11th. Japan Trivia

Pengetahuan umum tentang Jepang berdasarkan pengalaman pribadi saya. Bisa penting, bisa juga tidak. Enjoy aja sebagai tambahan bacaan. Hehe…😀

Tahukah anda…

…kalau tissue toilet di Jepang harus memenuhi standard agar bisa di-flush? Tissue yang  biasanya terbuat dari karton bekas susu cair atau jus ini di desain agar dapat meluruh bersama air. Dan setahu saya, berlaku untuk di seluruh Jepang. Ini meringankan jasa CS yang tidak harus “berjibaku” dengan tissue bekas. Sayangnya, kalau kembali ke Indonesia, saya kadang suka kelupaan dan ikut mengalirkan tissue bekas bersamaan dengan ditekannya tuas flush. ^_^” Kurang tau juga ini hanya berlaku di Jepang atau ada negara lain yang menggunakan tissue model begini.

Tahukah anda…

…kalau sebagian besar rumah modern di Jepang memiliki pintu yang hanya harus dikunci dari luar? Jadi kalau penghuninya masuk, cuma ada tuas dan tuas tambahan atau rantai penutup tanpa harus menggunakan kunci. Dan tentu saja, tidak ada cerita terkurung di dalam rumah karena kunci terbawa anggota keluarga yang lain. Mungkin hal ini didesain atas pertimbangan negara Jepang yang sering gempa. Kalau misalnya masuk rumah dan menguncinya, bisa saja lupa di mana meletakkan kunci tersebut yang akan berakibat tidak bisa keluar rumah saat keadaan darurat.

Pintu masuk di Jepang (pic koleksi pribadi)

Selain itu, pintu terluar juga biasanya didesain membuka ke arah luar, berkebalikan dengan di Indonesia. Dengar-dengar sih desain begini tujuannya untuk jaga-jaga kalau-kalau ada “tamu tak diundang” yang jahat, bisa “digebok” dengan daun pintu. Haha.

Tahukan anda…

…kalau taksi di Jepang memberikan service yang bahkan membuat penumpang tidak perlu membuka-menutup pintu? Semuanya sudah dilakukan supir dengan menekan tombol dan otomatis si pintu akan membuka-menutup dengan sendirinya. Mungkin ini untuk antisipasi karena orang Jepang doyan minum-minum tapi gampang mabuk, jadi kalau tidak otomatis bisa-bisa taksi berjalan dengan pintu terbuka dan membuat supirnya ribet sendiri untuk turun dahulu demi membuka atau menutup pintu ini.

Selain itu, salah satu hal yang aneh menurut saya adalah lampu tanda taksi kosong dan berpenumpang yang terbalik. Saat kosong berwarna merah dan saat terisi berwarna hijau. Padahal, secara psikologi, manusia terbiasa menganggap warna merah sebagai tanda bahaya dan harus dihindari kan ya? Lihat saja tanda-tanda dilarang masuk, dilarang merokok, dan dilarang-dilarang lainnya, rata-rata ada warna merahnya, bukan. Kalau tidak bisa baca kanji dari tanda berwarna merah di taksi tersebut, bisa-bisa saya menganggap bahwa saat itu dilarang naik taksi itu which is biasanya karena ada penumpang. Hmm.

Sign merah di kaca depan taksi yang artinya taksi sedang kosong


Tahukah anda…

kalau dibidang pelayanan barang dan jasa, orang Jepang memiliki motto “konsumen adalah dewa”? Karena itu, dimana pun itu, mulai dari restoran, super market, sampai convenience store, teriakan “selamat datang”, “terima kasih”, “ditunggu kedatangannya kembali” adalah kata-kata wajib yang harus diucapkan oleh sang pelayan. Kalau tempatnya sepi akan ditambah senyuman manis sang pelayan, tapi kalau tempatnya sejenis groceries store yang ramenya ampun-ampunan, bahkan si kasir melihat wajah kita pun tidak. Semua kata-kata di atas tetap diucapkan, tapi diucapkan dengan gerak super cepat bak robot. Tujuannya baik sih, agar orang di belakang kita tidak mengantri terlalu lama. Tapi kadang terpikir oleh saya, mbak kasir ini niat ngucapin nggak sih? Haha..

Tahukah anda…

….kalau Japan Trivia ala Hicha kali ini dicukupkan sampai ini dulu. Kapan-kapan kalau mood saya bagus akan disambung lagi.😉

Selamat berakhir pekan…🙂

One response to this post.

  1. Posted by resep senyum on November 23, 2015 at 3:49 pm

    Selamat berakhir pekaaaan kakkk…
    Ditunggu selalu japan trivia nyaaa kak🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: