Silaturahim Trip (Epilog)

Ampun kaka, kali ini yang terakhir deh.. Beneran cuma pengen nulis kesan-kesan selama di sana aja sih. Huehehe.

Hal-hal yang berkesan selama di Seoul-Daejeon:

  1. Perjalanan dari Incheon ke Hongdae, saya ditegur bapak-bapak. Sepertinya sih beliau nanya saya mau ke mana. Dan saya bingung deh ngejawabnya. Akhirnya pakai bahasa isyarat saja kalau saya nggak ngerti bahasa Korea. Dan bapak itu pun jadinya diam seribu bahasa. Maaf  ya, Pak! Emang nggak ngerti sama sekali saya mah. Heuheu.
  2. Kalau nanya-nanya hal yang berhubungan dengan peta, memang sebaiknya lebih nanya ke cowok ya. Susunan otaknya beda sih. Hehehe.
  3. Pas kita mau ke Konkuk dari Insadong, kita salah arah naik kereta, terus dibantuin ibu-ibu gitu. Dan ternyata ibu-ibunya juga ngasih taunya mungkin kurang benar (saya malah nggak ngerti sama sekali dia ngomong apa. Hehe), terus si ibu-ibu itu dengan baik hatinya ngejar kita sampai ngos-ngosan buat ngasih tau kalau tadi dia salah. Huah.. makasih bu. Terharu deh. :’)
  4. Dari Seoul ke Daejeon, pas mau naik subway ke KIMM, kali ini ditegur sama nenek-nenek. Dan lagi-lagi saya cuma bisa pakai bahasa isyarat. Dan lagi-lagi ditinggal pergi begitu saja. Entah kenapa jadi ngerasa seperti tuna wicara. Heu.
  5. Pas berangkat money exchanger-nya ngasih harga 101 won/yen. Pas balik cuma 75won/yen dong. Nggak tau emang standard-nya gitu atau bisa jatuh harga hanya dalam waktu kurang dari seminggu. Jadi sisa duitnya nggak saya tukar deh sampai sekarang.
  6. Di Daejeon, kalau naik bus dan kemudian sebelum turun nge-tap kartu juga, maka hitungannya transfer bus dan kalau naik bus lain kurang dari tiga puluh menit maka nggak akan kena charge ongkos bus lagi. Nggak tau ini berlaku untuk semua bus di Korea atau cuma di Daejeon aja. Oiya, kalau di Seoul, subway-nya juga gitu untuk jarak tertentu. Jadi sangat menghemat pengeluaran transportasi.
  7. Makanan di Korea lebih berasa dong. Trus side dish-nya juga lebih banyak. Sampai terpikir, ini pesen nasi doang makan sama side dish  juga bisa nih. Hahaha. Favorit saya Pepero Almond. Etapi, itu bukan makanan berat sih, itu mah coklat yang dikasih potongan almond. Manisnya pas! Yah, sebagai orang yang nggak gitu suka manis, manisnya Pepero Almond ini pas lah.
  8. Anak-anak muda Korea (Seoul sih lebih tepatnya) lebih terang-terangan dalam hal PDA alias public display of affection. Serasa dunia milik berdua dah. Terlebih lagi, cowok-cowoknya banyakan tipe yang so sweet gitu. Saya nggak tau sih, itu beneran romantis atau ‘mau diperbudak’. Haha. Yah, habis masa tas cewe yang kecil dan ‘cewe banget’ gitu juga mesti dibawain. Terlebih lagi nggak sedikit kelakuan cewenya yang seperti ‘minta ditabok’. Ampun dah, mesti banget ya menye-menye gitu? Terus pas masih SD sampai gede gitu nggak pernah diajarin ngiket tali sepatu ya? Ckckckck.. *dih, kok saya yang jadi esmosi, yak? Hahaha*
  9. Kalau nggak sengaja nyenggol orang di Jepang, maka nggak jarang orang yang disenggol ikutan minta maaf, kalau di Korea, kayaknya berapa kali saya malah disikut-sikut gitu aja pas desak-desakan. Heu.

Over all, karena tujuan utama saya ke Korea adalah untuk bertemu dengan teman-teman (plus beberapa misi terselubung :P), dan tujuannya tercapai semua jadi saya senang-senang aja. Ya iyalah, masa habis jalan-jalan malah puyeng. Eh puyeng ding dikit, puyeng harus mikirin masa depan *halah*

5 responses to this post.

  1. Posted by thahirahmad on October 2, 2013 at 2:16 pm

    Hicha. Menetapnya di jepang atau korea ? Boleh minta alamat emailnya cha…

    Reply

  2. wah, seru banget cerita perjalanan mbak hicha.😀
    suka backpackeran-kah? waktu S1-nya ambil prodi apa mbak?
    keep write and share ya.

    Reply

Leave a Reply

