Surgery Utilities

Judul itu bukan filosofis, tapi beneran secara harfiah alias bener-bener ni tulisan pengen ngebahas tentang peralatan bedah. Sebagai sedikit intro (mungkin ga penting c, tapi biarin ah… :P) gw tertarik bikin tulisan tentang alat-alat bedah sejak nonton Dr.Koto sama Code Blue. Bukan cuma karena keren2an c… There’s something I’ll talk about it. But, later ya…😀

This time, I’ll describe about surgery utilities alias alat-alat bedah. Mungkin ga semuanya c, kan saya mang bukan anak kedokteran… hehe.. dimulai dari… baca aja deh…🙂

1. Scalpel a.k.a pisau bedah

Scalpels

Scalpels

Scalpel alias pisau bedah, digunakan oleh dokter bedah untuk membuka kulit area yang akan dioperasi. Jenisnya bermacam-macam, tergantung kebutuhan dan ditandai dengan penomoran dengan memberi tanda # di depan angka tersebut.

2. Clamps

Satinsky's Clamp

Forceps

Clamps digunakan untuk mengambil atau menarik pembuluh darah yang terbuka atau untuk menyatukan kembali organ rusak. Jenis-nya juga bermacam-macam. Ada yang disebut Satinsky’s clamp, Bulldog, Mosquito, Kelly, etc.

3. Retractors

Digunakan untuk memperlebar bukaan pada kulit, tulang rusuk, atau jaringan.

4. Dillator atau specula

Digunakan untuk mengakses daerah sempit pada organ

5. Suction

Digunakan untuk membuang cairan tubuh (misalnya darah yang keluar dari pembuluh darah yang terbuka)

6. Jarum dan benang jahit.

Dari namanya udah jelas dunk ya kalau ini digunakan untuk menutup bagian yang sudah selesai di operasi. Jarum dan benang yang digunakan tentu saja beda dengan yang digunakan untuk menjahit pakaian.

Seiring dengan perkembangan zaman, jenis-jenis alat bedah saat ini tentu lebih berkembang lagi dan saya akan sangat gembira jika ada ahli bedah yang mau membagikan ilmunya tentang dunia perbedahan, terutama bagi orang awam seperti saya ini.

Semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: