Belajar Bahasa Jepang Part 10 (Pola Kalimat)

Tiga kata kerja yang paling penting dan sering digunakan dalam bahasa Jepang adalah pergi, pulang, dan datang. Ketiganya tidak hanya digunakan secara harafiah tetapi juga dalam konteks yang lain yang akan dijelaskan pada pelajaran-pelajaran selanjutnya.

Untuk pengenalan tahap awal, penggunaan ketiga kata kerja tersebut dapat dilihat pada contoh berikut:

  1. わたしは学校(がっこう)へ行(い)きます(watashi wa gakko e ikimasu) à Saya pergi ke sekolah
  2. わたしはうちへ帰(かえ)ります(watashi wa uchi e kaerimasu) à Saya pulang ke rumah
  3. わたしは先月(せんげつ)に日本(にほん)へ来(き)ました(watashi wa sen getsu ni nihon e kimasita) à Saya datang ke Jepang bulan lalu

Selain bentuk dasar tersebut, terdapat bentuk-bentuk penggunaan lain, misalnya untuk 行く(iku) bentuk kamus dari  行きます(ikimasu) atau pergi, yang digunakan untuk bersama kata kerja lain sehingga menunjukkan pekerjaan dilakukan menjauh dari tempat pembicaraan sedang berlangsung, misalnya わたしは今から食べに行きます(watashi wa ima kara tabe ni ikimasu). Secara literal diartikan sebagai ‘Saya sekarang akan pergi makan’, tetapi dalam bahasa Indonesia yang lebih mudah dimengerti dapat diartikan sebagai ‘Saya akan makan’ saja.

Sedangkan untuk 来る(kuru), bentuk kamus dari 来ます(kimasu) atau datang, sering juga digunakan bersama kata kerja lain sehingga menunjukkan akan kembali dari pekerjaan yang dilakukan. Misalnya カメラが部屋に忘れました、ちょっととってきます(kamera ga heya ni wasuremashita, chotto totte kimasu), secara literal jika diartikan akan menjadi ‘kamera tertinggal di kamar, sebentar saya ambil dan akan datang (lagi)’. Tetapi dalam bahasa Indonesia yang lebih mudah dimengerti dapat diartikan sebagai ‘kamera tertinggal di kamar, sebentar saya ambil dulu’.

Selain itu, 来る(kuru)/ 来ます(kimasu) juga dapat digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang mendekat ke arah pembicara. Misalnya saat mengambil uang di ATM, dalam bahasa Indonesia kita bisa menyebutkan ‘uangnya keluar!’ tapi dalam bahasa Jepang biasanya menjadi お金は出てきた(okane wa dete kita), yang kalau diterjemahkan secara literal berarti ‘uangnya datang keluar’

2 responses to this post.

  1. Hai. wakarimasu Nesca sensei..🙂

    Reply

  2. emang harus bener2 deh buat belajar huruf kanji kaya gini.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: