Belajar Bahasa Jepang Part 4 (Pola Kalimat)

Wah, sudah lama ga ngulang2 si jepun. Kalau bahan sebelumnya udah belajar kanjiaccent, dan sebelum2nya yang lainnya. Sekarang saatnya belajar yang sesungguhnya.

Gw juga belum jago sih benernya, dan ini bagi gw adalah sebagai wahana buat mengulang2 pelajaran yang telah lalu. hoho.. Oiya, bahan2nya gw ambil dari buku Minna no Nihongo I (Belum cukup umur saya buat yang ke II :P). Okay.. langsung aja dah kalo begitu..😀

1.わたし は ヒチャ です  (Watashi wa Hicha desu –> Nama saya Hicha)

2.わたし は だいがくせい です

(Watashi wa daigakusei desu –> Saya seorang mahasiswa)

–> Subyek + partikel は+ Keterangan + です (penutup formal)

3.わたし は いしゃ じゃ (でわ)ありません

(Watashi wa isha ja (dewa) arimasen –> Saya bukan dokter)

–> Subyek + partikel は+ Keterangan negatif (でわ lebih formal dari じゃ)

4.これ は じしょ です (Kore wa jisho desu –> Ini adalah kamus)

–> Keterangan penunjukan + partikel は+ obyek yang diterangkan

—-> Keterangan penunjukan disini maksudnya “ini” (これ=kore) dan “itu” (あれ=are, danそれ=sore) .

Dalam bahasa jepang, terdapat dua jenis “itu” , yang pertama あれyaitu “itu” untuk menunjukkan benda yang berada jauh dari pembicara satu dan pembicara dua. Sedangkan yang kedua それ yaitu “itu” untuk menunjukkan benda yang dekat dengan pembicara dua, tetapi jauh dari pembicara satu.

Okay, mou owari desu yo. Matta ne..🙂

3 responses to this post.

  1. […] 3. Belajar Bahasa Jepang Part 4 (Pola Kalimat)) […]

    Reply

  2. […] mempelajari huruf dan pola kalimat sederhana di part 4, kita lanjutkan dengan mempelajari kata tunjuk dan pola kalimat […]

    Reply

  3. […] pola kalimat sederhana dan kata penunjuk, maka pola kalimat selanjutnya adalah kata penunjuk […]

    Reply

Leave a Reply

