Rafting at Citarum

Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman sejurusan plus seorang teman dari Semarang, bertualang mengarungi sungai Citarum (yaelah, bahasanya,, ). Perjalanan dimulai dari depan kampus ITB dengan menggunakan angkot pada pukul 08.00 yang ditempuh selama 1.5jam. Setelah melalui perjalanan berliku, kami tiba disana jam sembilan kurang. Acara dilanjutkan dengana pemanasan, games, dan materi dasar arung jeram. Kemudian dilanjutkan dengan praktik hanyut.

 

Sebelum Berangkat
Sungai Citarum

Dalam latihan ini, masing-masing peserta dihanyutkan untuk menerapkan teori hanyut yang telah diajarkan. Teori tersebut adalah defensif, dimana pada kondisi ini, badan ditelentangkan, tangan direntangkan, dan kaki diluruskan hingga mendekati tujuan. Teori berikutnya adalah agresif. Teori ini berlaku untuk yang sudah bisa berenang. Berhubung saya belum bisa berenang, jadi saat praktik saya sekalian belajar berenang. *dan berakhir dengan terkurung di pertemuan dua arus. Maju ga bisa mundur juga. Hahaha.*

Selanjutnya, materi dayung yang dilanjutkan dengan arung jeram jarak pendek, dengan jarak ~300m. Setelah istirahat, shalat, dan makan siang, acara dilanjutkan dengan arung jeram jarak panjang denagn jarak sekitar ~8km.

Pada pengarungan kedua, kami dilatih juga keseimbangan. Latihan ini dilakukan dengan cara, semua anggota kelompok, berdiri di atas pinggiran perahu. Diakhir latihan ini, dua orang teman saya nyemplung karena kehilangan keseimbangan. *padahal pas awal-awal pengarungan, senior gw juga udah ada yang nyemplung tuh.. haha*

Kemudian, masing-masing anggota tim di perahu tersebut, boleh mencoba body rafting, dan khusus buat saya yang belum bisa berenang, diberikan tali. *jadi kayak selancar yang ditarik perahu gitu.. haha.*

Setelah itu, perahu kami dibalik oleh pemandunya, so we could feel how the ’nyemplung’is. Pada saat akan dibalikkan kembali ke posisi semula, saya tertimpa perahu, dan tenggelam beberapa saat. Sejujurnya, saya sempat panik saat itu, tapi entah darimana, otak saya berpikir cepat. ”saya harus keluar dari bawah perahu” tekat saya. Dan berkat tekat tersebut, saya yang tidak bisa berenang, jadi bisa berenang menuju arah cahaya. *yah, cuma berenang tiga langkah doang sih.. tapi lumayan lah.. hahaha.*

Setelah selesai pengarungan panjang, kami semua kembali ke basecamp, minum degan, dan mengambil barang-barang, kemudian berangkat ke pemandian air panas. Ada yang mengganggu pikiran saya di tempat ini. Awalnya sih tidak ada yang aneh, saya dan teman saya mandi dan membersihkan badan bergantian di kamar mandi dengan air hangat dari mata air air hangat gunung halimun. Kemudian kami menikmati mie rebus dan pop mie dengan begitu pewe (jadi berasa rumah sendiri..😀 ).

Yang mengganggu adalah, saat teman saya sedang shalat, ada pengunjung yang akan mandi. Dan pengunjung tersebut laki-laki dan perempuan. Ya, mereka mandi bersama! Dari perbincangan sesama mereka terlihat jelas bahwa mereka bukan suami istri! Astaghfirullah… saya langsung tidak merasa nyaman. Seharusnya, saya mencari tahu bagaimana sebenarnya dan memberi tahu bagaimana buruknya zina itu, tapi ternyata iman saya terlalu lemah. Saya dan teman saya memutuskan untuk keluar dari warung tersebut sambil terus beristghfar. Ampunilah kami Yaa Allah, kalau iman kami masih sangat lemah, bahkan hanya untuk menyampaikan kebenaran

Selain kejadian terakhir itu, over all, it was so interesting!! Dan saya ketagihan pengen rafting lagi. Hahaha.

Oiya, sebagai tambahan, kalau kamu pengen rafting, jangan lupa membawa pakaian ganti, pakailah pakaian yang nyaman dan tidak terlalu berat jika terendam air, juga jangan pakai sandal jepit ya. *Bisa hanyut ntar.. hihihi..*

4 responses to this post.

  1. hiks, tia ga ikutan kesini. pengeeeeeennn.. udah di ultimatum sama mama ga boleh rafting. T_T

    Reply

  2. mangtap ber arung jeram di sini

    Reply

Leave a Reply

