14. Memperpanjang Izin Tinggal di Jepang

Hai, hai, ketemu lagi dengan postingan jejepangan. Eh, mostly akhir-akhir ini memang tentang jejepangan, sih ya? Kalaupun curhat biasanya bentuk colongan yang tersirat. *aseek*

Kali ini saya ingin menuliskan sedikit tentang cara memperpanjang izin tinggal di Jepang. Nah, sedikit FYI, di Jepang ini ada beberapa jenis izin tinggal yang berbeda statusnya dengan tourist visa. Kalau dulu Jepang menggunakan sistem Alien card untuk WNA yang menetap di Jepang, sejak Juli 2012 diberlakukan sistem baru yang semakin mempermudah. Sistem ini ditandai dengan digantinya Alien card menjadi Residence card dan tidak perlunya registrasi re-entry permit di kantor imigrasi saat akan melakukan perjalanan sementara ke luar Jepang. Jadi bisa langsung dilakukan saat melewati imigrasi di bandara internasional di Jepang. Sangat mempermudah dan tidak perlu repot-repot harus ke kantor imigrasi terlebih dahulu, bukan?

Berhubung saya masih pelajar dan izin tinggal masih harus diperpanjang, jadi untuk postingan kali ini saya hanya akan membahas tentang memperpanjang izin tinggal untuk ryuugaku (留学)atau izin belajar. Sebelum ujug-ujug datang ke kantor imigrasi, ada baiknya disiapkan dulu persyaratannya. Lumayan, untuk menghemat waktu dan ongkos kereta, karena hanya perlu datang dua kali, yaitu saat submit aplikasi dan saat mengambil Residence card yang baru. Aplikasi bisa dilakukan paling cepat dua bulan atau paling lambat 2-3 minggu masa berlakunya habis.

Kelengkapan yang harus disiapkan:

  1. Residence card –> yang akan diperbarui.
  2. Passport –> yang masih dalam masa berlaku minimal dua bulan setelah masa berlaku residence card yang lama habis.
  3. University enrollment certificate –> bisa diminta di bagian administrasi kampus
  4. Transkrip nilai –> idem No. 3.
  5. MEXT awardee certificate (bagi penerima beasiswa MEXT) –> Perlu aplikasi tambahan, tapi biasanya akan dibantu oleh bagian administrasi di kampus. Aplikasi sertifikat ini membutuhkan waktu sekitar satu minggu.
  6. Health insurance –> tiap individu yang tinggal di Jepang harusnya memiliki health insurance, minimal dari ward office (sejenis BPJS, kalau di Indonesia).
  7. Form permohonan perpanjangan izin tinggal –> secara umum bisa dilihat di sini, khusus untuk pelajar universitas file pdf-nya bisa di download di sini.
  8. Keterangan permohonan perpanjangan izin tinggal dari kampus –> juga dibuatkan oleh bagian administrasi kampus.
  9. Pasfoto 3×4 1 lembar –> diambil max 6 bulan sebelumnya
  10. Membayar biaya perpanjangan sebesar 4000 JPY –> dibayarkan setelah permohonan disetujui

Setelah no. 1 sampai 9 dilengkapi, kita bisa ke kantor imigrasi terdekat kebagian zairyuu kado (在留カード)atau bahasa Jepang dari Residence card. Biasanya akan ada petugas yang mengecek kelengkapan yang kita bawa. Kalau sudah lengkap, kita akan diminta untuk mengambil nomor antrian di mesin untuk loket khusus perpanjangan Residence card. Setelah aplikasi dimasukkan dan dirasa lengkap, petugas akan mengembalikan passport kita disertai tanda terima yang harus dibawa saat akan mengambil Residence card yang baru. Kita juga akan diminta untuk menuliskan alamat pada kartu pos yang akan dikirimkan sebagai pemberitahuan tentang status aplikasi tersebut. Jika diterima, kita diminta datang kembali beserta syarat-syarat yang juga tertulis di balik kartu pos tersebut.

Postingan ini bisa sebagai reminder pribadi saya juga, sih. Soalnya, saat akan memperpanjang izin tinggal untuk yang kedua kalinya, saya hanya membawa kartu pos tersebut tanpa melengkapi syarat lainnya (biasanya passport dan tanda terima). Jadilah saya harus pulang dan balik lagi. Padahal ongkosnya lumayan, bisa buat makan di kantin dua kali. Hiks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: