Beliau

Saya mengenal seseorang. Sosok perempuan yang sangat saya kenal dan sangat mengenal saya. Mungkin bisa dikatakan sebagai orang yang paling mengenal saya. Perempuan ini terlahir di keluarga besar. Terlahir sebagai anak ke enam dari sembilan bersaudara yang dikemudian hari mereka hanya tinggal berempat. Terlahir dari sosok perempuan hebat yang kemudian harus meninggalkan keluarganya, saat sosok yang saya kenal itu baru berusia sembilan tahun. Sang ibu harus pergi karena Tuhan berkehendak begitu.

Sang ayah, sosok kepala desa yang bijaksana tetapi memilih menikah lagi lima tahun kemudian. Kehilangan sosok ibu sejak kecil tidak membuat beliau patah semangat. Beliau justru tumbuh sebagai anak kecil yang lincah yang tubuhnya tetap kecil meski kemudian beranjak dewasa, sehingga oleh teman-temannya beliau dijuluki si cabe rawit.

Waktu berlalu, seperti layaknya perempuan-perempuan lain. Beliau menikah, memiliki putra dan putri, dan waktu terus berlalu sehingga kedua putra dan putrinya pun beranjak dewasa. Banyak hal-hal yang telah dialami. Suka-duka, pahit-manis kehidupan. Dan hingga kini pun perempuan tersebut menjadi sosok hebat bagi kedua anaknya. Menjadi tempat mengadu dan mencurahkan isi hati. Menjadi sosok yang paling mengerti keluarganya. Menjadi seseorang yang tak jarang membuat si anak serba salah. Serba salah karena anak tersebut pada dasarnya tertutup. Hanya kepada beliau dia bisa membuka sedikit dirinya. Tetapi karena itu pula lah si anak tak ingin membuat beliau menjadi khawatir.

Satu pertanyaan yang ingin saya tanyakan pada beliau. Setelah semua yang dialami, tak pernahkah ada rasa ingin mengeluh terbersit dihatinya? Tak adakah rasa lelah terhadap beban yang kerap dipikulnya sendiri sejak kecil? Sejak sang ibu meninggalkan dunia ini?

Karena saya tak pernah mendengarnya mengeluh. Tentang apapun yang terjadi, saya tak pernah mendengarnya mengeluh.

Leave a Reply

