2nd. Why Japan?

Iya, kenapa Jepang? apa tujuan datang ke Jepang? Hmmm… Mari kita bahas di tulisan ke dua dari 30 Days Blog Writing Challenge ini๐Ÿ˜‰

Image

Atau datang karena ninja unyu yang ada di sini? (foto kol. pribadi)

Kira-kira apa ya tujuan orang-orang datang ke Jepang? Mungkin sama aja dengan tujuan orang datang ke negara-negara maju lainnya. Ada yang untuk bekerja, melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, atau ada juga yang datang hanya sekadar ingin jalan-jalan, dan mungkin juga karena ingin lebih mengenal budaya negara tersebut.ย Kalau untuk Jepang sendiri, karena yang popular itu anime, manga, sakura, kimono, dll, dsb, dst. Tidak sedikit yang datang dengan alasan tersebut.

Kalau tujuan saya sih masih standard. Doyan dorama. Hahaha. Jadi penasaran, kira-kira kehidupan sehari-hari di sini-nya juga mirip sama yang kayak di dorama-dorama atau nggak. Dan pengen belajar dari nilai-nilai baik yang ada. Yang buruknya jangan diambil tentunya. Tapi karena nggak mampu, jadi berusaha ke sini-nya dari jalur melanjutkan pendidikan formal, yang ternyata justru lebih menyita waktu dan perhatian. Hihihi. Nggak apa-apa deh, toh tetap menambah ilmu kan, ya?๐Ÿ˜‰

Nah berdasarkan beragam tujuan tadi, cara ke sini-nya juga beragam. Kalau yang mau bekerja, biasanya sudah harus ada perusahaan penjaminnya. Bagaimana caranya? Jangan tanya ke saya, karena saya sendiri juga nggak tahu. Nggak punya pengalaman sama sekali.

Kalau tujuannya untuk belajar, bisa dengan biaya sendiri ataupun dengan beasiswa. Kalau dengan beasiswa (terutama beasiswa MEXT), sudah pernah saya tulis di sini. Atau bisa langsung me-refer di website Kedubes Jepang.

Kalau untuk tujuan jalan-jalan, ada banyak sekali informasi-informasi yang beredar di internet. Meskipun kebanyakan website lokal-nya menggunakan Bahasa Jepang, tapi kalau mau me-refer ke Japan Guide juga cukup banyak informasi yang bisa didapatkan.

Biaya transportasi di Jepang mahal sih, tapi khusus bagi wisatawan, ada banyak promo-promo seperti one-day pass atau JR Pass yang jatuhnya bisa jauh lebih murah dari harga biasanya. Tergantung itinerary-nya juga sih tapi. ;))

Kalau ada yang mau nanya, bagaimana cara mengurus visa ke Jepang, sekali lagi maap, saya sama sekali nggak berpengalaman. Tahunya cuma dua hari sebelum keberangkatan diundang pihak kedubes untuk acara pelepasan sekaligus dikasih tiket sama paspor yang di dalamnya sudah ada stiker visa student, dan kemudian tinggal berangkat deh. Hehe.

Yah, anggap saja sebagai kelebihan (yang mungkin satu-satunya kelebihan. Haha.) dari beasiswa MEXT G-to-G๐Ÿ˜‰

6 responses to this post.

  1. seru banget mbak *_*

    Reply

  2. jadi gimana, nih.. udah nyoba pake kimono, belum? Eh, denger2 harga kimono itu mahal, ya? Sama kayak baju tradisional korea juga katanya mahaallll….

    Reply

  3. Alasan sayah kalo misalkan mau ke jepang sekarang ini adalah mau belajar jadi mangaka! Uuuuuh. impian masa kecil banget jadi mangaka..

    Reply

  4. Posted by arditafanisa on January 28, 2014 at 7:43 am

    alasan saya: karena ingin liat PLTN :))

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: