Dirgahayu Republik Indonesia

Merdeka punya banyak arti.
Merdeka dari penjajah, merdeka dari rasa malas, dari rasa takut, hingga dari rasa yang pernah ada.
Merdeka dari kebodohan, kemiskinan, ke-kurang iman-an, hingga dari zona nyaman bernama zona teman, zona kakak-adek, zona tempat curhat, zona supir pribadi, atau bahkan zona obat nyamuk.

Ya, mari kita memerdekakan diri!

indonesia

Merah putih teruslah berkibar!

Mari memerdekakan diri dari rasa puas diri, terkungkung tanpa mau usaha dalam mimpi berkepanjangan, dan memerdekakan diri dari menunda-nunda (procrastination, rock! I hate this but it rocks again and again and again cem lagu korea yang saya nggak ingat apa judulnya apalagi penyanyinya).

Mari memerdekakan diri dari rasa ingin menghindari realita, hanya karena idealisme yang tidak sesuai dengan yang di hadapan mata. Kenyataan adalah untuk dihadapi bukan ditinggal lari.

Mari memerdekakan diri dari sikap picik terhadap perbedaan, sehingga mengedepankan pertentangan dan persengketaan. Percayalah, pelangi  itu indah karena warnanya berbeda-beda. Karena bukan putih saja atau hitam saja.

Mari memerdekakan diri dari sikap menelan berita bulat-bulat, menyebar hoax tanpa cross-check berulang-ulang, yang berakibat pada menyebarkan aib dan kebencian. Ingatlah akan kebenaran dan manfaat dari suatu berita sebelum disebarkan.

Mari memerdekakan diri dari rasa benci, rasa sakit hati, dan rasa ingin memiliki *eh*
Ya, Mari memerdekakan diri dari kenangan bersama mantan (jika punya mantan). Atau bagi yang tidak punya mantan alias jomblo, mari memerdekakan diri dari rasa yang terpendam atau rasa ingin memiliki. Atau malah rasa tak ingin sendiri karena yang lain sudah tak sendiri. Ya, mari kita memerdekakan diri dari rasa-rasa yang tak penting di hati. Mari beralih saja ke rasa ayam bawang atau soto ayam yang walaupun kadang bikin usus bernyanyi, setidaknya tidak bikin hati nyeri.

Mari kita memerdekakan diri!
Karena merdeka adalah hak segala bangsa dan pribadi.
Merdeka!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: