Training SSDK

Hari ini genap 63 tahun Indonesia merdeka. Apa ya yang dah gw lakuin selama 21 tahun lebih hidup gw? Hmm… seems I can’t answer that question. Well… I hope the best for my country. I’ll try my best too…


Kemaren SSDK. Alhamdulillah, lancar… Bicara tentang SSDK, jujur aja, masa OSKM (kalo sekarang namanya INKM) dan rangkaian acaranya adalah sentuhan pertama di dunia kampus. Kalau dari gw pribadi, hal itu lah yang membuka mata gw tentang dunia kampus. Hal pertama yang membangkitkan semangat gw sehingga akhirnya membuat gw memiliki 56 cita2. Dan salah satu hal yang diberikan Tuhan sebagai motivator di saat gw ngerasa down.


Ketika itu gw ga pengen jadi trainer, hanya ingin jadi yang di-train aja. Kemudian saat KP di GMF, teman seKP gw ngajak gw buat ikutan seleksi pemilihan. Akhirnya saat2 terakhir gw kirimkan CV seperti syarat yang diminta panitia n guess what ternyata CV gw salah… hahaha… sempat terpikir buat udahan aja, ga jadi aja, toh saat seleksi lanjutannya gw masih KP di Jakarta… tapi gw putusin buat ga menyerah semudah itu dulu. Ya sudah akhirnya gw kirimkan lagi CV gw.


Beberapa hari kemudian gw nerima SMS yang menyatakan kalau gw gagal berkesempatan menjadi trainer SSDK. Gw ga kecewa, yah mungkin mang belum waktunya. Ternyata keesokan harinya gw disms lagi yang menyatakan kalau ternyata gw lulus dan harus ikut seleksi berikutnya berupa TFT 1 (Training for trainers) tanggal 24 Juli 2008. Yup, itu saat gw masih KP.


Tiba-tiba aja semangat gw bangkit. Ya, kapan lagi gw bisa berbagi sama mahasiswa baru. Kapan lagi gw bisa memberikan apa yang menurut gw sebagai ”sentuhan pertama di dunia kampus”. Kapan lagi gw bisa mencoba mengenalkan mereka tentang pentingnya motivasi tentang sukses, cita-cita, nilai, dan bagaimana me-manage waktu. Akhirnya gw bolos KP dan mengikuti TFT 1, kemudian gw juga balik duluan (harusnya sampai tanggal 31 tapi gw balik tanggal  30) untuk mengikuti TFT 2. Semangat gw sempat turun saat TFT 3, ketika mengingat bahwa gw grogi berbicara di depan orang2 yang baru gw kenal. Gw takut mereka berpikir ada yang aneh tentang gw. Ini udah menyimpang dari niat gw awalnya, kan ya… Padahal it’s not all bout me. Gw ga harus menjelaskan tentang gw yang akhirnya menimbulkan pendapat tentang gw. Tapi ini adalah bagaimana caranya mereka mendapatkan sesuatu setelah 3 jam bersama gw. Yup, They have to get something.


So, dengan itu semangat gw bangkit. Nothing to lose, apa pun yang terjadi gw ga bakal kehilangan apapun. Akan sangat baik kalau mereka bisa terbangkitkan semangatnya dan punya cita2 untuk masa depan mereka.


Yup… alhamdulillah semuanya lancar. Makasih ya teman2 FTMD 2008 di ruangan 7602 khususnya… Wira, Abi, Paskal, Nasir, Gatra, Deny, Gilar, Budi, 2 orang Parama (kebetulan yang aneh… hehhe…), Davi, Sanat, Tony, Monika, Feschy, Dimas, Rizky, Indra, Valdo, Edo, Reza, Bezaeel, Maaf untuk 4 orang lagi yang gw lupa namanya… Kalaupun teman2 tidak terinspirasi dari gw, gw sangat terinspirasi dari kalian lho… terinsipirasi bahwa ternyata kehidupan perkuliahan gw sangat berwarna… hahaha… Maaf ya kalo ada sikap ato kata2 yang menyinggung…


Makasih juga buat Eling yang dah mau ngajakin daftar seleksi trainer SSDK, buat kang Arfi yang udah memberikan ilmu yang banyak banget, panitia SSDK, Sari dan Faizul yang dah minjemin speaker dan roll kabel, dan (sejujurnya dengan terpaksa…😛 hehehe…) buat Pak Ichsan juga.


Perjalanan kehidupan ini masih sangat panjang dan gw yakin akan terus berwarna. Semangat selalu, never give up! Ganbaru yo… Chaiyyo‼ p(^o^)q

Leave a Reply

