Silaturahim Trip (Korea: Day 1)

Para penggemar drama Korea atau KPop, mungkin bercita-cita ke Korea untuk bertemu dengan idola mereka. Saya sih nggak. Saya ke sana karena beberapa orang teman saya menuntut ilmu di sana. Dan satu orang di antaranya sudah lulus dan akan pulang ke Indonesia dalam waktu dekat. Jepang-Korea itu dekat dan ongkos yang dibutuhkan ke sana hampir sepuluh kali lebih murah daripada pulang ke Indonesia. Jadi saya putuskan untuk bersilaturahim saja ke sana. Yah, sayang kan kalau secara jarak masih terjangkau tapi nggak pernah ketemu. Kalau pas perjalanan ke Tokyo kemarin berupa foto-foto saja, kali ini saya pengen cerita-cerita juga ah.😛

Day 1

Berangkat dari Kansai Airport dengan menggunakan penerbangan Peach Aviation Flight No. MM05 pukul 14:05, saya malah sudah berada di bandara sejak jam 10:30, saat counter check-in belum dibuka. Yah, mau bagaimana lagi, saya kan nggak tau berapa lama waktu yang dibutuhkan dari Rokkomichi ke Sannomiya dan lanjut dengan bus ke bandara. Jadi biar aman, dari jam 08:30 sudah berangkat. Dan kenyataannya, tidak seperti dengan kereta, yang bisa menghabiskan waktu 2 jam, dengan bus cukup 70 menit saja. Jadilah saya muter-muter nggak jelas di terminal 2, tempat maskapai Peach Aviation yang akan saya gunakan bermarkas.

Kansai Airport

Tepat pukul 14:05, pesawat mulai bergerak ke arah runway. Take off-landing menghabiskan waktu sekitar 1.5jam, saya pun tiba di Incheon International Airport pada pukul 15:50. Setelah melewati imigrasi, dan mencari transport untuk ke pusat kota Seoul, akhirnya saya memutuskan naik Airport Railway saja dan turun di Hongik University station yang dekat dengan tempat saya akan menginap. Daerah ini lebih populer dengan sebutan Hongdae yang diambil dari singkatan nama Hongik University.

Setibanya di stasiun, dengan beranggapan akan sulit berkomunikasi dengan orang awam, akhirnya saya menuju tourist information untuk memastikan alamat tempat menginap saya. Si mbak-mbak informasi pun memberikan peta dengan tanda bintang pada tempat yang saya tuju.

Entah lagi nggak konsen atau gimana, yang seharusnya saya belok kiri malah milih ke kanan. Tentu saja salah jalan. Saat saya menyadarinya, kebetulan saya lihat ada tourist information yang lain. Untuk memastikan, mampir saja deh, pikir saya saat itu.Si mbak-mbak pun memberikan peta yang lain yang justru lebih membingungkan dan isinya tulisan hangul semua.

Berhubung saya sudah tahu kesalahan saya, jadi sebenarnya ke tourist information yang kedua hanya untuk menghilangkan kekhawatiran saja. Saya balik arah dan mengikuti petunjuk di peta yang tadi yang kalau dilihat-lihat sama aja sama yang dikasih mbak-mbak kedua.

Dan ternyata kedua mbak-mbak tadi memberikan saya jalan yang salah! Heu! Penginapannya sama-sama bernama Kimchee, tapi saya yang seharusnya menginap di Kimchee cabang Hongdae malah diarahkan ke arah Sinchon yang jaraknya satu stasiun dari Hongdae. Untungnya sama resepsionis Kimchee Sinchon saya diberikan peta baru jalan menuju tempat saya seharusnya. Dan setelah wondering around selama hampir 2.5 jam, akhirnya sukses juga saya check in.

Saya menginap di Kimchee Guesthouse cabang Hongdae, tipe kamar female dormitory untuk berdelapan orang. Maklum, budget traveler. Dana terbatas bok! Hahaha.

Tiga hari diawal, sebagian besar orang Indonesia. Saking banyaknya sampai ada tamu dari Malaysia yang komentar “Ini sudah seperti perkampungan orang Indonesia.” Hahaha. Iya, ada yang extend dari conference, ada juga yang baru kelar Summer Camp. Dan nggak tahu tipikal atau bukan, orang Indonesia itu barangnya seabreg-abreg sama belanjaan! Saya kadang bingung mau nyari space buat shalat gara-gara lantai kamarnya penuh sama koper dan belanjaan. Tapi ya sudahlah, dinikmati saja. Hohoho.

Berhubung teman saya, Riki, yang mau pulang itu tinggalnya di Daejeon, 2 jam dari Seoul, tanah kelahirannya Song Joong Ki yang baru masuk Military Service *penting*, jadi sejak awal kami memutuskan untuk ketemu dan menginap di Seoul saja. Oiya, percayalah, walau bernama Riki, dia ini perempuan asli. Agak jadi-jadian mungkin, tapi tetap asli! *upss*.

Awalnya, niatnya sih full di Seoul aja, eh tapi, ternyata kenyataan berkata lain. Riki masih ada kegiatan akademik sampai tanggal 26 sore dan baru tiba di Seoul jam setengah sembilan. Dipikir-pikir tega juga ya advisor-nya. Orang sudah lulus kok masih ‘dipekerjakan’.

Tapi ya sudahlah, life must go on. Pas Riki nyampe, langsung cabut cari makan. Lapar tiada tanding tiada banding! Kita cari makan seafood aja biar aman. Dan ternyata, harga makanan di Seoul sama di Jepang nggak beda-beda jauh. Segitu-gitu juga. Heuheu..

Selesai makan, saya pun mengatakan pada Riki bahwa misi lain saya ke Korea, selain bertemu dengan teman-teman juga untuk… main PIU! Yay! Setelah 1.5 tahun nggak ketemu mesin DDR (apalagi PIU yang buatan Korea dan nggak ada di Jepang), kaki saya udah gatel-gatel pengen loncat-loncat *halah*

Sayangnya, berhubung Riki juga bukan warga Hongdae, kita malah ketemunya norebang alias karaoke. Gubrak sekali, jauh-jauh ke Korea ujung-ujungnya malah karaoke. Hahaha. Tapi asik-asik aja sih. Kecuali untuk banyaknya orang mabuk di sekitar tempat itu pada saat jalan pulang. OMG! Nggak lagi-lagi deh.

to be continued (Udah cem dorama aja :P)

3 responses to this post.

1. hahaha, malah karaokean. Kak Ichaaa, kangen maen PIU bareeeng!!:mrgreen:

2. ichaaaa… tia ngetweet td.. eh dari kansai ke seoul ada penerbangan yg lebih murah dari Peach aviation lg ngga? tia kan insya Allah bulan 3 mau ke Jepang. setelah baca blog icha, insya Allah mau lanjut ke Seoul jg krn pas ngecek Peach Aviationnya murah yah ternyata ke Seoul itu. Bales twit tia yaaa…

Oh ya, pengennya sih dari Seoul mau ke Busan jg. Nanggung soalnya. hahaha

3. […] postingan yang ini dan yang ini, tiga hari terakhir dijadiin satu postingan aja deh. Hehehe. Capek nulisnya juga […]