TOEFL oh TOEFL

Si saya lagi cediihh.. (plus lagi sok imut juga.. haha.). Habisnya kemarin ikut tes TOEFL dan nilainya turun lagi, padahal kan pengen daftar S2, tapi susah bener dah nembus angka 550. Heuheu.. Salut deh sama teman-teman si saya yang nilainya 600an. Yosh! Mari tetap semangat! p(^o^)q

Supaya bisa mendapatkan nilai TOEFL yang cukup, si saya mencoba tips dan trik yang diperoleh dari berbagai sumber. Termasuk pengalaman pribadi. Ayo saya! Terus berusaha mengejar mimpi!

Berikut tips dan trik dari si saya. Semoga bermanfaat buat saya dan buat yang membutuhkan.

  1. Untuk bagian listening banyak-banyak lah menonton film-film atau serial US atau UK, kalau bisa jangan pakai subtitle, kalaupun harus pakai subtitle gunakanlah yang berbahasa inggris. Si saya pernah nyoba sih nonton dua kali, awalnya ga pake sub, trus dilanjut lagi episode yang sama versi dengan sub, dan akhirnya ga pernah dilakukan lagi karena menghabiskan banyak waktu. Jangan tiru si saya ya..😀

  2. Masih untuk listening mendengarkan berita dan lagu berbahasa inggris juga sangat membantu lho.. (untuk mendengarkan lagunya sih si saya masih suka, tapi kalau untuk berita, hmm.. sering keburu ngantuk euy.. lol)

  3. Untuk bagian reading, bakal menghabiskan waktu banyak kalau dibaca pelan-pelan secara menyeluruh, tapi adakalanya memang harus begitu. Nah, untuk trik-nya, dahulukan saja soal-soal yang menanyakan arti lain atau makna terdekat dari sebuah kata di baris tertentu. Bacalah dua kalimat sebelum dan sesudahnya supaya ngga terjebak pilihan jawaban

  4. Untuk bagian structure tidak ada jalan lain selain berusaha mengerti. Caranya bisa dengan dihafalkan, dihubung-hubungkan dengan kalimat bahasa indonesia (biar lebih gampang mengertinya), atau dihubung-hubungkan saat membaca, menonton film, dan mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris.

  5. Untuk bagian writing, banyak-banyaklah membaca koran dan text book atau menonton berita berbahasa inggris dan kemudian cobalah membuat resume-nya (sejujurnya hal ini belum dilakukan oleh si saya. :p)

  6. Untuk bagian speaking coba ikuti pronounciation atau cara pengucapan yang dilakukan penyanyi-penyanyi amrik sono. Melafalkan bacaan koran berbahasa inggris juga cukup membantu. Selain itu cobalah berkhayal dan kemudian melafalkan khayalan kamu dalam bahasa inggris (si saya sering mengkhayal, tetapi untuk melafalkannya kadang dicampur sama bahasa jepang, indonesia, atau malah bahasa daerah. Hahaha..)

  7. Pada saat test, tenangkan diri. Kepanikan bisa mengacaukan segalanya. Santai saja. Dunia ngga akan berakhir kalau nilai tes kamu belum mencukupi, maybe next time you’ll get a better one. (seperti si saya tuh, dari tadi malah cengengesan sendiri. Hihihi..)

  8. Biaya tes TOEFL itu mahal (menurut si saya), jadi lebih baik persiapkan dengan matang. Ada beberapa buku yang bisa dipakai. Contohnya TOEFL Preparation Guide karya Cliffs. Buku ini user friendly sekali. Ditambah lagi banyak latihan soalnya dan penjelasan jawaban soal-soalnya. (tapi jangan kayak si saya ya, punya bukunya udah lama, malah udah melanglangbuana entah kemana2 *lebay*, tapi si saya-nya sendiri baru baca buku setelah hampir 2 tahun dia miliki. *Gusraakk*)

Cover TOEFL Preparation Guide by Cliffs

Test TOEFL sendiri terdiri dari beberapa jenis, antara lain:

  • PBT (Paper based test) -> meliputi listening,  structure and grammar, dan reading. Score range antara 223-673. Terdiri atas dua jenis, yaitu institutional dan international
  • CBT (Computer based test) -> secara umum mirip PBT hanya berbeda dari model soal dan model penilaian.
  • IBT (internet based test) -> sama seperti PBT hanya saja ada penambahan bagian writing dan speaking

Tentang tes-nya sendiri, untuk lebih jelasnya silakan buka link ini (link tes TOEFL internasional) atau kalau di Indonesia bisa dilakukan di PT. International Test Center (di sini ngga cuma TOEFL, ada TOEIC dan IELTS juga).

Semoga bermanfaat.. dan doakan si saya bisa meraih mimpinya ya..

 

Leave a Reply

