Perbedaan Otak Laki-laki dan Perempuan

Pagi-pagi nemu ini di kaskus. Lumayan buat nambah-nambahin dari postingan temen gw yang ini, plus komen-komen GeJe dari gw tentunya..😛

Let’s see the differences😀

1. Perbedaan spasial
Pada laki-laki otak cenderung berkembang dan memiliki spasial yang lebih kompleks seperti kemampuan perancangan mekanis, pengukuran penentuan arah abstraksi, dan manipulasi benda-benda fisik. Tak heran jika laki-laki suka sekali mengutak-atik kendaraan. -> Yeah, jadi bisa dimaklumi kenapa gw rada bingung kalau disuruh menganalisis dan merancang hal-hal yang berbau mekanisme.😀

2. Perbedaan verbal
Daerah korteks otak pria lebih banyak tersedot untuk melakukan fungsi-fungsi spasial dan cenderung memberi porsi sedikit pada daerah korteksnya untuk memproduksi dan menggunakan kata-kata. Kumpulan saraf yang menghubungkan otak kiri-kanan atau corpus collosum otak laki-laki lebih kecil seperempat ketimbang otak perempuan.

Bila otak pria hanya menggunakan belahan otak kanan, otak perempuan bisa memaksimalkan keduanya. Itulah mengapa perempuan lebih banyak bicara ketimbang pria. Dalam sebuah penelitian disebutkan, perempuan menggunakan sekitar 20.000 kata per hari, sementara pria hanya 7.000 kata!

Termasuk perempuan bisa memaksimalkan multi tasking-nya, menggendong si kecil, sembari memasak dan menyaksikan sinetron favorit di televisi. Sementara kaum pria, jangan heran kalau mereka tidak mendengarkan panggilan anda ketika tengah menyimak pertandingan bola dari klub favorit atau tengah menyaksikan film kesayangan di televisi.

-> Gw juga kalau udah fokus ngerjain sesuatu, suka ga merhatiin sekitar. Hmm…

3. Perbedaan bahan kimia
Otak perempuan lebih banyak mengandung serotonin yang membuatnya bersikap tenang. Tak aneh jika wanita lebih kalem ketika menanggapi ancaman yang melibatkan fisik, sedangkan laki-laki lebih cepat naik pitam. Selain itu, otak perempuan juga memiliki oksitosin, yaitu zat yang mengikat manusia dengan manusia lain atau dengan benda lebih banyak. Dua hal ini mempengaruhi kecenderungan biologis otak pria untuk tidak bertindak lebih dahulu ketimbang bicara. Ini berbeda dengan perempuan.

-> Kalau yang ini, gw so-so lah,,, ;)) walau sebenarnya cenderung cepat naik pitam. Hadeuu…

4. Memori lebih kecil
Pusat memori (hippocampus) pada otak perempuan lebih besar ketimbang pada otak pria. Ini bisa menjawab pertanyaan kenapa bila laki-laki mudah lupa, sementara wanita bisa mengingat segala detail.

-> Lah?? Gw kan pelupa… wew…

Hmm… jadi otak gw sebenarnya gimana ya?? :bingung:



2 responses to this post.

  1. Wah, setuju ni ama yang ini…😀
    Itu memang cocok x pokoke hehe

    Cha, ni blog Kak Ros di WordPress, tapi sehari2 pake yang blogspot. Follow kakak juga ya😀 kakak dah follow Hicha hihihi

    Reply

    • Posted by Hicha Aquino on February 18, 2011 at 8:36 am

      Okehh kak… Segera di follow, cha masukin blogroll juga ya…😀
      emang sih blogspot lebih bagus tampilannya plus enak juga buat sosialisasi.
      Cha juga dulu pernah punya blogspot, tapi udah lupa dan udah pewe di wordpress juga.. hehehe..

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: