar Jepang, Karna aku pernah sekali nntn film Jepang di slah satu platform tapi aku lupa apa namanya kalo gk salah ‘viu’ ??πŸ€” Tp aku lupa heheh :’) aku pernah nntn film Jepang yang ceritanya tentang ada seorang gadis yg tinggal bersama neneknya di sebuah rumah yang sederhana di dlm perkampungan ( gk disebut perkampungan juga sih) Karna masih lumayan Deket kota tp dia kyk dipelosok kota lahh ibaratnya jadi dia tinggal sama neneknya suatu ketika ia ditagih utang sma debt colector tetapi ia blm bisa membayarnya jadi dia disuruh nikah sama si boss yg ia pinjam uangnya tp Karna dia gk mau dia kabur dan dia ngumpat disalah satu gubuk dan bertemu dengan seorang pria yang baik hati yang menawarkan dia pekerjaan sebagai seorang model dan dia akhirnya ikut si pria untuk ke kota untuk bekerja ( maaf aku ingetnya cuman segini soalnya ini udh sekitar 2-3 ??thnan yg lalu aku tonton sepertinya ) untuk judulnya aku juga lupa tp ini cerita bagus sih kyk menceritakan kisah hidup si cewe ini yang berjuang untuk menjadi orang yang sukses sebagai model kalo untuk kritik dan saran aku gk bisa terlalu mengkritik atau kasih saran Karna aku sendiri juga jarang nntn film / dorama Jepang jadinya aku takut salah dlm pengetikannya, soalnya aku lebih sering nntn ke series anine kyk haiku, Doraemon, dragon ball, detective Conan, power rangers, Ultraman dsb πŸ€— kalo untuk harapannya sendiri aku berharap semoga doramatalk kak Hicha dan kak eya makin dikenal byk org, dan kedepannnya sukses selalu ( jujur aku baru tahu ada blou tentang doramatalk sebelumnya aku benrr2 gtw berkat kak Eno aku jadi tahu big thanks to kak Eno). Sekian dari aku kalo ada kata yg slah dan kurang berkenan mohon maaf

      1. Tambahan semoga kaj Hicha dan kak eya dapat memberi edukasi tentang perfilman Jepang yang relate sama keluarga, persahabatan dsb, semoga apa yang Kaka sampaikan bermanfaat untuk semua orang :”))

  2. Hai kak, jujur sebelumnya aku belum pernah nonton Dorama sama sekali jadi pas baca blog ini tuh lumayan jadi racun ya haha πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚ pernahnya sih nonton anime (itu pun baru akhirΒ² ini garaΒ² temenku pada ngomongin anime itu ‘spy x family’ 😭😭🀣). Setelah baca blog kaka jujur aku pingin nonton satu film Jepang judulnya Cafe Funiculi Funicula (engga tau kalau ya kalo ini punya judul Jepang or something, soalnya ak taunya judulnya itu dari salah satu novel) πŸ˜…πŸ˜…. Untuk sekarang aku belum punya kritik dan saran aku belum punya kak hehe *so sorry πŸ˜”πŸ™ karena aku baru baca blog kaka yg ini aja, jd mau bacaΒ² yg lain dulu hehe πŸ˜‚πŸ™Œ untuk harapan semoga kakaknya sehat selalu dan yg pasti semangat ngeblog nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ’•

  3. Hai kak, jujur sebelumnya aku belum pernah nonton Dorama sama sekali jadi pas baca blog ini tuh lumayan jadi racun ya haha πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚ pernahnya sih nonton anime (itu pun baru akhirΒ² ini garaΒ² temenku pada ngomongin anime itu ‘spy x family’ 😭😭🀣). Setelah baca blog kaka jujur aku pingin nonton satu film Jepang judulnya Cafe Funiculi Funicula (engga tau kalau ya kalo ini punya judul Jepang or something, soalnya ak taunya judulnya itu) πŸ˜…πŸ˜…. Untuk sekarang aku belum punya kritik dan saran aku belum punya kak hehe *so sorry πŸ˜”πŸ™ karena aku baru baca blog kaka yg ini aja, jd mau bacaΒ² yg lain dulu hehe πŸ˜‚πŸ™Œ untuk harapan semoga kakaknya sehat selalu dan yg pasti semangat ngeblog nya πŸ˜†πŸ˜†πŸ’•

  4. Holaaaa kak hihihi saran aku untuk kedepannya untuk akun ini kalau Kaka lagi nyaranin suatu drama Jepang kayak disertakan judul plus gambar dramanya jadi kayak mempermudah untuk cari gitu kak hihihi kalau harapan untuk akun blog ini aku berharap semoga akunnya semakin dikenal banyak orang, semakin berkembang, semakin bermanfaat juga untuk banyak orang dan semakin sukses juga tentunya, oh iya untuk drama Jepang kayak nya aku tertarik untuk nonton yang bergenre mistery thriller gitu hihihi karena menurut aku drama Jepang kalau misalnya genre misteri itu bikin aku penasaran dan dag Dig dug ser gitu waktunya bahkan waktu aku nonton itu sampe ngomong sendiri kayak awaaasss itu pelakunya aduhhhh kamu jangan sama ituuuu aduhhh πŸ˜‚πŸ˜‚ pokoknya gitulah heboh nya aku hihihi ok segitu aja dari aku wkwkwk oh iya akun ig aku : ntsyalyaaaaaaaaaaaa hihihi maaf ya kak aaa nya banyak hihihi

  5. Hi Kak Hicha, Kak Eya! Selamat setahun untuk Doramatalks πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰ hebat banget Kakak-kakak selalu bisa membahas tema yang unik setiap ada Doramatalks 😍. Good job, well done!! (Udah kayak steak aja 🀣)

    1. Saran dan harapan untuk Doramatalks ke depannya, umm, mungkin aku request sesekali bahas anime gitu 🀣 soalnya aku lagi senang nonton anime series *nggak ada yang nanya*. Oyaa, bisa juga bahas aktor/aktris tertentu dan judul dorama-dorama yang mereka main di dalamnya gitu.
    2. Aku ada tertarik buat nonton Meteor Gardennya Jepang 🀣. Aku tahu Hana Yori ini pencetusnya tapi sampai sekarang belum nonton nih πŸ˜‚.

  6. Konbanwa kak Hicha dan Kak Eya! Izin meramaikan kolom komentar di blog ini, yaa. Setelah aku baca dari awal dorama talk episode 12 ini, aku jadi merasa bahwa…
    “Doramatalk kurang panjang! Butuh lagi!”
    *bacanya jangan sambil ngegas, ya ka🀣
    Beneran lho, gaya tulisan kakak itu seru banget buat dibaca. Berasa kayak lagi ngobrol sama temen sefrekuensi (+ sebaya) dan nggak ada yang namanya atmosfer canggung endeblabla seperti di novel. Pas baca doramatalk juga nggak ada tuh, perasaan “terpaksa” kayak kalau kita lagi nyari jawaban buat tugas di buku paket dan harus baca teks yang super panjang berulang-ulang sampai dapat inti sarinya. Jujur aja, biasanya aku paling malas kalau suruh baca artikel atau review yang panjang-panjang. Tapi ini? Kok malah nyaman, ya? Plus, pas lagi seru-serunya baca, eh, kok udahan aja??
    Habis ini beneran deh, bakal aku intip doramatalks episode-episode sebelumnya!🀣
    Harapan buat doramatalks ialah… semoga doramatalks bisa terus berlanjut episodenya sampai episode 100🀭 jangan bosen-bosen tulis blog beginian kak, karena aku cuka and akan kuikuti juga nih kalau diliat-liat😌 *buset, diliat dari mananya coba
    Btw, aku jadi penasaran sama dorama Mirae e no Count. Waktu dan tempat saya persilakan buat yang tau nonton dorama ini dimanaπŸ˜†
    Otsukare sama deshita buat kaka-kaka yang sudah berusaha menulis obrolan seru ini, karena aku yakin pembaca lain juga pasti enjoy bacanya😍 instagram: @usersucidk

  7. Hai mba Hicha &mba Eya, selamat buat 1 thn doramatalks nya ya πŸ₯°. Wah gak kerasa ya dah setaun aja, dan aku baru tau blog ini πŸ˜…. Jujur aku tuh gak pernah bacaΒ² blog tentang apapun, but thanks to Eno yg udah memperkenalkan blogΒ² yg bagusΒ². Berhubung aku baru tau blog mba Hicha dan mba Eya, jadi aku blm bisa kasih kritik maupun saran yg bagus buat blog ini πŸ˜…, aku hanya berharap kalo blog ini akan terus berkembang dan terus memberikan info terupdate seputar dorama. Soalnya kangen juga dah lama gak nonton dorama πŸ˜”. Nonton dorama itu terakhir kali jaman diputar di salah satu televisi swasta; dulu Tokyo Love Story sama Ordinary People yg masih membekas di hati πŸ₯° walaupun televisi swasta itu nayangin beberapa dorama tp yg msh nempel di ingatan ya dua itu πŸ˜… (eh itu masuk dorama juga kan ya? πŸ˜…) so.. dgn adanya doramatalks ini aku bakal baca postingan lainnya, mengenang ketika dulu suka nonton dorama juga mau tau infoΒ² terupdate tentang dorama. Itu harapan aku, 😍
    Untuk pertanyaan selanjutnya dorama yg tertarik buat aku tonton setelah baca ini, Your Name (aku br tau lah klo dah dibuat filmnya stlh review bukunya 😭) dan Wandering With You, juga Ferris Wheel at Night (krn br aja selesai baca ini, trs stlh tau dr doramatalks ini klo Ferris Wheel at Night sdh dibuat filmnya juga aku pengen nonton πŸ₯Ί) plusss stlh dr blog mba Eya aku jd pengen nonton The Files of Young Kindaichi 😍. Utk yg terakhir kan katanya br tayang apa udh tayang ya lupa padahal br dr blog mba Eya πŸ˜‚, semoga bs nonton 😭. Untuk film dr buku Shinkai Makoto dan Minato Kanae mungkin bs info apa ada DVD nya? 😁 Akhir kata terimakasih buat mba Hicha dan mba Eya juga Eno yg udah ngadain giveaway ini. Sukses buat kalian semuanya πŸ€—πŸ₯°

  8. Hai hichaaaa, ga berasa amat sih udah setahun ajaaa 🀣. Ya Allah waktu kayak terbang yaaa..

    Aku suka dari awal baca doramatalk kalian ini, Krn jaraaang loh yg bikin review dorama. Kebanyakan pada Drakor. Sementara aku memang suka baca review2 dulu sebelum mutusin utk nonton yg mana. Ga mau aja udh capek2 ngikutin trus sad ending wkwkwkwkw. LGS ga mau nonton lagi itu 🀣.

    Kritik dan saran, apa Yaa .. udah bagus banget review kalian soalnyaaa πŸ˜„πŸ˜„. Atau palingan buat dorama yg ga ada di Netflix, kasih tau gitu nontonnya gimana, Krn jujur aku bingung nyari nya 🀣.

    Dan perbanyak tema ttg kuliner please, hahahaha. Aku paling sukaaa deh nontonin dorama yg makan2 gitu. Ya ampuun kayak ngiler aja jadinya 🀣

    Kalo dorama yg aku jadi pengen nonton, itu yang Haken no hinkaku . Kok kayak kocaaaak, bisa punya skill super yg bikin iri karyawan lain πŸ˜„. Penasaran jadinya πŸ˜…

    @fanny_dcatqueen

  9. Hai Ka Hicha dan Ka Eya. Salam kenal dr aku. Sebelumnya aku mau mengucapkan selamat atas perjalanan 1 tahun ini untuk doramatalk pasti gak mudah buat konsisten nulis. Bener yg dikatakan Ka Hicha konsisten nulis satu bulan aja udah seneng bgt, gimana 1 tahun coba? Semoga makin konsisten dan makin semangat nulisnya kak. Makin keren dan inspiratif.

    Jujur setelah baca blog ini aku dpt informasi yg lumayan banyak. Karena aku bisa dibilang sama sekali blm pernah nonton drama/ film Jepang. Kebanyakan tontonanku dr drakor yg lbh mudah akses legalnya. Untuk dorama masih awam bgt aku ini πŸ™ˆ
    Tp setelah baca blog ini jd kena racun deh buat coba coba nonton dorama. Karna aku jg binggung mau nonton di akses legalnya dimana. Aku jg jarang sekali baca blog. Sepertinya akan sering berkunjung di blog ini aku hehehe. Sebagai sebuah pendekatan.

    Untuk kritik & saran aku binggung nih karena ini pertama kali berkunjung. Tp sejauh mata melihat eh sejauh aku membaca ini sudah bagus loh ka. Mungkin untuk aku yg masih awam bgt dlm dunia dorama bisa nih dikasih pembahasan opininya kenapa bisa sesuka itu sama dorama? Hal menarik apa yg bisa ada di dorama dan di series lainnya yg gak ada contoh drakor (tanpa menjelek”kan ya maksud aku gitu)
    Lalu, makin seri buat review ttg dorama, kasih rating jg oke dan akses legalnya bisa ditonton mana aja gtu ka. Oh iya sama bahas ttg aktor/ aktrisnya mungkin yaaa. Gimana totalitasnya mereka memerankan karakternya. Jujur aku ko gak tahu apa” perihal aktor/aktris Jepang πŸ™ˆ
    Udah gitu aja sih ka dr aku. Makin sukses terus ka. Insyaallah aku akan sering berkunjung ke sini hehe.
    Oh iya aku pengen bgt nih coba nonton dorama/ film yg diadaptasi dr karyanya Keigo Higashino. Apalagi dr novelnya yg berjudul Keajaiban Toko Kelontong Namiya. Eh kak bikin review ttg novel yg diadaptasi ke dorama/ film kayanya seru sih ka.

    Instagram: yuli_stygrm

  10. Hai Kak Hicha dan Kak Eya, salam kenal. Selamat merayakan 1 tahun adanya doramatalk πŸ₯³
    Karena aku juga hobi nonton, baca tulisan kakak di doramatalk tuh racun banget, aku ampe baca semua episode doramatalk di blog kak Hicha dan kak Eya. Setuju sih, drama bisa membentuk pola pikir.
    Jujur, aku belum pernah nonton Jdrama, tapi suka nonton animenya dan suka baca JLit kak. Salah satu anime yang aku suka tuh Kimi No Nawa, terus suka nonton One Piece hihi πŸ˜„ Jadi saat baca konten doramatalk aku banyak nemu ilmu baru tentang Jdrama. Aku udah catet beberapa yang bakal ku tonton, penasaran banget sama Pride, Hana Nochi Hare, dan Ties of Shooting Stars karena aku suka sama novel-novelnya Keigo Higashino. Aku juga tertarik sama drama One Litre of Tears, mirip kayak sinetron Indonesia yang pernah diperanin Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie ya kak, judulnya Buku Harian Nayla. Kayanya remake dari One Litre of Tears. Selain itu masih banyak lagi dorama yg buat aku tertarik. Thank you kak πŸ₯°
    Oh ya, aku suka banget sama cara Kak Hicha bercerita, ramah dan lucu. Jadi nyaman banget baca tulisannya. Kontennya jg informatif, jd tahu sedikit banyaknya tentang industri kreatif Jepang, ternyata dramanya pace nya cepet ya kak. Satu episode cuma 15 menitan, mirip anime juga. Dan karena aku penyuka drama yang anget-anget, di doramatalk aku nemu beberapa rekomendasi drama seperti itu. Senengg, banyakin lagi konten ttg yg anget-anget ini ya kak 🀭
    Hmm, ide buat konten ttg quote-quote dari dorama bagus tuh kak. Sama satu lagi, mau request rekomendasi dorama tentang mental health ya kak. Duh jd banyak mintanya. Aku terlalu excited, maapin kak πŸ₯Ί
    Harapanku ke depannya semoga episode Doramatalk makin banyak dan variatif, Kak Hicha dan Kak Eya sehat selalu, bahagia selalu. Biar bisa meracuni ku dengan tontonan-tontonan keren terus. Terimakasih kak πŸ₯° Akun ig: @dd.reads

  11. Hai Kak Hicha dan Kak Eya, salam kenal. Selamat merayakan 1 tahun adanya doramatalk πŸ₯³
    Karena aku juga hobi nonton, baca tulisan kakak berdua di doramatalk tuh racun banget, aku ampe baca semua episodenya. Setuju sih, drama bisa membentuk pola pikir.
    Jujur, aku belum pernah nonton Jdrama, tapi suka nonton animenya dan suka baca JLit kak. Salah satu anime yang aku suka tuh Kimi No Nawa, terus suka nonton One Piece hihi πŸ˜„
    Jadi saat baca konten doramatalk aku banyak nemu ilmu baru tentang Jdrama. Aku udah catet beberapa yang bakal ku tonton, penasaran banget sama Pride, Hana Nochi Hare, dan Ties of Shooting Stars karena aku suka sama novel-novelnya Keigo Higashino. Aku juga tertarik sama drama One Litre of Tears, mirip kayak sinetron Indonesia yang pernah diperanin Chelsea Olivia dan Glenn Alinskie ya kak, judulnya Buku Harian Nayla. Kayanya remake dari One Litre of Tears. Selain itu masih banyak lagi dorama yg buat aku tertarik. Thank you kak πŸ₯°
    Oh ya, aku suka banget sama cara Kak Hicha bercerita, ramah dan lucu. Jadi nyaman banget baca tulisannya. Kontennya jg informatif, jd tahu sedikit banyaknya tentang industri kreatif Jepang, ternyata dramanya pace nya cepet ya kak. Satu episode cuma 15 menitan, mirip anime juga. Dan karena aku penyuka drama yang anget-anget, di doramatalk aku nemu beberapa rekomendasi drama seperti itu. Senengg, banyakin lagi konten ttg yg anget-anget ini ya kak 🀭 Terus ide buat konten ttg quote-quote dari dorama juga bagus tuh kak. Sama satu lagi, mau request rekomendasi dorama tentang mental health ya kak. Duh jd banyak mintanya. Aku terlalu excited, maapin kak πŸ₯Ί
    Harapanku ke depannya semoga episode Doramatalk makin banyak dan variatif, Kak Hicha dan Kak Eya sehat selalu, bahagia selalu. Biar bisa meracuni ku dengan tontonan-tontonan keren terus. Terimakasih kak πŸ₯° Akun ig: @dd.reads

  12. Kritik, saran, dan harapan untuk postingan doramatalk ke depannya.
    Adakah dorama Jepang yang ditonton/tertarik untuk ditonton setelah membaca postingan doramatalk?
    Hai Kak Hicha dan Kak Eya, salam kenal, wah aku sangat bersemangat setelah melihat 2 paket GA dari kakak sekalian, dan tentu saja tentang tema penulis dan buku jepan nya, sudah menjadi wishlist aku beberapa buku jepang dari keigo higashino, mudah2an allah memberikan rezeki melimpah kepada orang-orang baik yang peduli dengan kemajuan literasi, semoga aku mendapatkan bubu2nya, oiya.. Selamat merayakan 1 tahun adanya doramatalk. maaf aku baru siap membaca postikan diblok ini mengenai dorama nya, aku jarang nonton dorama kebanyakan nonton anime, your name sudah ku tonton movie animenya, sangat menarik mudah-mudahan berkesempatan memeluk bukunya, harapanku semoga kedepannya postingan doramatalk lebih eksis lagi dan untuk akses menonton dorama lebih banyak lagi yang legal, setelah membaca postingan ini aku tambah tertarik dengan buku-buku penulis jepang yang keren-keren jika di dramakan pasti sangat menarik, aku tunggu kabar baik dari buku2 terbaik dari jepang, semoa aku salah satu pilihan dari kakak2 semua, instagram aku @ilhamramadhan_54 sudah ku tag di story ya kak..

  13. Hii kakkk, wahh makasii banyak sebelumnya udah ngadain giveaway ini, kemarin liat postingan penerbit haru yg ada diskon besar besaran cuma bisa nahan sambil sabar, uangnya udh terlanjur dipake ke buku lain. dan postingan ini arghhhh yaampun my wishlist akuu, auto ikutann. Pengen banget punya bukunya minato kanae karena suka banget genre mystery, thriller, criminal. semoga saja yaa bisa menang aamiin.
    Wahh saran dan kritiknya yaa, berhubung belum lama bergabung, aku baru baca baca blognya nih kak, seru jugaa yaa bahas soal jejepangan. Sukak bgt sebenernya nonton drama jepang, tapi yaa aksesnya susah kak, semoga yaa cepat ada kabar biar banyak negara bisa nonton langsunh dgn nyaman drama dramanya aamiin. Kontennya baguss kak, bahasanya friendly jadi baca segitu tadi kerasa cepet bangett, panjangin lagii ya kakk, gass pokoknya, segi bahasa oke, terus penambahan foto juga udh pas si kak, ga kebanyakan ga sedikit juga, sementara baru baca yg eps 12 si kak, sejauh ini bagusss, kontennya bagus, semoga makin banyak ini readers yg berkunjung ke blog ini aamiin.
    Wahh habis ini pengen bgt ntn yang your name dulu kak, sama yang ferris wheel. Penasaran ternyata yg ferris wheel udh difilmkann, soalnya taunya baru yang your name kak, dan ratingnya tinggi. Mungkin dari aku segitu dulu ya kak, semangat berkaryaaa.

    ig : @natasyawnzzn

  14. Hai kak Hicha dan kak Eya, salam kenal yaa.
    Ternyata saya mainnya kurang jauh nih, rupanya ada juga blogger yang suka ngebahas tentang dorama, huhu ke mana saja diriku selama ini ya πŸ˜…. Oiya saya termasuk yang suka nonton Dorama sejak 1 liter tears tayang tahun 2005 kali ya, karena apa? Karena ada aktor fav saya anak Jyanis (JE Ent.)

    Eeaa..dia fangirlingan rupanya, jadi kalau anak jyanis main dorama udah deh nontonin abis seperti Gokusen, Code Blue, My boss my Hero, Stand up, dll. Makanya sampe sekarang tuh, saya lebih suka dorama yang lucu dan konyol karena emang dorama sana aktingnya keren bingit seperti Gokushufudo dan Daughter Lupin yang bikin saya ketawa hepi sampe jungkir balik πŸ˜€

    Sekarang masih suka iri, kenapa sih dorama gak banyak ditayangin sama drakor, padahal kan kualitas filmnya oke2. Ya udahlah terima nasib, daripada jengkel jadinya nonton pake subtitle inggris aja, wkwk.

    Sejak tau blognya kakak ngebahas dorama jadi punya temen buat ngebahas dorama deh. Oiya sampe lupa menjawab pertanyaannya :

    1. Karena saya baruu aja nemu blog ini, udah bagus banget postingan doramatalk ini, saya jadi tau deh dorama yang belum pernah saya tonton. Sarannya mungkin dikasih info nonton dorama ini ada di saluran atau web mana. Trus juga tiap bahasan ada top dorama gitu hehe

    2. Pretty proof reader sama our dearest sakura saya malah belum nonton, bisa jadi rekomendasi nih. Topik bertemakan pekerjaan memang asyik buat ditonton apalagi tokoh utamanya cewek, girlpower banget!

    3. Akun ig saya : @iidyanie_

  15. Sebelumnya aku mau mengucapkan terima kasih banyak untuk Kak Hicha-Kak Eya-dan Kak Eno yang sudah berbaik hati mengadakan giveaway. Semoga dengan adanya event ini bisa menambah semangat teman2 untuk mengapresiasi ragam bacaan dan dunia perJepangan 😸. Terakhir, aku doain semoga rezeki dan kebaikan terus mengalir dalam kehidupan kk ya, aamiin.

    1. Kritik β€” kayaknya untuk saat ini sih belum ada ya kak, kalau saran dan harapan, aku mau sumbang ide tulisan aja nih untuk ke depannya, hehe. Aku penasaran dari lama dan kepengin tau soal isu / skandal besar yg pernah terjadi di dunia industri hiburan Jepang (aktor, aktris atau sutradara mungkin?) bagaimana kehidupan selebriti Jepang, apakah hampir mirip dengan seleb dari negara asia lainnya? Mungkin bisa disampaikan atau dicurahkan unek-unek kk mengenai hal tsb dalam tulisan baru doramatalk nanti 😁.

    Hmm kalau saran, kalau kk bersedia bisa menambahkan keterangan jumlah episode di setiap dorama yg kk bahas di awal sebelum masuk ke review doramanya kak. Ini untuk memudahkan aja sih sebenenya πŸ˜‰. Soalnya aku sekarang kalo mau nonton drama tergantung jml epsd, kalo kebanyakan suka malesss duluan🀣

    2. Banyak kak, banyakkk. Pokoknya yang bergenre misteri itu pengin aku tonton semuaaa. Dan gara2 kemarin Kak Hicha bahas soal Mystery to lunakare, aku kayaknya mau nonton ini dulu kali ya sebelum menjemput Saiai wkwkk✌️

    ig @hllreka

  16. Halo Kak Hicha! OMG sebagai orang yang sangat sangat awam dengan dorama aku baru tahu kalau Weathering with you sudah ada film dan series-nya. Kendala nonton dorama buatku ada dua, yaitu (1) pada dasarnya memang kurang minat nonton dram-dramaan kecuali yang aktornya suka banget atau dari cerita yang memang aku tertarik banget, dan (2) akses, sih hehehehehe. Jujur saja sebagai orang yang hanya mengandalkan Disney+ dan Netflix, keempat judul yang mba Hicha sebut tadi nggak ada di Disney+ (Netflix belum langganan lagi, lol). Kemudian tentang dorama yang berbayar setelah seminggu tayang perdana, agak berkebalikan ya dengan VIU. Kemarin-kemarin nonton lakorn Thailand di VIU, malah gratisannya setelah episodenya lewat dari tayang perdana.

    Anyway (1) harapan untuk DoramaTalk Kak Hicha dan Kak Eya adalah semoga tetap konsisten karena dari postingan tersebutlah aku mendapat informasi tentang dorama (walaupun kadang suka nggak ngerti aktor-aktornya wkwkwk). (2) Setelah baca tulisan ini jadi pingin nonton serial Weathering with You. (ig uname: winteryspring1912)

    Makasih Kak Hicha dan Kak Eya, dan Kak Eno, untuk giveawaynya. Semoga sukses terus dan sehat selalu. ❀

  17. YUHUUUU SELAMATTT MBA HICHA DAN EYA UNTUK FIRST ANNIVERSARY DORAMATALK! πŸ₯³

    Setujuuuuu sekalii memang dengan adanya konten kolaborasi gini bikin blog nggak kosong-kosong amat, hahahaha. Walaupun aku bukan pembaca setia doramatalk (maklum, anaknya suka roaming sama jepang-jepangan πŸ™ˆ), tapi aku turut bahagia dengan pencapaian kalian, hihi.

    Harapannya untuk Doramatalk semakin konsisten ajah dan kontennya semakin beragam. Tetiba kepingin kasih ide bahas JDrama untuk beginner kayak aku gini, yang kira-kira sekali nonton pasti sukaa. Kayak Midnight Diner kemarin jujur akutu cuma “kemakan” sama tema Japanese food-nya aja, bahahaha. Tapi dramanya kusuka sekali, real aja gitu rasanya.

    Abis ini pengen nonton apaaa… ini ada satu judul drama kayaknya aku pernah nanya Mba Hicha sama Eya, yang I’m Mita Your Housekeeper, sampai sekarang duduk manis aja di daftar tontonan Netflix tapi belum disentuh juga 🀣 Semoga abis ini bisa ada mood nonton hihi.

    SEMANGAT YAA KALIANNN. Congrats once again!! ❀πŸ₯°

  18. Selamat ya kak Doramatalk sudah setahun!! πŸŽ‰πŸŽ‰πŸŽ‰ Ga kerasaaa ya.. Semoga terus berlanjut dengan konsisten ya kak hehe

    Aku setuju banget nih harapan soal AKSES!! Sejauh ini sulit banget dah buat bisa nonton dorama. Beda sama K-drama yang gampang bingit diaksesnya. Semoga aja Jepang lebih mau mengglobal ya kak hehe

    Aduh itu hadiah GA-nya bikin mupeng!!!
    Ikut meramaikan ya kak.
    1. Semoga selalu konsisten terus dengan doramatalknya ya kak Hicha dan kak Eya! Aku selalu kepoin bagian ini nih kalo lagi cari rekomendasi dorama hihi
    2. Tentu saja ada! Malah selalu tertarik untuk nonton setelah baca doramatalk kalian hehe Contohnya Radiation House, Tengoku to Jigoku, dan Police in a Pod. Hehe

  19. Selamat untuk setahun DoramatalkπŸ₯³πŸŽ‰ aku ikut bangga karena kakak bisa konsisten hingga berhasil sampai setahun Doramatalk🀩 Ikut senang karena mau berbagi (giveaway) atas rasa syukur sudah mencapai satu tahun. Semoga bisa terus berkembang yaa! Buku nya bagus semua, apalagi itu wishlist aku hehe, semoga bisa jadi salah satu pemenang nihh jadi buku idaman bisa pulang ke rumah❀️ langsung ikutan jawab aja deh hehe

    β€” (1) Sebenarnya aku baru tau blog kakak-kakak yang mereview Dorama, menurut aku pribadi bagus, seru dibaca.. untuk harapannya semoga semakin konsisten dan semakin semangat nulisnya, semoga akunnya semakin dikenal banyak orang, semakin berkembang, semakin bermanfaat dan bikin orang semakin tertarik untuk nonton berbagai jenis/macam genre Dorama.

    Kemudian untuk kritik/saran nya mungkin Dorama diberikan rating menurut pribadi kak, tapi kalau enggak pakai rating bisa diberikan kekurangan dan kelebihan dari Dorama itu kak jadi orang yang ingin menonton bisa semakin penasaran sama Dorama nya hehe..

    β€” (2) Aku pribadi setelah baca postingan Doramatalk jadi tertarik nonton Dorama yang bertemakan misteri-thriller. Karena aku selalu mencari plot twist yang bikin kepikiran dan beneran twist gitu kak, kan semakin seru ya nonton nya hehe (dibawa tegang). Aku juga sama kayak kakak, saat nonton sebuah film ataupun series biasanya kalau ada quotes dicatat.. apalagi kalau relate sama kehidupan, dan kata2 penyemangat gituπŸ˜‚

    nama akun instagramku : @zahrnnq , bisa di cek ya kak thank you!

  20. Halo, Kak. Selamat siang menjelang sore. Sebelumnya perkenalkan, aku dari akun instagram @bacaduludoong izin untuk ikut giveaway-nya, hihi.

    Jujur aku baru pertama kali mampir ke blog ‘kebucinan’ kakak sama dorama Jepang. Tapi, setelah baca postingan ini sampai akhir, aku jadi tertarik buat nonton dorama (karena selama ini terbatas di anime saja) terlebih yang bertemakan keluarga. Pingin membuktikan sendiri bagaimana keluarga di sana ‘deep talk’ karena keluargaku pribadi gak pernah melakukan itu. Di penelitian tugas akhirku pun sama, makanya tertarik banget selepas baca review dari kakak.

    Ketika kakak bilang bahwa dorama ini gak bertele-tele aku jadi kepikiran drakor yang selama ini aku tonton, sering banget buang-buang waktu gitu, jadi tambah penasaran. Apalagi aku suka dialog bermakna, karena biasanya bisa membekas lama (eh, ini bukan untuk menjatuhkan, ya, karena aku juga suka drakor!!)

    Untuk kritik, sejauh saya membaca dari awal tau blog kakak dari poster, bagus banget sih, pembawaannya enjoy jadi aku gak menemukan hal yang tidak menyenangkan untuk diperbaiki. Sarannya, semoga tetap mempertahankan gaya penulisan kakak yang ngalir ini.

    Terakhir, aku berharap semoga selalu berlimpah ide untuk menulis postingan. Semoga semakin semangat dalam meracuni kaum awam seperti aku untuk bucin dorama Jepang. Semoga bertahan di tahun-tahun selanjutnya. Dan yang paling penting, semoga akses dorama lebih banyak lagi biar harapan-harapan sebelumnya tercapai, hehe. Aamiin. Happy Anniversary!!

    1. Halo Kak Hicha & Kak Eya salam kenal😊, sebelumnya terimakasih buat giveawaynya juga ke Kak Eno semoga rejeki kakak-kakak dilancarkan selalu🌻

      Aku tahu blog Kak Hicha & Kak Eya karena poster giveaway, sebelum ikut giveaway aku sempatkan buat baca-baca blog kakak-kakak khususnya topik dorama, dan aku mau bilang dulu:
      -AAAA HIDDEN GEM BLOG KAK HIYA & KAK ECHA HALOOOO AKU UDAH LAMA HIATUS NONTON DORAMA😭 DAN BLOG KAKAK SATISFY SEKALIGUS BIKIN NOSTALGIA DORAMA” YANG AKU PERNAH TONTON😩
      dulu aku suka baca blog orang soal rekomendasi tapi makin laju waktu makin minoritas reviewer dorama jadi dulu sebelum nonton dorama coba cari di blog orang eh banyak topik yang menarik diangkat di dorama;
      -Baca blog kalian berhasil membuatku menyesal, kenapa?harusnya dulu aku buat blog sebagai jejak arsip dorama” yang aku tonton jadi kalo aku kangen masa” sekolah atau pengen rewatch bisa lihat bagaimana proses kesukaanku pada dorama dan genre dorama mana aja yang sudah aku ikuti juga genre mana yang belum yang buat aku penasaran pengen coba, karena aku masih suka insecure, padahal baca blog Kak Hicha & Kak Eya bener” reminder kalo setiap orang memiliki kesempatan dan gaya berceritanya masing” dalam mereview suatu hal

      Aku suka gaya bercerita Kak Hicha, easy untuk dipahami, dari kutipan tokoh yang disematkan, penjelasan kenapa dorama A disukai yang B tidak disukai dari alur, akting tokoh, reviewnya interaktif seperti diberi judul Dorama yang Berpengaruh Pada Hidup ini jadi bikin kalo yang suka menonton dorama bukan karena fangirling atau fanboy sama tokoh di dorama tapi ada saja life lesson yang relate bisa dipetik juga menonton dorama ga buang” waktu misal kita jadi orang yang berempati karena bisa paham sifat” & pemikiran orang, 30 Questions Dorama Tag ini seruuu jadi tahu sisi” info dorama itu gimana buat orang awam yang baru mau coba dorama , Dorama tentang Perempuan ada isu” sosial jadi pembaca merasa dekat karena ada di kenyataan sekaligus bikin penasaran terhadap dorama tersebut

      Saran ku untuk blog Kak Hicha khususnya post” doramatalk:
      -Sebenarnya dorama” yang direview sudah mencakup hampir semua topik ya Kak dari pekerjaan, perempuan, sekolah, cuma kalo boleh Kak tolong tambahin review dorama yang fokusnya memperlihatkan mengangkat budaya Jepang misalnya Kabuki termasuk iconic budaya Jepang, aku pernah nonton dorama Pin to Kona aku nonton dorama ini karena kepincut Yuta Tamamori di dorama Ikemen Desu Ne remake dari drakor He’s Beautiful astaga kocak banget dorama ini😭 bisa bikin ngakak salto😩 gemes Yuta disini terus aku banyak ngobrol ke temenku yang pecinta dorama akhirnya dia rekom Pin to Kona, pas nonton puas sekali melihat sisi Yuta Tamamori yang tidak diperlihatkan di dorama He’s Beautiful Passion dia ikut Kabuki juga serius (hormat) menyikapi budaya Jepang bener” deserved applause disini bagus sekali aktingnyaπŸ˜©πŸ‘Œ kalo Kak Hicha tertarik nih nonton dorama Pin to Kona boleh di reviewnya tambahin sebagai orang Indonesia melihat budaya luar ditampilkan dalam bentuk dorama:…………. terus boleh kasih contoh budaya Indonesia yang iconic seperti Kabuki menurutku menarik Kak boleh sertakan funfactnya;
      -Oh ya buat bahas dorama lain boleh juga nih Kak tambahin funfact” biar tambah bikin penasaran pembaca blog hehe;
      -Sama tambahin review Dorama fokusnya topik mental health Kak sekarang lagi ramai dibahas apalagi pandemi gini bikin kewarasan orang makin diuji kalo bahas ini aku yakin orang bisa kepo apalagi fakta di Jepang tidak jarang orang melakukan suicide, orang” bisa paham melalui dorama pemikiran orang” Jepang, aku belum pernah nonton yang fokusnya ke mental health cuma pernahnya bukan bipolar sih lebih ke si cewek insecure judul dorama Switch Girl kocak sekali pemikiran sama tingkah laku cewek ada” saja ini dorama sekolah cowoknya yg main Renn Kiriyama😭 cowoknya juga ada switch penampilan jadi mereka berdua kebalik switch penampilannya kalo di sekolah kek si culun sama si queen bee gitu rocom emang refreshing dan Mariya Nishiuci on point lawaknya πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†
      sama disabilitas misal autisme kayak dorama Good Doctor menurutku disitu bagus Yamazaki Kento akting sebagai dokter yang memiliki autisme;
      -Kalo boleh nih Kak menambahkan label trigger warning alasannya apa kenapa dorama X ada trigger warning entah karena perilaku tokoh, keadaan pengalaman tokoh lalui di dorama juga info Kak pas buat siapa saja nonton rating filmnya kadang ga disebut detail Kak di infonya dibilang rocom iya tapi bisa aja umur yang nonton harusnya adult belum bisa anak di bawah umur

      Gara” Blog Kak Hicha ada dorama yang jadinya berhak masuk ke daftar to be watch tadinya aku masih maju mundur karena kangen Hana Yori Dango vibe tapi males mau nonton ulang polanya, Kak Hicha bilang Hana Nochi Hare beda sama Hana Yori Dango karena mereka ada alasan yang berbeda sama generasi F4 sebelumnya tidak hanya iseng, aku jadi ingin tahu alasan kuat mereka seperti apa sih apakah di aku betul masuk akal makin kesini aku mungkin karena umur aku makin nolak tegas cowok yang kek Domyouji ngeselin soalnya wkwk bener” toxic caranya😌 tapi karena Jun Matsumoto aku pengen lihat waktu dulu nonton wkwk

      Tbh, paket no 1 & no 2 aku udah punya Kak hehe, aku ikut siapa tahu beruntung dapet yang no 3 karena aku suka J-Lit menarik isu” yang diselipkan😁

      Panjang ternyata komentarku gomenπŸ™πŸ™ˆ

      Pokoknya aku senang bisa bertemu blognya Kak Hicha semoga sehat selalu supaya bisa ngonten disini dan menebar racun virus doramaπŸ˜πŸ˜†

      Akun Instagramku: @/bethreads

  21. Halo kak Hicha dan Kak Eya, salam kenal ya. Terima kasih sudah mengadakan giveaway ini bersama dengan Kak Eno sehingga aku bisa menemukan blog kalian berdua😊 Aku mulai dari saran dulu ya kak. Maaf kalau mungkin jadinya nanti banyak πŸ˜…
    – Pertama, untuk setiap dorama yang kakak sarankan mungkin bisa disematkan video trailernya ya kak supaya aku punya gambaran juga selain dari membaca ulasan berupa tulisan. Juga bisa dituliskan detail doramanya seperti genre dan jumlah episode.
    – Kedua, mungkin bisa nih kak buat Doramatalk dengan tema dorama yang menurut kalian cocok sebagai awalan bagi yang belum pernah nonton dorama karena sepertinya masih banyak yang kurang familiar dengan dorama (termasuk aku baru sedikit nontonnya πŸ˜…)
    – Ketiga, mungkin bisa kasih rating kak untuk dorama yang kakak ceritakan (misal ratingnya 4 dari 5 menurut kakak) dan alasan kakak kasih rating tersebut. Karena kalau aku pribadi suka lihat rating dari review yang aku baca. Lebih memudahkan saja untuk melihat apakah nanti doramanya sesuai dengan selera aku atau tidak. Apalagi kalau sudah paham sama selera reviewernya, jadi bisa menentukan mana dorama yang diprioritaskan untuk ditonton.
    – Keempat, di setiap ulasan kalau memungkinkan bisa disematkan link atau platform mana saja kita bisa menontonnya ya kak karena jujur aku kesulitan menonton dorama karena aksesnya lebih sulit dibandingkan anime. Sekarang anime sudah ada chanel youtube legalnya tapi dorama belumπŸ₯Ί (atau aku yang mungkin belum tahuπŸ˜…)


    Untuk kritik sejauh ini belum ada ya kak setelah aku baca dari ep 1. Malah aku menikmati sekali untuk baca Doramatalknya karena berasa lagi dengerin teman yang lagi cerita dorama kesukaannya. Ga sadar tiba-tiba sudah sampai di ep 12😁 Aku suka banget sama cara kak Hicha sesekali menyematkan gif dan tangkapan layar berisi quote keren di Doramatalknya. Saran aku pertahankan ya kak gif dan gambar-gambarnya😁


    Harapannya semoga makin banyak pembaca di luar sana yang tertarik untuk membaca blog kalian berdua sehingga banyak yang teracuni untuk nonton dorama. Karena aku pribadi merasa masih sedikit yang familiar dengan dorama dibandingkan Kdrama (padahal dorama keren juga). Semoga kakak-kakak tetap semangat dan konsisten dalam menjalankan Doramatalk ini. Sehat dan sukses selalu yaa😍


    Setelah baca Doramatalk kalian, aku mau nyoba nonton Sweet Tooth Salaryman yang kak Hicha saranin😍 Dari penjelasan di doramatalk ep 1 di blog kak Eya, sangat tergambarkan kalau dorama ini pasti lucu karena ekspresi tokohnyaπŸ˜„ Karena aku suka nonton anime, menurutku dorama ini bisa menjadi awalan aku untuk mencoba dorama karena ekspresi tokohnya itu yang buat aku rasanya seperti nonton anime. Menurutku tidak mudah untuk berakting dengan ekspresi unik (kalau anime kan mungkin lebih mudah karena digambar tapi ini manusia yang asli πŸ˜…). Dan mungkin aku akan re-watch lagi dorama yang sudah aku tonton yaitu ikemen paradise dan itazura na kiss 😍


    Terakhir, Selamat ya untuk 1 tahun Doramatalknya. Pasti tidak mudah yaa untuk konsisten melakukan sesuatu, jadi semangaatt yaa kakak-kakak. Terima kasih yaa sudah membuat Doramatalk ini dan meracuni diriku untuk menonton lebih banyak dorama😊 Untuk IG aku @ersaindriani_19

  22. Wahhhh udahh rameee 😊😊😊😊
    Btw Happy Anniv buat setahun DoramaTalknya Mba Hicha Mba Eya. Sumprittt.. setahun tuh waktu yg lama tapi kok yaa berasa kaya sekelebat aja gtu.. wkkw πŸ€£πŸ€£πŸ˜‚πŸ˜‚ terimakasih buat Setahun yg banyak ngerekomenin film2 dorama.. ya meskipun nggak bisa ngebantu banyakk tapiii buatku udah lebih dari cukupp.. πŸ˜†
    Maaciww yaaa ❀

    Aku izin ikutaann yaa.. 😊

    1. Saran dan Kritik yaaa… aku pas baca udah kpikiran buat sesekali bahas anime gtu.. wkwk 🀣 ehh pas baca Komen ternyata Lia udah kasih saran.. wkwk 🀣🀣 overall sih. Semua udah buaguuuss mba.. penyampaian, review kemasnya udah cakep dan nggak bkin bosen.. makin penasaran iyahh meskipun nyari di internet musti agak kedalem2.. wkkw 🀣🀣

    2. Aku Dorama sebenrnya jarang nnton. Tapi aku ingat series yg aku tontonn hasil dari baca dorama kalian itu series Kantaro apa kintaro ya.. πŸ€”πŸ˜ sumpahh itu best bangett sih πŸ˜… abis itu Alice in borderland.. btw, dari sensei aku juga dpet rekomendasi ttg film jepang Voices in the Wind.. Mba Hicha udah nonton?? Ini asli sedihhhh bangetttt.. Tipikal film jepang yg selalu berhasil menyayat2 hati.. 😭😭 bahkan serial yg dibilang Kartun sama mereka itu juga banyakk yg bkin mikir sama terisak😊..

    Sekali lagi terimakasihhh Mba Hicchaaa, Mba Eya, Mba Enooo.. semoga Tuhan membalas segala kebaikan kaliann.. Ciaoo πŸ€—

    Ig : @Sibayukun

  23. Seruu setelah baca reviewnya, aku pernah nonton film Jepang deh, tapi lupa lagi judulnya hihi soalnya aku malah ngira itu film korea wajah wajahnya agak mirip jadi buat aku yg jarang nonton film jepang pas agak susah bedain nyah hihi. happy anniversary doramatalk, semoga bisa ditonton secara luas ya buat para perintahnya yg penontonnya ada diluar negeri.

    aku mau paket 1, insyaallah semoga… soalnya
    suka banget nonton animenya tapi belum pernah baca buku serial jepang kek gitu, belum pernah baca bukunya karena belum punya hihi.

    1. saran dan kritik : aku mau dong direqomendasiin film jepang lainnya juga kakak, yang bisa ditonton remaja hihi aku kayaknya masih belum kenalan sama film film jepang, tapi kalo anime insyaallah aku uda jadi calon wibu (kata teman-temanku). kritiknya doramatalk semoga jadi film jepang yg menginspirasi dan filmnya mengandung real life semoga aja dengan begitu bisa membantu banyak orng mengambil banyak hikmah dan pembelajaran saat nonton nyahh

    3. jujurly kayaknya aku setelah baca ini tertarik buat nontonnya hihi setelah terlalu sering nonton animenya, insyaallah kapan kapan mau nonton juga yaaa tentunya yang genrenya sesuai dengan umurkkuβ™‘

  24. Seruu setelah baca reviewnya, aku pernah nonton film Jepang deh, tapi lupa lagi judulnya hihi soalnya aku malah ngira itu film korea wajah wajahnya agak mirip jadi buat aku yg jarang nonton film jepang pas agak susah bedain nyah hihi. happy anniversary doramatalk, semoga bisa ditonton secara luas ya buat para pecintanyaa yg jadi penonton diluar negeri.

    aku mau paket 1, insyaallah semoga… soalnya
    suka banget nonton animenya tapi belum pernah baca buku serial jepang kek gitu, belum pernah baca bukunya karena belum punya hihi.

    1. saran dan kritik : aku mau dong direqomendasiin film jepang lainnya juga kakak, yang bisa ditonton remaja hihi aku kayaknya masih belum kenalan sama film film jepang, tapi kalo anime insyaallah aku uda jadi calon wibu (kata teman-temanku). kritiknya doramatalk semoga jadi film jepang yg menginspirasi dan filmnya mengandung real life semoga aja dengan begitu bisa membantu banyak orng mengambil banyak hikmah dan pembelajaran saat nonton nyahh

    3. jujurly kayaknya aku setelah baca ini tertarik buat nontonnya hihi setelah terlalu sering nonton animenya, insyaallah kapan kapan mau nonton juga yaaa tentunya yang genrenya sesuai dengan umurkkuβ™‘

  25. 1. Kritik, saran, dan harapan untuk doramatalk kedepannya.

    – Kritik dan saran, maaf ya kak. Saya sebenarnya sudah sangat suka cara kakak meriviewnya. Soalnya keliatan apa adanya dan jujur kayak denger teman yang antusias nyeritain film kesukaannya dan itu mengasyikan bgt. Dan itu udah trmasuk ciri khas yang nggak boleh di ilangan. Cuma karena mungkin namanya juga dorama, bahasannya juga tentang dorama, ya. Tapi kalau boleh saran, baiknya kalo cakupannya lebih luas lagi kak. Jadi kakak nambahin review j-movie dan anime. Supaya lebih bervariasi. Dan makin mengaet hati banyak orang.

    -Harapannya. Pastinya semoga blog ini makin dikenal banyak orang! Dan ciri khas kakak dalam mereview tidak hilang. Tetap mengasyikan jujur, blak-blakan, dan apa adanya. Dan ya aku pengen baget dorama dan jmovie gampang aksesnya seperti yang kakak bilang tadi. Soalnya setiap mau nntn film dari Jepang gtu susah bgt. Bingung mau nntn legal dimana. Bahkan terkadang ilegalnya juga susah nemu. Heheh maafkan ino kalo idah mode khilaf dan frustasi. πŸ˜€ .Mungkin karena film Jepang masih underate di indo ya jadi begitu.
    INTINYA HARAPAN SAYA SEMOGA SUKSES SELALU DAN MAKIN MAKIN MAKIN BANYAK MEREVIEW FILM FILM JEPANG YANG KEREN!!!

    2. Dorama Jepang yang sedang di tonton atau yang mau ditonton.

    -sebenarnya saya lebih sering nntn jmovie. Karena jmovie lebih mudah akses legalnya. Dorama juga sudah ada sih akses legalnya tapi cuma beberapa yang buat saya tertarik, sedangkan kebanyakannya list dorama yang pengen saya tonton nggak ada di situs legal.

    Untuk saat ini saya belum nntn dorama lagi karena baru selesai UTBK. Hehe. Fokus belajar dan sekarang sedang masa mendinginkan mata dan otak hehe. Tapi saya sekarang sedang menunggu banget alice in borderland 2. Tidak sabar bertemu my lovely nijiro. Hehe. Dan tentu saja mas kento rajanya live action hehe.

    -Kalo yang udah ditonton/tertarik nntn karena blog doramatalk ini ada sih beberapa. Kayak switched yang tukar tubuh saya udah nntn sebelum ada nyempil di review kakak. Nyempil ya, kak. Soalnya nggak kakak review kalo boleh review dong, kak. Soalnya saya jatuh cinta sama kaga. Tulus bgt. Eh dari movie drawing love jg saya udah jatih Cinta sama tokoh yang dia peranin jadi pas di switched jadi tokoh yang tulus bgt ya saya jadi kelepk klepek. Trs sama one litre of tears. Tpi yang ini saya nntn versi movienya. Soalnya yang doramanya susah bgt nemunya. Padahal udah kepo abis karena efek filmnya bisa se wowww itu di kakak. Dan aku yang tipe orang yang suka film film yang menyentuh hati:D

    Dan yang pengen aku tonton sekarang maksudnya sedang ngantri di list film wkwkw. Nobuta wo Produce. Saiai,
    nen A-gumi (Mr. Hiiragi’s Homeroom), dan Limit. Stok tontonan saya menumpukkkkkk!!!

    DAN OH IYA KAKKAK AKU TERIAK PAS GIVEAWAYNYA NOVEL-NOVEL YANG AKU SUKA!!!!! 😭😭😭😭

    Aku udah nntn dua anime itu dan saya suka bgt apalagi yang your name. Plot twistnya bikin saya bengong dan sakit hati. Saya pecinta anime movie, sih. Apalgi ghibli heheh.
    TRS OMG KAKAK CONFESSION. Itu film kesukaanku sampai sekarang!!!! Filmiti masterpiece huhuhu. Aku nggak bisa jelasin gimana aku jatuh Cinta sama film itu. Karena saking sukanya. Soalnya film itu dari alurnya menghipnotis bgt, ngalir gtu aja dan tau tau udah beres dan kita dibuat terdiam dalam artian terpukau dan speechless. Dan dari film itu juga aku kek ngerti bahwa manusia itu emang seabu-abu itu. Nonton film itu kita nggak bisa nyebut mana yang jahat anda yang baik karena semua tokohnya itu abu-abu semua. Nggak ada yang pure baik ataupun jahat. Karena semuanyankek punya alasan tersendiri dan sisi jahat tersendiri. Pokonya aku sejatuh cinta itu sama confession!!! Dan berharap bisa peluk bukunya huhuhu. 😭😭😭😭❀️❀️❀️❀️❀️

    SUKSES SELALU KAKAK!!!

    Ig: @tmrt32

  26. Hallo ka Hicha dan Ka Eya, Selamat atas setahun Dorama Talknya, Semoga kedepanya makin sering updet dan makin banyak pula peminat dorama di luar sana,,,, Semangat terus berkarya kaa… – Love

    untuk ka hicha aku ada beberapa masukan nih, πŸ™‚ , minta tolong pas di daftar rekomendasi film dibagian bawah judul langsung dikasih poster film ka, karna biasanya poster film juga sangat memikat pembaca blog sebelum membaca sinopsis atau ringkasanya… biasanya aku seperti itu juga ka, tertarik karna melihat posternya hehehehe….. untuk yang lainya aku rasa sudah bagus… cukup lengkap dan dapat memberikan gambaran, owh iya bisa juga ada ulasan rating dari ka hicha, biar kita lebih tertarik buat nonton dorama rekomendasi ka hicha…

    setelah sekilas membaca, dan melihat lihat tulisan ka hicha,, aku jadi ingin menonton dorama berjudul Mirae e no count, sepertinya sangat bagus dan banyak memberikan pelajaran hidup… thx ka hicha, ka eya dan ka eno sudah mengadakan giveaway ini, sukses selalu untuk karya kryanya, semangat terus dan semoga kebaikan selalu menyertai kalian… – love (Mohon maaf jika ada beberapa kata yang kurang berkenan ya kaa…. (Ig ; @Lsa_______na)

  27. Hai kak Hicha selamat untuk satu tahun blog doramatalk nyaa. Aku belum lama nemu blog ini dan langsung sukaaβ™‘

    Terima kasih juga untuk kak Eno, Kak Eya, dan kak Hicha udah bikin giveaway yang menarik ini.

    Untuk kritiknya dan sarannya… sepertinya tidak ada. Reviewnya kakak udah bagus banget. Aku suka cara kakak menyampaikan film-filmnya. Terkesan asik gitu dan membuatku terdorong untuk nonton film yang kakak rekomendasikan.

    Harapanku untuk blog doramatalk ke depannya, semoga blog kakak ini banyak dikenal orang dan semoga doramatalk terus berlanjut sampai beratus-ratus episode. Oh, ya, kak, banyakin review drama-drama bertema keluarga juga. Aku suka banget nonton drama-drama Jepang dengan tema keluarga.

    Salah satu drama yang aku tonton karena baca review kakak, ‘Tsuma Shogakusei Ni Naru’. Ternyata seru banget dramanyaaa. Sampai bikin aku berkaca-kaca. Terus, rencana selanjutnya mau nonton, ‘Tonbi’. Dari reviewnya kakak, sepertinya filmnya ini seru banget. Jadi nggak sabar mau nonton, deh.
    Oke, kak, segini saja jawaban dari pertanyaannya. Semoga Kak Hicha, Kak Eno, dan Kak Eya sukses selalu yaaβ™‘
    (Ig : @moshiroses_)

  28. 1. Menurutku postingan kakak sudah bagus banget. Jelas banget juga. Aku yang nggak tahu dan belum pernah nonton dorama, jadi tahu berkat postingan kakak. Aku selama ini tahunya tuh drakor aja. Dan aku memang belum pernah sama sekali nonton dorama. Aku jati pengin nonton deh setelah ini.

    2. Aku tertarik banget nonton dorama misteri/kriminal/thriller. Karena aku selalu tertarik sama novel tema ini dan film maupun drakor tema ini sih. Jadi aku beneran tertarik banget mau nonton dorama misteri/kriminal/thriller ini.

    ID Instagram: @kyaminnie

  29. Hai mbak hicha…sebagai orang yang blum pernah nonton dorama boleh ikutan komen khan…? (Iyaa, seingatku belum pernah nonton dorama). Aku jga jarang banget nonton drakor. Jarang nonton series. Wlpn saat ini lagi nonton series genius. Dokumenternya albert enstein. Kalau anime sering nonton lah.

    Pertama-tama selamat dulu buat doramatalk-nya. Ga berasa udah satu tahun. Berarti produk hasil covid19…wkwkkwwk

    1. Kalau saran-harapanku sih dorama lebih dikenalkan lagi. Khususnya oleh penggemarnya. Agar orang awam (seperti aku) jadi tahu bahwa jepang jga memiliki drama yg layak ditonton. Kalau bisa disertakan info gimana cara atau dimana bisa nonton dorama tersebut. Kemudian berharap pemerintah jepang juga ikut mempromosikan doramanya. Masa kalah dengan korsel yang promonya gila-gilaan. Aku sih percaya kalau kualitas dorama tidak kalah dengan drakor. Seperti alur cerita, penokohan, latar, dll.

    2. Aku belum tahu bakal nonton atau ga. Tapi ulasan dorama di blog mbak hicha dan eya sangat membantu dan informatif tentang dorama yang ditulis. Yaa seperti tadi info tentang gimana cara dan dimana nonton dorama jangan lupa diinfokan. Tentu saja hal itu sangat membantu kami.

    Sekali lagi selamat ulang tahun untuk dorama-nya. Ayo semangat untuk menuju tahun kedua.
    Ayo mbak hicha \(^0^)/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s