Ya Sudahlah

Pada suatu hari, saya berdiskusi dengan seorang teman tentang penyelesaian masalah saya dengan teman saya yang lain. Saat itu, komentar teman saya itu, ”Ada kalanya masalah itu diselesaikan dengan tidak menyelesaikannya”. Saya agak tersentak mendengar pernyataan itu. Saya selama ini menganggap, untuk mencapai apa yang kita inginkan, harus berusaha sekuat tenaga, begitu juga untuk menyelesaikan suatu masalah harus dilakukan sesuatu, jika tidak maka masalah itu tak akan pernah terselesaikan.

Tetapi kemudian saya menyadari, sesuatu disebut masalah jika cara pandang kita menganggap itu masalah. Ya, ini semua berawal dari cara pandang. Jika kita tidak memandang itu sebagai suatu masalah, maka bisa jadi sebenarnya memang bukan masalah.

Saya menyadari, selama ini saya selalu bersikap defensif. Saya sangat reaktif terhadap hal-hal yang terjadi dalam hidup saya. Padahal, ada kalanya lebih baik suatu kejadian tersebut hanya perlu disikapi dengan tidak menyikapinya.

Mungkin terdengar seperti orang yang malas berusaha, tapi seperti perkataan teman saya tadi ada kalanya… tentu saja bukan sepenuhnya.

Ya, memang ada kalanya. Ada kalanya kita harus berkompromi dengan cara kita memandang masalah. Ada kalanya kita harus berkompromi dengan kemampuan kita menyelesaikan masalah. Ada kalanya kita harus berkompromi dengan realita yang tidak selamanya ideal. Ada kalanya kita harus menerima bahwa memang begitu yang Tuhan Inginkan.

Mungkin kita tidak menginginkan begitu. Tapi yang saya tahu, Tuhan memang tidak selalu memberikan apa yang kita inginkan, melainkan Dia selalu memberikan apa yang kita butuhkan. Dan bagi saya pribadi, mungkin memang ada kalanya tidak bersikap apa-apa dan menerima bahwa penyelesaian masalah adalah dengan tidak menyelesaikannya merupakan hal yang saya butuhkan.

2 responses to this post.

  1. duh postingannya berat juga ya cuy,,
    kadang2 tia juga cuek aja sama masalah.. kalo masalahnya bertambah baru nggak dicuekin lagi. huehehehe

    Reply

Leave a Reply

