Hanami dan Sakura Light Up

Musim semi adalah musimnya Hanami. Literally dapat diartikan sebagai ‘melihat bunga’, tapi conditionally, artinya lebih kepada duduk-duduk di bawah pohon sakura bersama orang-orang terdekat sambil makan dan minum. Maklum, sakura cuma mekar selama kurang lebih dua minggu.

Saat saya baru tiba di Kobe, temperatur masih satu digit (sotoy sih benernya, tapi kayaknya bener, karena sampai hampir dua minggu kemudian temperatur memang masih satu digit). Pohon-pohon sakura masih banyak yang gundul. Hanya satu dua yang mulai memperlihatkan bakal bunganya.

Seminggu kemudian, sudah mulai bermekaran, dan saya diajak untuk melihat Sakura Light up di Bonbin Oji, yang terletak di seberang stasiun Oji Koen. Berhubung gampang nyari tempatnya (tiap hari kalau pulang-pergi kampus pasti lewat stasiun itu) jadi saya ikut saja.

Sampai disana sekitar jam 5 ternyata Sakura Light Up-nya belum dimulai. Pintu gerbang masih ditutup (pada hari biasa, bonbin ini cuma buka sampai jam 5), dan baru dibuka 1 jam kemudian.

Dan ternyata tidak sia-sia menunggu 1 jam dalam kondisi salah kostum (saya pikir udah mulai hangat, jadi weh saya pake sandal gunung.. ~,~), karena ternyata pemandangannnya bagus sekali. Pohon-pohon sakura yang disinari lampu plus latar belakang Mt. Rokko yang dibeberapa spot juga sudah dihiasi dengan beberapa batang sakura yang mulai mekar.

Image

Oji Zoo, Kobe

Image

Panda, Maskot Oji Zoo

Image

Sakura Light Up di Oji Zoo

Keesokan harinya ada acara Hanami (melihat sakura) di Sakuranomiya, Osaka. Kurang lebih 40 menit dari Kobe. Namanya saja Sakuranomiya (kalau tidak salah terdiri atas kanji ‘sakura’ dan ‘istana’), jadi tidak heran sepanjang jalan sakura mekar dimana-mana.

Image

Sakuranomiya, Osaka

Image

Gedung dan Sakura

Tadinya mau lanjut ke Benteng Osaka, tapi karena hari sudah sore, diputuskan untuk pulang saja.

Sabtu berikutnya, giliran mengunjungi Kyoto, kurang lebih 1.5jam dari Kobe. Kali ini ke Ginkakuji, atau literally bisa diartikan sebagai ‘kuil perak’ dan dilanjutkan dengan Sakura Light Up di Maruyama Park.

Image

Sakura di Jalan Menuju Ginkakuji, Kyoto

Image

Pink (Sakura) Canal

Image

(again) Pink Canal

Image

Bangunan di Ginkakuji, Kyoto

Image

Ginkakuji Temple (HDR Version)

ImageImage

Image

Sakura Light Up, Maruyama Park, Kyoto

Keesokan harinya, anggota PPI Kobe berangkat menuju Awaji Island, sebuah pulau yang terkenal dengan tulipnya. Sayangnya, saya tidak ikut karena sudah ada janji dengan beberapa anak asrama yang ingin ke bonbin Oji. Dan sebelum ke bonbin, kami ber-hanami-an lagi di sebuah taman di tengah-tengah pemukiman penduduk. Jadi terlihat seperti taman rahasia (?) lho.. hahaha…

Image

Sakura di Secret Garden (?)

Image

View dari Bianglala-nya Oji Zoo

Image

Kobe City (and Sakura)

Minggu ini adalah minggu yang spesial bagi penduduk Jepang, karena di minggu ini banyak tanggal merahnya atau disebut golden week oleh orang sini. Saya sudah memutuskan untuk jalan-jalan di seputaran Kobe dulu. Rasanya keterlaluan kalau sudah sampai Kyoto, tapi ke Kobe Port Tower aja belum pernah. Padahal, seluruh mahasiswa Kobe University, mendapatkan kartu khusus yang disebut “Happy Memory Card” yang dapat digunakan sebagai kartu diskon atau free entrance di hampir 40 tempat wisata di seluruh Kobe. Jadi mari kita manfaatkan..😛

Image

Kobe University's Happy Memory Pass Card

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: