Colorful Lighting Fiesta

Seperti negara empat musim lainnya, memasuki musim dingin suhu udara di Jepang menurun. Cewe-cewe yang tadinya memakai rok mini, sekarang masih menggunakan rok mini, hanya saja dengan menggunakan heat legging dan boots sebagai tambahannya (eh, tapi ada juga yang cuma make stocking bening tipis lho.. malah kemaren ketemu segerombolan remaja putri yang dengan nyantainya make dress tali spaghetti malam-malam di cuaca bertemperatur mendekati nol! Dahsyat!).

Selain itu, waktu malam juga jadi lebih panjang. Matahari terbit sekitar pukul tujuh pagi dan tenggelam sebelum jam lima sore. Mungkin karena itu jadi bertebaran event-event yang menggunakan pencahayaan warna-warni. Contohnya, yang ada di wilayah Kansai, Kobe Luminarie dan Osaka Hikari Renaissance. Selain itu beberapa tempat juga dihias lampu warna-warni dalam rangka menyambut natal dan tahun baru, misalnya hiasan di depan stasiun di Kobe dan acara Magical Starlight Parade di Universal Studios Japan – Osaka.

Lighting di Depan Portliner Station

Lighting di Depan Portliner Station

Kobe Luminarie 2012

Event ini diadakan pertama kali pada akhir tahun 1995 untuk memperingati gempa besar Kobe-Awaji (dikenal sebagai Hanshin-Awaji Great Earthquake) yang terjadi di awal tahun tersebut dan menjadi event tahunan sampai saat ini.

Kobe Luminarie 2012

Kobe Luminarie 2012

Kobe Luminarie 2012

Kobe Luminarie 2012

Kobe Luminarie 2012 Tampak Atas

Kobe Luminarie 2012 Tampak Atas

Petugas yang Mengarahkan Massa

Petugas yang Mengarahkan Massa

Osaka Hikari Renaissance

Event ini diadakan pertama kali pada tahun 2002. Untuk tahun ini dibagi menjadi dua area, yaitu Nakanoshima Area, yang dibagi lagi menjadi dua yaitu Central dan East Area dan Midosuji Area. Untuk Nakanoshima Area, aura “Fun Lighting”-nya lebih berasa dengan adanya Shining Art Wall Show (yang antriannya MasyaAllah!) dan Shining River. Kalau Shining Art Wall harus ngantri dulu baru bisa ditonton, maka bagi yang males ngantri, bisa menyaksikan sejenisnya, Hmm.. mungkin lebih tepatnya Emirates Air Commercial’s Shining Art Wall sih, karena isinya memang lebih tentang maskapai tersebut. Tetap indah dilihat kok tapi.. hihihi..

Shining Oasis(Seperti jalan dengan gerbang-gerbang lampu warna-warni yang berubah warna setiap waktu tertentu)

Shining Oasis
(Seperti jalan dengan gerbang-gerbang lampu warna-warni yang berubah warna setiap waktu tertentu)

Shining Gate(Hiasan di pintu masuk Osaka City Hall)

Shining Gate
(Hiasan di pintu masuk Osaka City Hall)

Shining Art Wall(Pertunjukan iluminasi di dinding)

Shining Art Wall
(Pertunjukan iluminasi di dinding)

Shining Aqua(Lampu-lampu biru dan putih berbentuk bola dengan berbagai ukuran)

Shining Aqua
(Lampu-lampu biru dan putih berbentuk bola dengan berbagai ukuran)

Versi putihnya

Versi putihnya

Shining Sea(Nakanoshima East Area)

Shining Sea
(Nakanoshima East Area)

Shining Sea(Nakanoshima East Area)

Shining Sea
(Nakanoshima East Area)

Maaf, kualitas video-nya jelek banget! Ribet ngambil gambar sambil nonton dan menahan dingin. Hahaha..

Ada beberapa tempat yang tidak ter-kunjungi saking ramenya. Untuk lebih jelasnya silakan lihat di sini

Universal Studios Japan – Magical Starlight Parade

Selain keduanya, salah satu amusement park yang terkenal di daerah Kansai juga mengadakan illumination parade sebagai penanda tempat tersebut akan memasuki jam tutupnya. Untuk musim dingin kali ini judulnya Magical Starlight Parade. Parade ini terdiri dari tokoh-tokoh kartun dan dunia dongeng yang dihiasi lampu berwarna-warni dan berjalan mengelilingi wilayah USJ yang sudah ditentukan. Mulai dari Snoopy, Sesame Street, hingga Cinderella dan tokoh-tokoh Arabian Nights

Tokoh Pembuka (Sesame Street, Snoopy, dan Hello Kitty)

Tokoh Pembuka (Sesame Street, Snoopy, dan Hello Kitty)

Hello Kitty

Hello Kitty

Alice in Wonderland

Alice in Wonderland

16. Magical Starlight Parade

17. Magical Starlight Parade

Arabian Night

Arabian Night

19. Magical Starlight Parade

20. Magical Starlight Parade

21. Magical Starlight Parade

22. Magical Starlight Parade

23. Magical Starlight Parade

24. Magical Starlight Parade

28. Magical Starlight Parade

29. Magical Starlight Parade

Cinderella

Cinderella

31. Magical Starlight Parade

32. Magical Starlight Parade

Nggak ke-foto semua karena capek megang kameranya. hehehe..

5 responses to this post.

  1. Kalo bawa anak pasti seneng ya Cha ke sana. Indaaah. paling suka sama poto pertama. Kesannya magis gitu..

    Reply

  2. keren banget…. jadi pengen kesana ._.

    Reply

  3. Posted by jtxtop on January 3, 2013 at 8:07 pm

    Terima kasih atas konten dan info yg menarik dan menginspirasi….thk u

    Reply

  4. baguuuuussss chaa….jalan2 mulu neh..klo main k jepang pas summer oke g cha?

    Reply

    • Posted by Hicha Aquino on January 12, 2013 at 11:26 am

      sesekali doang kok ki.. >,<

      kalau summer, saatnya hanabi taikai alias pesta kembang api.

      hayuuk ki, mampir ke sini, bikin reuni PN cabang asia timur… hahaha…

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: