JDorama – Change (2008)

Saat postingan yang ini, saya masih nonton serial Hero yang berkisah tentang kehidupan jaksa dan berencana menonton Change setelahnya. Dan saat saya menulis tulisan ini, saya sudah menyelesaikan keduanya, sekarang malah sedang menonton Beautiful Life dan masih ada Long Vacation yang baru selesai didownload dan sudah menunggu untuk ditonton. Yeap, kesemuanya dorama yang diperankan Kimura Takuya a.k.a om kimutaku. *Masih dalam kondisi nge-fans nih.. hihihi..*

Kali ini saya ingin menulis tentang Change. Pengen nulis tentang Beautiful Life juga kalau sudah selesai nontonnya. Dorama yang kedua ini memang romance abis, tapi untuk kali ini saya akui saya suka.๐Ÿ˜€

update: akhirnya kelar nonton BeautifulLife, dan saya agak kecewa. Karena jadi mirip drama korea. Bedanya, kalau korea, awal2nya lucu, kalau ini awal2nya asik. Belakang2nya? meh..!! Kecewa ah pokoknya..๐Ÿ˜ฆ

Poster Change

Change ini berkisah tentang Asakura Keita (Kimura Takuya), seorang guru SD yang ayah dan kakak tertua-nya politikus partai seiyu. Asakura memutuskan menjadi guru karena tidak ingin terlibat dengan dunia perpolitikan. Sayangnya, beberapa minggu sebelum pemilu anggota parlemen daerah pemilihan preferktur tempat ayahnya tinggal, ayah dan kakaknya meninggal karena kecelakaan pesawat di Vietnam.

Anggota partai langsung kalang kabut dengan hal itu. Mereka harus segera mencari penggantinya dan dipilih-lah Asakura Keita sebagai calon pengganti. Sayangnya, tidak semudah itu memintanya ikut serta dalam pemilu. Tapi akhirnya sekretaris dari seorang petinggi partai yang bernama Miyama berhasil membujuknya.

Keita berhasil memenangkan pemilu dan menjadi anggota parlemen, hingga kemudian perdana menteri yang juga ketum partai seiyu mengundurkan diri dari jabatannya. Disinilah politik-politik busuk mulai terlihat. Sebagai anggota termuda, Keita kemudian dicalonkan untuk menjadi perdana menteri, dengan tujuan dijadikan sebagai boneka politik oleh orang-orang yang berkepentingan.

Untungnya, meskipun sangat polos, Keita tidak sebodoh itu hingga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan orang-orang tersebut.Sebagai perdana menteri termuda, Keita hanya ingin memenuhi janjinya kepada rakyat jepang.

Menurut saya, Asakura Keita adalah seorang politikus yang sangat utopis. Dia sangat idealis dengan mendahulukan kepentingan rakyat di atas kepentingan partai dan pribadinya. Selain itu, dia juga menjalankan tugasnya sebagai perdana menteri dengan sebaik-baiknya, bahkan istirahat pun kebanyakan hanya dilakukan saat dalam perjalanan. Sehingga wajar di akhir cerita kondisi fisiknya memburuk.

Selain itu, utopia pun mengena pada parlemen dan anggota kabinetnya. Kebanyakan dari mereka awalnya adalah orang-orang yang idealis, tetapi kemudian bergeser menjadi orang-orang yang mengedepankan kepentingan partai di atas kepentingan lainnya, bahkan kepentingan negaranya. Karena itu wajar jika pada awalnya Keita dimusuhi karena baginya partai bukan segalanya. Tetapi kemudian, melihat kegigihan perdana menteri mereka, mereka tiba-tiba teringat idealisme mereka dahulu dan hanya dengan sekali-dua kali berbicara dengan Keita, mereka berbalik mendukungnya. Membandingkannya dengan negara ini, serasa utopis sekali, bukan?

Selain hal di atas, satu hal lagi yang saya kurang sreg dengan dorama ini yaitu adanya romance yang melanda Keita dengan sekretaris Miyama. *Err… emang dengan tugasnya yang seabrek-abrek itu sempat ya mikirin cinta-cintaan segala?? -_-โ€œ*. Memang sih, perdana menteri juga manusia, tapi… *silakan isi sendiri*

Yah, namanya aja dorama ya. Diambil saja baiknya. Semoga disini juga bisa seperti itu. Elit politiknya lebih mengedepankan kepentingan rakyat, bukan hanya kepentingan partai, apalagi kepentingan pribadi. Amiin.

Foto nyomot di:

http://saltine.files.wordpress.com/2008/09/change.jpg?w=500&h=358

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: