Posted in Experience, MindTalk

Melawan Overthinking Sebelum Tidur

Terlahir sebagai manusia, sudah sewajarnya kita berpikir. Toh, berpikir itu bisa dibilang bentuk menyukuri nikmat akal yang sudah diberikan. Kemampuan manusia berpikir juga lah yang membuat dunia semakin berkembang.

Terlepas dari pro-kontra dari perkembangan tersebut, harus kita akui bahwa buah pikir seseorang lah yang dirasakan dan bermanfaat bagi orang lain. Mulai dari Isaac Newton dengan Teori Mekanika Klasiknya yang jadi fondasi perkembangan alat transportasi, alat ukur, mesin-mesin penggerak dan pembangkit listrik, juga pembangunan gedung dan jembatan; sampai Einstein dan Hawking dengan Teori Relativitas dan pengembangannya dalam mekanika kuantum dan astrofisika.

Wow… berat, ya! Wkwkwk

Sejujurnya, saya selalu kagum dengan para ilmuwan tersebut. Itu otaknya terbuat dari apa sih, sampai bisa memikirkan hal yang kompleks yang belum terpikirkan oleh orang awam sebelumnya?

Kadang malu sendiri sama diri ini yang mikirnya masih di level “hari ini enaknya makan apa, ya?” atau “ntar makan malem sambil nonton apa, ya?” atau “besok di kantor makan siangnya apa, ya?” *makan terosss yang dipikirin* atau malah cuma “kenapa muka manusia itu jarang yang simetris?” atau “kenapa ada orang yang bulu kakinya tipis, tapi ada pula yang lebat banget padahal rambut di kepalanya bisa dibilang tidak ada?” Sungguh ‘penting’kan pikiran akutu… 🙈🙈🙈

Meskipun pikiran saya seringnya tentang hal-hal yang receh, tapi kok ya kadang bisa sampe over dan malah kebablasan begadang? Heuheu. Masih mending mah kalau begadang terus hasilnya bermanfaat untuk sesama atau ilmu pengetahuan seperti para fisikawan tersebut. Lah, ini? Yang ada besoknya malah cranky, terus ke orang lain jadi ape-lo-gw-ngantuk-nih-awas-lo-senggol-bacok gara-gara kurang tidur. Hueee…

Memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk di antaranya overthinking alias berlebihan dalam berpikir, kan yaa? *iyain aja biar cepet 🤪*

Maka dari itu, saya memutuskan untuk ‘melawan’ berpikir yang over alias overthinking. Terutama untuk kasus overthinking sebelum tidur, demi kemaslahatan orang sekitar keesokan harinya… hehehe.

Beberapa hal yang pernah saya coba dalam upaya melawan overthinking:

  • Menjauhi kafein

Udahlah ini kayaknya tahap pertama dan paling utama kalau mau tidur dengan nyenyak. Kayaknya kalau udah kena kafein tuh, jangankan pas lagi ada pikiran, lagi nggak ada pikiran aja bisa-bisanya bikin overthinking, terus jadinya nggak tidur-tidur.

Seperti beberapa hari yang lalu, saya sebenarnya sudah ngantuk sekali karena tidur jam 1 di malam sebelumnya, tapi bangun subuh seperti biasa dan nggak tidur lagi, karena ngerjain ini-itu plus lanjut berangkat kerja.

Sampai siang pun entah kenapa saya nggak ngantuk. Mungkin karena pas ada kerjaan yang membutuhkan konsentrasi. Sorenya baru lah mata mulai kriyep-kriyep. Untungnya bisa pulang on-time dan sudah diniatkan, sampai rumah langsung mandi, shalat, dan tidur.

Kenyataannya, badan dan mata sudah lima watt, tapi otak kayak ngomong terus ngalor-ngidul sendiri. Ngomongnya berisik banget saling sahut-menyahut, kayak ada dua saya di otak saya. Mana yang diomongin nggak penting lagi. Saking nggak pentingnya, saya lupa si dua saya itu ngomongin apa. 🤦‍♀️

Terus setelah saya ingat-ingat, ternyata karena kemarinnya saya iseng-iseng nyobain americano-nya KopKen. Lah yang latte aja saya cenderung nggak bisa minum, kok ini malah espresso. Nggak pake gula pula! Tentu saja hanya berakhir dua teguk, terus saya simpan di kulkas kantor.

Keesokan harinya, yaitu di hari saya nggak bisa tidur itu, si kopi saya kasih gula dan minum dikit-dikit pas makan siang. Alhamdulillah ya bisa dihabisin juga. Tapi ternyata efek kafeinnya sampai tengah malam, dong…

Baiklah, pokoknya kalau mau bisa tidur jangan pernah minum espresso kurang dari 12 jam sebelum tidur. Huhuhu.

  • Merilekskan diri

Kalau ini masing-masing orang bisa berbeda. Ada yang dengan meditasi, menggunakan aroma oil, atau minum teh chamomile. Kalau saya sendiri dengan mandi air hangat sebelum tidur.

Iya nih, mungkin karena pengaruh lingkungan saat di Jepang. Dari yang awalnya mandi dua kali sehari, pagi dan sore, jadi mandi sebelum tidur dan pagi hari yang kadang-kadang bolos 😝.

Kalau sudah mandi tuh, rasanya badan lebih rileks, tidur pun jadi lebih mudah.

  • Merencanakan pikiran, memikirkan rencana

Lah? Mau mikir aja kok direncanakan? Hahahaha.

Nah, ini kalau udah kadung kepikiran pas sebelum tidur. Biar nggak kebablasan, saya biasanya memilih untuk memikirkan rencana keesokan harinya. Iya, cuma buat besok. Soalnya kalau lebih panjang dari besok, terlalu banyak yang harus dipikirin, malah nggak bisa tidur ntar. 👻

Biasanya saya memikirkan besok pagi, bangun, terus mau melakukan A, B, C, D. Setelah itu ada perasaan puas dan content karena merasa sudah accomplished suatu pikiran. Jadi bisa lebih tenang, badan pun lebih rileks dan mudah mengantuk.  

  • Memberi Batasan

Seperti tentang memikirkan rencana di atas, sebisa mungkin agar tidak overthinking yang menyebabkan susah tidur, saya berusaha memberi batasan pada pikiran sendiri. Batasannya sebenarnya simple, yaitu jangan pernah memikirkan sesuatu yang berada di luar kendali kita. Misalnya, cuaca besok atau reaksi orang lain pada sesuatu yang belum terjadi. Karena ya, ngapain juga atuh dipikirin?

Tapi memang butuh latihan sih ini… terutama untuk orang yang nggak enakan, pasti kepikiran dengan apa yang orang lain pikirkan tentangnya. Kalau saya mantranya “what other people think of me is none of my business if it is still in their mind”. Kalau sudah diungkapkan pun, tergantung cara penyampaian dan isi yang disampaikan. Kalau menurut saya itu tidak logis, tidak realistis, menyalahi hak saya sebagai manusia. Ya mohon maaf, sorry not sorry akutuh… 🤪🤪

Bagi orang yang nggak cuek memang terlihat sulit. Tidak apa-apa, pelan-pelan saja. ingat, sayangi lah dirimu 😊

Kurang lebih begitu lah usaha-usaha yang bisa dilakukan untuk melawan overthinking sebelum tidur.

Sebenarnya, dulu-dulu saya kalau susah tidur karena belum ngantuk, biasanya ‘mengantukkan’ diri dengan baca buku kalkulus, tapi sekarang-sekarang ini takutnya malah penasaran terus nggak tidur-tidur, deh… 🙈

Satu lagi, mengosongkan pikiran juga kayaknya termasuk usaha melawan overthinking sebelum tidur, ya… Tapi, saya masih bingung dengan gimana caranya mengosongkan pikiran. Dengan meditasi kah? Atau dengan bengong gitu kali, ya?

Pengalaman sampai saat ini tuh, kalau bengong dan (tampak) tidak memikirkan apa-apa biasanya kalau nggak berakhir tanpa sadar ketiduran ya malah tiba-tiba mikirin yang lain, dan akhirnya mulai lagi deh overthinking-nya… 🤣

Author:

To many special things to talk about... =p

26 thoughts on “Melawan Overthinking Sebelum Tidur

  1. Kafein itu, EMG parah sih efeknya :p. Tp aku kalo kopi sachet doang sih ga mempan mba, kecuali Nescafe yaaa. Aku hrs espresso baru bisa melek semaleman :D. Sialnya waktu itu pernah minum espresso pas siang di kantor Ampe 2 Shots, trs malamnya sukseeeeees ga bisa tidur Ampe pagi wkwkwkwkwk. Kapoook aku.

    Overthinking aku prnhlah , trutama saat sedang ada masalah. Tp sbnrnya ga sering kok. Apalagi sejak udh resign, overthinking kayaknya ga prnh lagi aku Alamin. Mungkin pikiran udah damai ga hrs mikir kerjaan kantor hahahahah

    1. Dulu2 pernah nyoba sachetan aku malah ngantuk lho mba… 🤣
      2 shots tuh ga jadi pahit banget ya mba? Espresso versi satu shot aja aku ngabisinnya PR bangett hahaha

      Berarti sebenarnya overthinking tu karena emang ada yg mesti dipikirin ya mba… kalau kerjaan sih pengennya ga usah dipikirin tapi gaji lancar jaya banyak bonusnya *mulai halu 🤣*

  2. Dulu aku pas tiap hari ngopi kayak baik-baik aja lho.. Sekarang jarang ngopi malah sekalinya ngopi (padahal ngopinya siang-siang) lah sampai malem ga bisa tidur wkwkwk

    Dan bener yaaa kita kalo ga bisa tidur tuh pikiran pasti ke mana-mana, segala dipikirin 😆 Bener kata Mba Hicha, kalo ilmuwan overthinking jadi sesuatu yang berguna, lah kita?? Udah yang dipikirinnya receh, malah bikin cranky besok paginya 😂

    1. Mungkin emang harus sering2 biar kebal kafein ya mba… 😅

      Nah ituuu, apakah kita coba aja overthinking ala ilmuwan? *lalu kepala berasap, besoknya tambah cranky 🤣*

  3. Salah fokus sama kucingnya 🙈. Itu kocheng oren kenapa mirip banget sama kucingku yang sebulan gak pulang-pulang ya, Mbak. Duh, jangan-jangan dia nyasar ke tempatnya Mbak Hicha pula. Eh, tapi gak mungkin sih. Kejauhan soalnya.😂😂😂

    Ngomong-ngomong, aku juga termasuk orang yang suka overthinking nih, Mbak. Dan ngenesnya itu juga yang bikin susah tidur, kebanyakan mikir macem-macem yang sebenarnya gak penting sama sekali.🙈

    Lalu aku lihat tips melawan overthinking sebelum tidur ala Mbak Hicha, ternyata aku sudah tumbang di tips pertama. Iya, mbak, aku gak bisa lepas dari kafein. Bahkan pas malam-malam gak bisa tidur gara-gara kelaparan, aku bukannya makan tapi malah minum kopi 😔. Nah, kan… mau gampang tidur gimana kalau gini mah..

    1. Wkwkw
      Itu kucing ketemu di pelataran Suria KLCC (lah, lebih jauh lagi kaburnya yaa 😂).
      Kucingnya tu cuek banget. Dibilang sombong, dia ga nolak pas dipegang. Dibilang ramah, disentuh pun ga bereaksi apa2. Kayaknya aku dianggap tidak ada sama dia 😅

      Iya ya, kenapa yg kepikiran tuh seringnya hal2 yg ha penting huhuhu

      Soal kafein, denger2 kalau sering2 malah jadi ga mempan gitu bukan sih? Di mba roem berarti masih ngefek ya si kopi.
      Mungkin bisa diganti minum air putih, mba. Etapi ntar malah pengen ke toilet jadi susah tidur juga deh *sungguh tak membantu wkwk 🙈*

  4. Kak Hicha, maksudnya mengosongkan pikiran mungkin lebih ke meditasi. Kalau meditasi, agar pikiran nggak kemana-mana, cobain pasang lagu yang chillax sambil pakai headset. Asli, jadi ngantuk itu 🤣 soalnya meditasi biasa aja, udah mampu membuat aku ngantuk huahahaha. Anyway, kafein memang harus banget dihindari kalau ingin tidur cepat 😂. Banyak kasus orang sulit tidur karena siang atau sorenya minum kopi, dan efeknya sampai malam gitu.

    Kak Hicha nggak sendirian, aku juga suka berpikir receh 🤣. Kalau sekarang, biasanya aku udah ngantuk banget baru tidur jadi nggak pernah lagi mengalami overthinking sebelum tidur. Cara bikin ngantuknya, dengan baca buku sambil posisi duduk merosot di kasur ala-ala pakai beanbag 😝 niscaya, 30 menit aja udah ngantuk hahaha.

    1. Oh iya, tadinya mau masukin soal meditasi. Tapi sendirinya ga pernah nyoba, jadi takut sotoy. Hahaha
      Terus, aku tipe yg sensitif banget sama suara. Jadi kalau dengerin ntar malah ga tidur2 wkwk.

      Mungkin emang cuma orang2 jenius sekelas Newton dkk yg pikirannya ga receh kayak kita2 ini ya Li… 🤣

  5. Lah iya juga ya, kenapa sih aku nggak bisa overthinking yang ala-ala ilmuwan gitu? Kan keren yaa malah menciptakan sesuatu, lah ini malah bikin pikiran makin ruwet dan stres wkwkwk

    Ngomong-ngomong soal kopi, aku nggak pernah punya masalah susah tidur karena kafein. Kayaknya udah kebiasaan deh sejak kuliah dulu hihi tapi pernah sih, aku ngopi sore-sore jam 4-5 gitu, iseng beli kopi susu kampungnya Di Bawah Tangga, eh mana disangka ternyata kopinya cukup nendang sampe bikin aku melek semelek-meleknya sampai tengah malam!

    Kalau siasat aku biasanya no gadget before sleep, dialihkan baca buku. Ini mayan bantu meski masih agak jarang juga kulakukan *still trying tho* 🤣 Terus beberapa bulan lalu juga rutin pakai EO lavender buat diffuser saat bobo, ini juga lumayan okee.

    Mengosongkan pikiran menjelang tidur itu adalah sebuah misteri memang, Mba Hichaa. Aku juga nggak paham harus gimana. Mungkin siangnya terlalu over stimulated kali yaa, jadi harus dikurang-kurangi biar malamnya lebih cepat bobo 😅

    1. Apakah kita harus mulai memikirkan hal2 yg penting seperti ilmuwan, mba Jane? Etapi yg receh aja bikin susah tidur, apalagi yg kayak mereka, bisa meledak nih otak keknya 🤣

      Mungkin karena terbiasa jadi kebal gitu kali ya, mba… atau kalau dengar cerita mba Jane, berarti tergantung kandungan kafeinnya juga kali yaa? 😁

      Oh iya, no gadget tuh bener banget, mba… kadang kalau bandel gelap2an bergadget ria, kemungkinan begadangnya jadi lebih tinggi dari biasanya huhuhu

      Atau siangnya mesti banyak berkegiatan fisik kali ya, jadi malam bisa bobo kayak bayi deh 😆

  6. Kayaknya kita semua pernah overthinking sebelum tidur ya mba *habis baca-baca komen di atas* 😂 Termasuk sayaaa, dan setuju sama mba Hicha, kadang yang dipikirkan teramat sangat receh, salah satunya persoalan besok makan apa hahahaha.

    On a serious note, saya sebelum tidur suka pasang suara hujan mba dan itu cukup membantu saya untuk tertidur dengan cepat 😆 Ohya dengar iringan piano juga menyenangkan 😍 Hehehehe. Saya pribadi bukan tipe yang sulit tidur, biasanya kalau sudah lelah terus rebahan bisa langsung ke dreamland nggak pakai aba-aba 😂

    Eniho, blogwalking malam bisa buat kantuk datang, mungkin sejenis sama mba Jane dan Lia, menurut saya membaca entah itu buku atau blog bisa membantu kita ketiduran 🙈

    1. Karena makan is lyfe mba Eno… 🤣

      Saya pernah nyoba suara hujan atau musik yg bikin rileks, mba. Dan ga mempan di saya, malah jadinya kayak menstimulate otak buat tambah aktif 🙈

      Begitu juga dgn membaca. Kecuali bacaan yg ngebosenin, kalau seru malah jadi ga tidur2 mba… hahaha

      Untungnya sebenernya saya mirip mba Eno, relatif jarang susah tidur, apalagi kalau cape ya… udah lah pelor bener 😂

      Tapi, once in a while, kadang ada masa2nya juga yg susah tidur karena adaaa aja yg dipikirin gitu 😅

  7. paragraf terakhir banyak benernya,makin dibuat seolah olah lagi ga dipikirin, dibuat bengong cuek, ealahh balik lagi dong dipikirin hahaha
    kadang akutuh makin dipikir, ehh jatuhnya bisa bisa negative thinking mba
    kayaknya memang kudu tenggelam sama kesibukan, dan kalau pas kesepian lagi, ujung ujungnya dipikirin, nahhh muter aja terus 😀

  8. Sepertinya emang sebelum tidur jadi waktu yang enak buat overthinking. Saking keterusan bisa bikin begadang dan besoknya super ngantuk.. Aku juga suka overthinking sebelum tidur. Cara merilekskan tubuh menarik untuk di coba nih kak. Memberi batasan juga jadi penting nih, biar ga terus menerus kebablasan yaa kak 😂

    1. Mungkin karena secara fisik kita sedang tidak aktif (namanya aja mau tidur 😂), jadi malah otaknya yang aktif dan mikir terussss wkwk

      Aku kalau udah merasa terlalu banyak yg dipikir, biasanya nanya sm diri sendiri “ini penting ga sih dipikirin? Bakal merubah keadaan ga nih?” Kalau ternyata ga, akhirnya pake sugesti diri dgn bilang “au ah bodo amat, mending bobo”, terus bobo beneran jadinya 🤣

  9. Overthinking always comes when you awake.
    Mengendalikan pikiran-pikiran berlebih itu sulit, I feel that also..
    Ada satu hal yang bisa banget bikin aku parno dan berpikir yang nggak-nggak, padahal belum kejadian.
    Sampai akhirnya si partner bilang, trying to be in present. Dan bener sih, suka lupa buat ngerasa mindful, being in present, dan akhir memikirkan hal yang sebenernya belum tentu kejadian.

    1. Iya, nih… padahal kalau di luar kendali kita mah dipikirin segimananya pun ttp aja di luar kendali. Mengubah keadaan kagak, bikin tambah pusing iya wkwk

  10. waaahh, kita satu tim nih mbak. saya juga sering banget overthinking dari yang receh sampai ‘agak berat’ 🤣

    sejujurnya saya kalau kerja rasanya nggak bisa tanpa kopi
    nggak tau deh itu segesti aja atau emang beneraann
    tapi pikiran jadi lancar jaya gitu kalo udah nyeruput kopi
    tapiiii efeknya pas malem jadi suit tiduurr hehe

    salam kenal ya mbaakkk 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s