Table Manner

*Sedang jenuh mengerjakan dokumen, jadilah nge-blog sebentar. :D*

Sejujurnya, gw bukan tipikal orang yang “beradab” saat makan. Apalagi saat kelaparan dan di depan gw ada makanan enak dan banyak. Jadilah sudah sewajarnya makan dengan “kalap”. Dan entah kenapa, gw yakin seyakin-yakinnya, begitupun dengan orang-orang disekitar gw.๐Ÿ˜€

Sampai saat ini pun, gw ga habis pikir tentang kenapa orang makan itu harus memperhatikan ini-itu. Kecuali untuk makan yang ga boleh berceceran, karena mubazir makanannya kebuang, kalau mau makan, IMHO, ya makan aja. Setuju tidak?๐Ÿ˜€

Tapi seperti yang pernah gw post sebelumnya diย sini, meskipun ga berminat, ga ada salahnya membuka diri untuk sesuatu. Siapa tau, suatu saat akan bermanfaat. Oleh karena itu, hasil googling sana-sini, gw rangkumkan dalam posting-an ini, tentangย table manners.

Sebagai info, ini cuma dasar-dasarnya aja. Untuk lebih detil-nya, eksplor sendiri ya..๐Ÿ™‚

Berikut adab makan yang baik dan ber-manner:

1. Duduk lah dengan tegak dan tidak bersandar pada kursi

2. Jangan berbicara dengan mulut penuh makanan

3. Kunyah secara perlahan dan dengan tidak menimbulkan suara

4. Masukkan makanan dengan suapan atau potongan yang kecil dan perlahan

5. Jangan mengangkat alat makan, usahakan sendok dan garpu tetap berada di piring, kecuali ketika akan menyuap makanan

6. Siku tidak boleh menyentuh meja

7. Jangan berdiri untuk mengambil makanan. Minta tolonglah kepada yang lebih mudah menjangkaunya

8. Lap mulut sebelum minum

9. Ucapkan terimakasih dan berikan compliment untuk makanan yang dimakan sebelum berdiri

Ini ada videonya. Semoga bermanfaat..๐Ÿ™‚

Wah, sopan sekali kalau bisa ngikutin semua manner di atas ya.. Dan perlu diingat, yang saya sebutkan di atas itu baru DASAR-DASARnya saja lho… Masih ada tata cara yang berhubungan dengan ‘meja’ lainnya. Ada tata cara menata meja untuk makan pagi, siang, sore, malam. Tata cara menghidangkan makanan mulai dari appetizer hingga dessert, dan sebagainya.

Hmm… Masih belum berminat buat memperdalam table manner nih. Ribet sih.. hahaha..

 

2 responses to this post.

  1. “gw yakin seyakin-yakinnya, begitupun dengan orang-orang disekitar gw”
    apa Eling termasuk orang2 disekitar???

    Reply

Leave a Reply

