Berpetualang di Semarang (ditulis sebelum lupa. :D)

Ditulis dulu sebelum lupa.

Minggu tanggal 24 kemarin, teman seangkatan saya menikah di semarang, dan karena diundang, sudah menjadi hak-nya untuk dipenuhi undangannya. Mumpung masih ada kesempatan. 

Setelah direncanakan begini-begitu, akhirnya jumat malam, saya berangkat bersama 4 orang teman lainnya. 2orang teman seangkatan saya, dan 2 lagi junior sejurusan. 1 orang teman saya yang lain, menyusul ke semarang hari sabtu paginya.

Perjalanan dimulai dari kosan jam setengah delapan malam. Saat itu bandung hujan, plus macet pula. Maklum lagi long weekend karena liburan paskah. Syukur alhamdulillah saya tidak telat sampai di stasiun.

Kurang lebih pukul 20.30, kereta Harina berangkat menuju semarang. Sampai di kereta, rencana perjalanan belum juga matang. Saya sih inginnya ke Dieng. *udah nyiapin dua jaket plus sarung tangan malah* tapi karena lagi libur dan macetnya ampun2an (teman saya yg lagi pulang ke Solo, yang biasanya Cuma 8-9jam, kali ini harus berada di bus selama 15jam), jadi akhirnya diputuskan tidak jadi ke Dieng. Iya, perjalanan Semarang-Dieng waktu normal aja minimal 4.5jam, gimana kalau macet. Ga lucu kan, kalau niatnya ke Semarang buat nikahan, malah ga dateng gara2 terjebak macet.

Stasiun Tawang

Bahkan setibanya di stasiun Tawang pun, masih belum jelas kira2 kita bakal kemana. Untungnya teman saya yg asli semarang dan bersedia dimintai tolong buat beli tiket semarang-bandung, mengajak ketemuan untuk menyerahkan tiketnya. Setelah bertemu dan sarapan (makan soto banjar yang semangkuknya cuma 4ribu rupiah setelah menyusuri pinggiran kota tua dari tawang dengan becak seharga 10ribu), akhirnya diputuskan untuk ke candi gedong songo dan museum kereta api ambarawa.

Candi gedong songo ini terletak di kaki gunung ungaran, dari semarang naik minibus dengan ongkos 6ribu rupiah, lalu dilanjutkan dgn nyarter angkot 75ribu hingga pintu masuk candi. Biaya masuk candi 7ribu rupiah bagi wisatawan lokal dan 25rb bagi wisatawan asing.

View dari Candi Gedong II

Seperti namanya, komplek candi ini ada 9 candi, tetapi yang selesai hanya lima. Dari satu candi ke candi yang lain berjarak sekitar 200-500 meter (estimasi sotoy). Dan ada juga pemandian air panas dengan sumber panas geothermal (ada lubang yang menyembur2kan uap panas gitu). Kalau ga mau capek jalan kaki dari satu candi ke candi lainnya, silakan menyewa kuda dengan biaya.. (saya lupa, abis lebih milih jalan kaki sih.. :P).

Dari candi gedong songo, perjalanan dilanjutkan ke ambarawa. Daripada ribet2 nyari kendaraan buat turun ke bawah, akhirnya kita minta angkot tadi nungguin dan sekalian mengantarkan ke ambarawa. Dirogohlah lagi kocek 90ribu buat bertujuh (nambah 1 temen yang datang dari jakarta).

Di ambarawa ada monumen perjuangan palagan ambarawa dan museum kereta api. Kami memilih untuk lebih mengeksplor museum, karena katanya kalau beruntung bisa naik lori wisata yang melewati rawa pening. Masuk museum kereta api dengan tiket 5ribu, dan lori wisata 15ribu. Sambil nunggu berangkat, bernarsis2lah sesaat dengan berfoto-foto di museumnya. Tapi hati-hati ya, jangan sampai tersengat lebah seperti saya. Hahaha.

Selesai bolak-balik dengan lori wisata, saatnya kembali ke semarang. Sampai pukul empat kami belum mendapatkan penginapan. Baru saat perjalanan pulang dengan bus (ambarawa-semarang 8ribu) akhirnya diputuskan menginap di Hotel Bali di Jalan Imam Bonjol, sangat dekat dengan gedung tempat pernikahan yang akan kami hadiri esoknya berada. Bukan ingin menjelekkan, tapi bagi saya, hotel ini unrecommended.

Malam harinya, kami keluar untuk mencari kado dan makan malam. Dipilihlah Paragon Mall. Dari jalan imam bonjol ke mall ini sebenarnya cukup dekat. Kalau mau jalan kaki paling cuma 20menitan. Tapi karena tidak tahu, akhirnya kami memilih naik taksi. Taksi di semarang agak aneh. Taksi yg saya tumpangi meminta bayaran minimal 10ribu, sedangkan taksi yg ditumpangi 3teman saya yg lain meminta 15ribu (hmm.. jadi standard-nya berapa nih??). Di mall tersebut kebetulan juga saat itu sedang ada acara (kayaknya menyambut ulang tahun semarang) dan menghadirkan Marcell. Entah karena capek dan malas muter2, atau karena emang demen sama Marcell, teman2 saya yg cowo akhirnya memilih untuk nontonin Kang Marcell (kang??) sedangkan saya dan seorang teman cewe yang mencari kado untuk acara nikahan besok.

Accidentally Watched Marcell😉

Dari Paragon, kami memutuskan untuk mencari makan malam di Simpang lima, udah males naik taksi, saya dan teman saya yg cewe akhirnya memilih naik becak. Seru lho menyusuri kota semarang malam hari dengan becak..😀 Sedangkan teman2 saya yg cowo memilih naik taksi berempat. Kalau paginya dari Tawang ke warung soto kami membayar 10ribu, ongkos becak dari depan balaikota semarang (kira-kira 200meter dari Paragon) ke Simpang lima juga segitu. Kayaknya becak di semarang jauh-dekat 10ribu deh..😀

Simpang lima malam minggu ramai sekali. Beberapa terpal digelar untuk berdagang, sayangnya tidak berapa lama kemudian hujan dan kami terjebak di warung pecel yu sri yang menjual makanannya tidak menggunakan piring, tapi dengan menggunakan daun pisang. Agak ribet sih megangnya, tapi ga papa deh, selama makanannya enak.

Sekitar setengah dua belas hujan baru berhenti kami pulang ke hotel dengan menggunakan taksi, dan kali ini kena batas minimal 15ribu. Setiba di hotel dan membereskan masalah keuangan, akhirnya saya dan teman saya yg perempuan yg sekamar dengan saya (ya iyalah, ga mungkin kan sekamar bareng ma cowo2 juga.. :P) tertidur setelah jam menunjukkan pukul 1 malam.

Keesokan paginya, sudah saatnya melaksanakan tujuan utama ke semarang, yaitu menghadiri pernikahan teman seangkatan kami. Setelah menyerahkan piala bergilir, berfoto, dan makan, kami kembali lagi ke hotel, karena harus check-out paling lambat jam 1.

Packing sudah selesai, bayar-membayar juga sudah beres. Saatnya untuk angkat kaki dari hotel. Dan bingunglah kami harus kemana. Iya, bus ke bandung baru berangkat pukul 18.45 masih ada 6 jam lebih untuk menikmati kota semarang. Akhirnya setelah bertanya-tanya pada temannya teman yang berdomisili di semarang diputuskan untuk ke Sam Poo Kong, membeli lumpia di Pandanaran, menikmati kota tua dan diakhiri dengan perjalanan menuju pool bus yang akan kami tumpangi.😀

(Sam poo kong dan kota tua Semarang, akan diceritakan kapan2 ya.. :P)

 

2 responses to this post.

  1. makasih nih infonya sangat membantu buat saya yang mau backpack ke Semarang..😀

    Reply

  2. Salam Wisata,
    Wisata Weekend Organizer Menyewakan Mobil Wisata, dimana Driver merangkap sebagai Guide yang telah dilatih dengan konsep Sapta Pesona Wisata, dan memiliki pemahaman terhadap obyek wisata yang akan dikunjungi. Kami menyediakan juga untuk pemandu atau guide lokal berlisensi ataupun guide international berbahasa asing yang siap memandu wisatawan asing.
    -Avanza/Xenia : Rp.550.000/hari
    -New Innova : Rp.650.000/hari
    Pemakaian: mengunjungi obyek wisata semarang selama 12jam + 4jam(Bonus)
    Harga tersebut sudah Include Antar Jemput Bandara/Stasiun/Pelabuhan, driver, BBM, Parkir dan TOL.

    Paket wisata Weekend Backpacker ALL-in Rp.1,800,000 (6pax)
    Paket Wisata Weekend ALL-in Rp.2,500,000 (6pax)
    Paket Wisata Karimunjawa mulai Rp.700.000/pax
    Paket Honeymoon
    Voucher hotel
    Tiket Pesawat / Kereta Api
    Driver+Guiding Only lokal maupun berbahasa asing.

    Kami juga menyediakan paket wisata lainnya, atau silahkan sampaikan kepada kami jadwal obyek beserta fasilitas yang diinginkan, dan kami akan menghitungkan harga special untuk anda.
    Armada tersedia hingga 20unit.

    Wisata Weekend organizer, Memasyarakatkan wisata Semarang dan Mewisatakan masyarakat Semarang.

    email: wisataweekend@yahoo.com
    Hotline: 08578696666

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: